Binary Options Technology Manfaat Teknologi Aquaponik Serta Cara Mudah Menerapkannya

Manfaat Teknologi Aquaponik Serta Cara Mudah Menerapkannya



Penerapan teknologi aquaponik saat ini marak dilakukan karena menghadirkan banyak manfaat. Bidang pertanian dan perikanan dipadukan dalam satu wadah sehingga menghadirkan profit yang lebih besar. Di Indonesia sendiri sudah banyak orang yang menerapkan teknologi tersebut karena sangat menguntungkan.

A visit to a friend’s aquaponic set up in Round Valley

Aquaponik sendiri merupakan salah satu sistem pertanian modern yang cocok diterapkan di berbagai tempat. Jika biasanya pertanian membutuhkan lahan yang luas, maka dengan adanya konsep baru tersebut, masyarakat perkotaan sekalipun bisa memiliki lahan pertanian menguntungkan. Pekarangan kecil jika dimanfaatkan sebaik mungkin pasti memberikan dampak positif.

Konsep yang menghadirkan perpaduan pertanian dan budidaya ikan ini dinilai efektif karena terjadi simbiosis antara ikan dan tanaman. Pertumbuhan ikan nantinya bisa dimaksimalkan sebaik mungkin dan tanaman juga bertumbuh dengan baik. Bukan hanya kebutuhan pangan yang tercukupi nantinya, tetapi dapat membantu perekonomian masyarakat jadi lebih baik.

Walaupun Indonesia dikenal sebagai negara agraris, hingga saat ini Indonesia masih melakukan impor produk pertanian untuk mencukupi kebutuhan pangan. Lahan pertanian yang semakin sempit juga menjadi salah satu penyebab pasokan pangan tak lagi mencukupi. Hadirnya konsep baru dalam pertanian tersebut tentu menjadi alternatif yang perlu dimanfaatkan.

Pengertian Teknologi Aquaponik

Akuaponik sendiri merupakan pengambangan yang dihasilkan dari teknologi hidropolik. Sistem tersebut menghadirkan perpaduan budidaya ikan dan tanaman. Usur hara dari tanaman tersebut akan digunakan oleh ikan sebagai makanan, lalu kotoran ikan dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman tersebut. konsep simbiosis tentu menghadirkan keuntungan lebih.

Secara sederhananya sistem yang telah terbukti membuat ikan dan tanaman tumbuh bersama – sama. Sistem tersebut juga menciptakan terjadinya proses daur ulang limbah. Zat beracun dari unsur hara tanaman, nantinya disaring oleh tanaman sendiri sehingga tidak membahayakan bagi ikan. Kemudian kotoran ikan menjadi nutrisi bagi tanaman sehingga dapat bertumbuh dengan baik.

Penerapan teknologi aquaponik sangat diperlukan karena sangat ramah lingkungan. Teknologi budidaya ini sebenarnya sudah diterapkan sejak peradaban Aztec. Pada saat itu tanaman dibuat di atas pulau buatan pada sebuah danau. Limbah perkotaan pada pulau buatan tersebut dimanfaatkan sebagai media tanamannya.

Istilah yang digunakan oleh bangsa Aztec untuk teknologi tersebut adalah Chinampa. Dengan teknik tersebut bangsa Aztec mampu mendapatkan produksi pangan satu setengah kali lebih banyak dari sistem pertanian biasa. Saat ini penerapkan teknologi modern sudah diterapkan sehingga teknik ini bisa diterapkan di daerah perkotaan.

Mengapa Penerapan Teknologi Aquaponik Penting?

Memang tidak semua jenis tanaman bisa dimanfaatkan dengan teknik akuaponik. Walaupun demikian tentu saja pengerapan teknologi ini penting dilakukan khususnya di daerah lahan terbatas. Sistem yang diterapkan pada teknik ini sebenarnya sangat sederhana oleh karena itu siapa saja bisa menerapkannya dengan mudah. Berikut beberapa alasan mengapa teknik tersebut penting diterapkan.

  1. Sebagai Penambah Pasokan Kebutuhan Pangan

Salah satu alasan mengapa penting menerapkan teknologi aquponik adalah agar pasokan pangan semakin terpenuhi. Jika Anda bisa menerapkan teknik tersebut di rumah, maka Anda nantinya tidak perlu lagi membeli sayur atau lauk untuk kebutuhan sehari – hari. Hal ini tentu saja membuat pengeluaran lebih irit sekaligus juga membantu mencukupi pasokan pangan.

  1. Menghasilkan Tanaman dan Ikan yang Lebih Sehat

Sistem ini bukan hanya bermanfaat dari segi ekonomi saja tetapi juga baik untuk menghasilkan tanaman dan ikan yang lebih berkualitas. Pada teknik tersebut tanaman tidak menggunakan pestisida sedikit pun. Nutrisi tanaman murni diperoleh dari kotoran ikan. Hal ini tentu membuat tanaman lebih aman dikonsumsi, dan ikan yang tumbuh juga jadi lebih sehat.

  1. Sebagai Langkah Penghijauan Perkotaan

Penerapan teknologi aquaponik ini juga menjadi langkah penghijauan perkotaan. Seperti kita ketahui semakin sulit saat ini memperoleh lahan hijau di perkotaan. Dengan adanya teknologi tersebut diharapkan tembok – tembok perkotaan jadi hijau kembali, dan membuat kondisi udara semakin sejuk dan sehat.

  1. Bentuk Didikan yang Baik Bagi Anak – Anak

Saat ini sudah banyak anak – anak yang tidak mengenal sama sekali konsep pertanian. Padahal pertanian tersebut memang peran penting dalam kehidupan. Dengan hadirnya teknik budidaya modern ini, diharapkan anak – anak bisa mengenal konsep pertanian dan perikanan, dan bisa semakin peduli pada kedua bidang tersebut.

Keuntungan yang Dihadirkan Teknologi Aquaponik

Salah satu alasan mengapa sistem ini sangat penting diterapkan tentu saja karena banyak keuntungan yang dihadirkan. Di Indonesia belum banyak masyarakat yang peduli dengan teknik budidaya terbaru ini. Padahal begitu banyak manfaat yang dihadirkan. Berikut beberapa keuntungan yang bisa diperoleh dari sistem budidaya ini.

  1. Hemat Tempat dan Hemat Air

Salah satu keuntungan yang dihadirkan oleh sistem ini adalah hemat tempat dan air. Walaupun lahan Anda sempit, sistem budidaya ini tetap bisa Anda gunakan. Untungnya lagi teknologi ini tidak memerlukan banyak air. Air kolam ikan tetap bisa digunakan secara berulang, sehingga Anda tidak perlu membuang air pada tanaman tersebut.

  1. Tidak Bergantung Pada Musim

Keuntungan lain yang dihadirkan oleh teknologi aquaponik ini adalah tidak bergantung pada musim. Jadi Anda tetap bisa menanam tanaman setiap saat tanpa perlu memerhatikan musim. Untungnya lagi sistem ini juga bisa diterapkan di dalam ruangan. Asalkan pencahayaan cukup, Anda bisa memanen setiap saat tanpa bergantung pada musim.

  1. Produktifitas Jauh Lebih Baik Dibanding Sistem Tanaman Lain

Keuntungan lain yang akan Anda peroleh dari sistem budidaya ini adalah jumlah panennya jauh lebih baik dibanding sistem tanaman lain. Pada sistem tersebut, semakin lama digunakan kualitas air akan semakin baik. Hal ini membuat produktifitas tanaman jadi lebih baik. Jadi Anda nantinya bisa memperoleh hasil panen lebih baik dan menguntungkan.

  1. Bisa Panen Sekaligus

Tentu saja keuntungan yang dihadirkan oleh teknologi aquaponik memungkinkan Anda melakukan panenan secara bersamaan. Jadi Anda bisa memanen sayur sekaligus juga memanen ikan. Aquaponik ini bisa diterapkan untuk memenuhi kebutuhan pangan sehari – hari atau juga dimanfaatkan untuk memperoleh penghasilan tambahan.

Cara Mudah Menerapkan Aquaponik

Teknik akuaponik bisa diterapkan siapa saja dan di mana saja karena cara kerjanya sangat simpel. Prinsip dasar akuaponik adalah kotoran ikan diserap oleh tanaman sebagai nutrisi, dan tanaman memproses air kolam jadi lebih bersih sehingga cocok menjadi tempat hidup ikan – ikan tersebut. Sistem simbiosis sangat mudah diterapkan serta memberikan banyak manfaat.

Untuk menerapkan sistem akuaponik maka yang Anda perlukan hanyalah kolam kecil untuk ikan bertumbuh serta wadah yang mampu membuat tanaman mengapung di atas air kolam. Saat ini sudah banyak tutorial pembuatan akuaponik di internet. Jadi Anda bisa mempelajari cara pembuatannya dengan mudah.

Yang paling penting diketahui adalah jenis tanaman serta jenis ikan yang cocok diterapkan pada sistem ini. Pada umumnya ikan yang digunakan pada akuaponik adalah ikan nila, ikan lele, dan juga ikan mas. Untuk jenis tanamannya sendiri bisa digunakan kangkung, selada, dan tanaman lainnya. Teknologi aquaponik sangat penting diterapkan karena memberikan banyak manfaat.

TopBack to Top