Binary Options Uncategorized Ide Kreatif Cara Mengolah Durian yang Bisa Anda Ikuti

Ide Kreatif Cara Mengolah Durian yang Bisa Anda Ikuti



Cara mengolah durian memang menjadi salah satu hal yang cukup dicari. Siapa yang tidak mengenal duren. Duren merupakan buah yang mempunyai aroma menyengat. Bahkan, aromanya yang begitu menyengat sering menimbulkan perdebatan.

Banyak orang yang gemar mengkonsumsi duren. Tetapi, ada juga yang kurang menyukainya. Untuk penggemar duren, pasti Anda jatuh cinta dengan rasa dan aromanya yang khas dan legit. Tapi, bagi yang membencinya, mencium bau aroma duren saja rasanya seperti ingin muntah.

Jika membicarakan mengenai duren, buah yang memiliki kulit berduri dan tebal ini mudah ditemukan hingga ke seluruh penjuru Indonesia. Ketika panen tiba, Anda bisa dengan mudah menemukan buah ini di pinggir jalan.

Dengan banyaknya buah duren, masyarakat Indonesia biasanya akan langsung menciptakan resep untuk mengolah duren. Rata-rata pengolahan durenini berupa desert dengan rasa manis serta khas. Tetapi, ada juga resep yang memiliki rasa gurih.

Cara Mengolah Durian Menjadi Pancake

Pancake dari duren menjadi makanan olahan yang cukup digemari masyarakat. Pancake duren adalah makanan dengan bahan dasar duren Medan. Dipilihnya duren Medan karena mempunyai rasa yang manis, enak serta tekstur yang legit.

Pembuatan pancake dari duren Medan ini sebenarnya tidak sulit, bahkan bisa dikatakan sederhana, karena untuk membuatnya, Anda tidak memerlukan waktu lama. Selain itu jika di rumah tidak memiliki duren Medan, Anda bisa menggunakan duren jenis lain.

Bahan pancake duren:

  1. Tepung terigu 100 gram
  2. Whipping cream
  3. 500 gram daging buah duren
  4. Sedikit garam
  5. Pewarna makanan
  6. 1 sdm gula halus
  7. 4 sdm margarin, cairkan
  8. Susu bubuk
  9. 1 butir telur
  10. Maizena

Langkah cara mengolah durian menjadi pancake:

  1. Untuk membuat pancake duren, Anda harus memisahkan bahan kering dan basah terlebih dahulu. Kemudian ayak bahan-bahan yang bersifat kering. Pengayakan dilakukan agar pancake nantinya bisa benar-benar lembut.
  2. Setelah pengayakan dilakukan, Anda bisa memasukkan susu kental manis dan telur secara perlahan. Aduk dengan perlahan dan pastikan kembali jika adonan tidak menggumpal saring adonan, agar tidak meninggalkan sisa-sisa. Tambahkan mentega yang tadinya sudah dicairkan, aduk hingga licin.
  3. Tuang adonan sedikit demi sedikit ke dalam teflon sampai matang, kemudian sisihkan. Siapkan wadah, dan kocok whip cream hingga mengembang, masukkan buah duren kemudian kocok kembali sampai tercampur dengan merata.
  4. Iri kulit pancake dengan duren yang sudah dicampur whip cream, lipat dadar layaknya melipat amplop kemudian rapatkan. Agar lebih lezat, simpan di dalam lemari es hingga pancake berubah menjadi padat.

Cara Mengolah Durian Menjadi Sambal Tempoyak

Siapa yang mengatakan jika duren hanya dapat diolah menjadi makanan dengan citarasa manis. Nyatanya, terdapat olahan lain yang bisa dijadikan sebagai pilihan. Apalagi jika bukan sambal tempoyak. Sambal tempoyak ini memiliki rasa yang sangat lezat.

Pada dasarnya, tempoyak merupakan jenis makanan yang berasal dari duren yang sudah di fermentasikan. Tempoyak ini nantinya bisa diolah menjadi berbagai macam varian seperti pepes ikan dan salah satunya sambal.

Bahan untuk membuat sambal tempoyak:

  1. Buah duren matang
  2. Garam
  3. Bawang merah 3 siung
  4. Bawang putih 4 siung
  5. Cabai merah besar 5 buah
  6. Cabai rawit 4 buah
  7. Gula secukupnya
  8. Minyak goreng

Berikut langkah cara mengolah durian menjadi sambal tempoyak:

  1. Anda harus membuat tempoyak terlebih dahulu. Ambil daging buah duren yang sudah masak, kemudian masukkan dalam toples atau guci, jangan lupa bubuhi dengan menggunakan garam.
  2. Jika sudah didiamkan selama 1 minggu lamanya, tempoyak bisa diaduk dan siap untuk digunakan. Setelah satu minggu lamanya, sambal bisa langsung dibuat. Caranya dengan menumis seluruh bumbu hingga harum.
  3. Jika bumbu-bumbu sudah ditumis, tambahkan tempoyak dan gula. Tumis hingga beberapa menis dan sajikan. Bila ingin merasakan sambal yang halus, sebelum mencampurkan dengan tempoyak, Anda bisa menghaluskannya terlebih dahulu.

Cara Mengolah Durian Menjadi Puding

Kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba mengolah duren menjadi puding. Anda bisa membayangkan sepetri apa kelezatan dari puding. Apalagi ditambah dengan sensasi buah duren dengan aromanya yang menggoda selera.

Langkah untuk membuat puding duren juga sangat mudah, apalagi puding duren sangat cocok dihidangkan dengan segelas teh hangat ketika dingin atau ketika sedang bersantai dengan seluruh anggota keluarga. Untuk membuat puding ini, Anda hanya membutuhkan waktu selama 30 menit saja.

Bahan untuk membuat puding duren:

  1. Susu cair 100 ml
  2. Susu evaporasi 100 ml
  3. Custard powder
  4. Santan
  5. Daging duren, 500 gram
  6. Air, 200 ml
  7. Sejumput garam
  8. Agar-agar bubuk 1 kemasan
  9. Meses sebagai taburan
  10. Daun pandan

Langkah membuat puding duren:

  1. Anda bisa mencampurkan custard powder, dan susu terlebih dahulu. Aduk hingga merata kemudian sisihkan. Di tempat yang berbeda, campurkan daging duren bersama dengan santan, masukkan dalam blender sampai halus.
  2. Setelah campuran duren dan santan halus, taruh dalam wadah dan masukkan susu. Siapkan panci, masukkan air, gula, duren halus, garam dan agar-agar ke dalam panci. Panaskan dengan menggunakan api kecil hingga mendidih. Terus aduk selama kurang lebih 10 menit.
  3. Siapkan cetakan, basahi cetakan dengan menggunakan air matang terlebih dahulu. Tuang adonan dalam cetakan dan masukkan ke dalam lemari es. Untuk membuat saus, Anda bisa mencampurkan santan, pandan dan garam kemudian panaskan dengan api kecil.

Cara Mengolah Durian Menjadi Ketan Duren

Ketan duren atau ketan duren menjadi salah satu sajian yang disukai oleh banyak orang. Anda bisa membayangkan kelezatan dari olahan duren yang disiram dengan vla duren. Menu ini bisa menjadi salah satu rekomendasi saat ingin merasakan paduan duren dan ketan.

Menu ketan duren memang banyak ditemukan di foodcourt dan pinggir jalan. Namun, Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Apalagi bila bahan yang digunakan untuk membuat menu ini ternyata sangat mudah.

Bahan yang harus disiapkan:

  1. Ketan putih 200 gram
  2. Daging buah duren
  3. Kelapa parut
  4. Garam

Cara mengolah durian menjadi Ketan Duren:

  1. Sebelum mengolah ketan putih, rendam ketan terlebih dahulu selama semalam penuh. Bila perendaman tidak dilakukan, ketan akan menjadi kurang enak. Jika ketan sudah direndam, kukus dengan menggunakan api sedang selama 20 menit.
  2. Jika ketan sudah matang, segera sisihkan. Kukus kelapa parut bersama dengan garam. Angkat kemudian sisihkan. Sajikan ketan yang ditaburi dengan kelapa parut serta buah duren di mangkuk.
  3. Selain menggunakan ketan putih, Anda juga bisa menambahkan ketan hitam dan juga vla. Untuk membuat vla, panaskan sedikit santan, gula dan garam. Aduk hingga santan lebih mengental dan tunggu hingga dingin. Taruh di atasnya sebagai fla.

Berbagai macam menu olahan duren di atas memang sangat menarik untuk dipraktekkan, apalagi langkahnya juga sangat mudah. Namun, pastikan agar tidak berlebihan ketika mengkonsumsi duren, karena pengonsumsian dan cara mengolah durian secara berlebihan akan memberikan efek kurang baik bagi tubuh.

TopBack to Top