8+ Tips Beli dan Cara Pakai iPhone untuk Pemula

Punya iPhone untuk pertama kali, pasti membuat orang bangga apalagi produk besutan Apple tersebut masuk kategori prestisius karena teknologi yang digunakan dan harganya yang relatif tinggi. Anda harus tahu cara pakai iPhone yang benar, jika ingin cepat mahir.

Tenang, Anda berada di tempat yang tepat! Berikut ini akan dikupas tuntas bagaimana cara memilih hingga menggunakannya agar bisa benar-benar bermanfaat sebagai alat komunikasi terbaik.

3 Tips Membeli Produk iPhone

Penjualan iPhone pada kuartal pertama 2022 saat ini, menempati urutan kedua dengan total 56,5 juta terjual di seluruh dunia. Artinya kepercayaan terhadap produk gadget ini masih cukup tinggi.

Jika Anda juga ingin memiliki salah satu produknya, berikut ini tips dari membeli hingga menggunakannya.

1. Distributor Resmi

Pastikan untuk membeli pada distributor resmi iPhone terdekat, sebagai referensi Anda bisa beli di iBox atau Digimap yang tersebar di berbagai daerah.

Dengan membeli produk resmi melalui distributor, maka Anda akan mendapatkan produk dijamin asli karena merupakan tempat resmi yang sudah berkolaborasi langsung dengan Apple Inc.

Pembelian resmi pada distributor juga akan menghindari blokir terhadap jaringan iPhone, karena produk yang disediakan sudah siap digunakan untuk area Indonesia. Setelah itu, Anda akan lebih nyaman untuk memahami cara pakai iPhone.yang benar.

2. Bergaransi

Garansi pembelian produk ponsel memang wajib ada, apalagi untuk produk sekaliber iPhone. Oleh karena itu wajib untuk memastikan garansi yang diberikan oleh produsen maupun distributor, biasanya akan meliputi berapa lama garansi berlaku, dimana saja dapat mengklaim garansi jika dibutuhkan.

Selain itu, garansi juga harus meliputi beberapa kondisi iPhone sehingga akan mempermudah Anda ketika akan klaim garansi suatu saat nanti.

Cek juga kartu garansi yang diberikan, apakah sudah sesuai dengan garansi Apple yang sudah Anda survei sebelumnya begitu juga dengan kartu garansi distributor.

3. Cek Kondisi iPhone Sebelum Transaksi

Meskipun iPhone, merupakan produk yang diklaim kemampuannya dan dijual dengan kondisi terbaik. Jangan lengah, Anda tetap harus melakukan pengecekan kondisi sebelum melakukan transaksi pembelian.

Cek kondisi body apakah masih mulus atau tidak, kemudian cek fungsi-fungsi utama pada perangkat tersebut. Mulai dari fungsi audio, kamera, konektivitas pada perangkat lain melalui port yang tersedia.

5 Cara Pakai iPhone yang Tepat

Sedangkan untuk memakainya, butuh beberapa cara pakai iPhone agar tidak salah. Berikut ini penjabaran lengkapnya.

1. Pahami Semua Tombol yang Tersedia

Jika iPhone sudah dibeli, saatnya untuk menggunakannya sebagai alat komunikasi dan lainnya. Untuk itu, hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengetahui fungsi dari berbagai tombol yang ada pada produk tersebut.

Secara kasat mata terdapat beberapa tombol dengan fungsi berbeda. Ada tombol kunci pada sisi kanan atau bagian atas tergantung versi iPhone yang digunakan.

Kemudian ada tombol volume yang letaknya di sisi kiri, tombol mute untuk menghilangkan suara.

Ada juga tombol home di bawah layar utama, yang punya beberapa fungsi seperti membuka kunci atau klik dua kali jika ingin keluar dari sebuah aplikasi yang sedang dibuka.

2. Buat ID Pengguna

Setiap iPhone harus memiliki ID sendiri, yang dibuat langsung oleh masing-masing pengguna. Fungsinya adalah untuk dapat menggunakan perangkat semaksimal mungkin sesuai kebutuhan melacak keberadaan perangkat jika hilang, hingga pengunduhan aplikasi melalui Apple Store.

Jika Anda belum paham, dapat meminta bantuan petugas di gerai distributor untuk melakukannya. Mulai dari membuka halaman resmi Apple, memilih menu create my ID dan masukkan data pribadi yang dibutuhkan.

Ingat! Jangan bagikan data pribadi Anda kepada siapapun selama proses ini, untuk menghindari upaya masuk dari oknum tidak bertanggung jawab ke sistem iPhone Anda.

3. Aktifkan dan Pulihkan Data

Setelah ID selesai dibuat, cara pakai iPhone adalah Anda bisa mulai mengaktifkan iPhone dengan menekan tombol power yang tersedia. Lalu, pilih pengaturan yang diinginkan seperti bahasa dan koneksi internet.

Setelah itu lakukan pengaturan keamanan, dengan mengikuti langkah dari sistem yang muncul dengan begitu keamanan iPhone akan lebih terjaga.

4. Pahami Semua Aplikasi

Sama halnya dengan ponsel berbasis Android, sudah ada sejumlah aplikasi bawaan yang tersedia ketika Anda membeli iPhone. Jadi, sebelum menggunakan aplikasi tersebut perlu paham terlebih dahulu apa jenis aplikasi dan apa manfaatnya bagi Anda.

Agar saat dibuka dan dijalankan, benar-benar mampu memenuhi kebutuhan Anda akan sebuah alat komunikasi.

5. Aktifkan Find My

Find My merupakan salah satu aplikasi yang wajib diaktifkan, fungsinya adalah untuk melacak keberadaan iPhone jika hilang atau dicuri orang.

Cara mengaktifkannya juga tidak sulit, tinggal membuka menu pengaturan lalu pilih Apple ID dan klik pada opsi lacak kemudian lanjut pada opsi cari iPhone saya. Terakhir tinggal aktifkan tombol hijau pada menu tersebut.

Sudah siap untuk beralih menggunakan iPhone? Ikuti berbagai tips dan cara pakai iPhone di atas agar iPhone dapat menjadi perangkat yang benar-benar bermanfaat bagi komunikasi Anda.