4 Keistimewaan Durian Musangking dan Ciri-cirinya

Anda pecinta buah durian? Sudahkah Anda tahu informasi mengenai durian Musangking yang saat ini sedang populer dan harga jualnya bisa mencapai Rp 7 juta? Ya, durian yang satu ini juga dipercaya menjadi salah satu durian terbaik di dunia.

Berdasarkan data artikel Journey of Musang King dikutip dari The Star salah satu harian Malaysia mengungkap bahwa, durian ini masuk kriteria 10 durian yang paling diincar sebab survei membuktikan jika rasanya lebih banyak disukai orang, bentuknya memikat dan memiliki nilai komersial.

Asal Usul Musangking

Asal Usul Musangking

Sama seperti durian Monthong yang lebih dulu populer dari negara asalnya yakni Thailand, durian ini juga memiliki asal usul terciptanya yang berasal dari Negeri Jiran Malaysia. Varietas durian baru ini merupakan hasil persilangan oleh petani durian Malaysia, namun kurang jelas campurannya.

Berlanjut, saat itu petani durian dihebohkan dengan hasil buah dengan kualitas yang unggul di kawasan Tanah Merah, Kelantan, Malaysia hingga seorang Wee Chong Beng mengikutsertakan varietas baru ini dalam daftar durian unggul yang akhirnya dinamakan Raja Kunyit.

Dinamakan Raja Kunyit karena daging durian kuningnya yang seperti kunyit. Namun, kebanyakan pecinta durian lebih menyebutnya dengan Raja Kunyit Musangking. Pemberian nama durian Musangking tersebut juga didasari dari lokasi pohon induk durian yang dekat dengan Gua Musang.

Durian tersebut mulai diperkenalkan sejak tahun 1990, hingga para petani pun secara massal mulai menanam varietas durian baru tersebut dan seiring perkembangannya di tahun 2000 durian mulai berbuah dan akhirnya dipanen.

Durian tersebut kini telah tercatat di Kementerian Pertanian Malaysia dengan varietas kode durian D-197 dan banyak diburu oleh penggemar durian, meskipun dibanderol dengan harga jual yang fantastis.

Keistimewaan Musangking

Durian ini memang memiliki sisi keistimewaannya sendiri hingga membuatnya jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan varian durian lainnya. Durian ini juga masih tergolong belum banyak dijual di pasaran buah Indonesia dan biasanya masih dipasok langsung dari negara asalnya.

Temukan sederet fakta menarik yang membuat durian Musangking ini menjadi sangat populer dan istimewa dari awal keberadaannya hingga perkembangannya sekarang. Berikut ini di antaranya:

1. Memiliki Kualitas Lebih Unggul

Memiliki Kualitas Lebih Unggul

Durian yang satu ini jika dilihat dari bentuknya, memiliki sisi yang memikat. Hasil survei pun sudah membuktikan jika banyak orang menyukai durian ini dari segi bentuknya yang memikat. Belum lagi, tekstur daging buah di dalamnya yang lebih tebal dan lembut creamy.

Tak heran, jika varietas durian baru hasil persilangan ini memiliki kualitas yang lebih unggul jika dibandingkan varian lainnya dan saat ini sangat populer.

2. Diprediksi Merajai Pasar Durian Dunia di 2022

Diprediksi Merajai Pasar Durian Dunia di 2022

Buah durian yang sudah dikenalkan sejak tahun 1990 dan mulai populer di Indonesia dari tahun 2011 ini diprediksi oleh International Tropical Fruits Network akan merajai pasar durian di dunia pada tahun 2022 nanti.

Durian yang mulai populer memasuki Indonesia dari tahun 2011 ini terbilang masih langka untuk ditemukan dan harganya mahal. kebanyakan, durian ini dipasok langsung dari negara asalnya atau hanya dijual di supermarket dan toko buah yang besar saja.

3. Ditanam di Indonesia Menggunakan Bibit dari Asalnya

Ditanam di Indonesia Menggunakan Bibit dari Asalnya

Saat ini, durian yang sedang populer di kalangan pecinta durian ini juga sudah ditanam dan dibudidayakan di Indonesia dengan menggunakan bibit yang didapat langsung dari negara asalnya tepatnya Tanah Merah, Kelantan, Malaysia.

4. Perlu Perawatan Khusus

Perlu Perawatan Khusus

Budidaya durian yang istimewa ini juga terbilang sulit karena memerlukan perawatan serta pupuk khusus dalam proses penanamannya. Pohon durian ini lebih rentan terkena penyakit sehingga membuatnya dijuluki pohon cancer, serta harus dipangkas saat itu juga apabila terjangkit.

Pupuk untuk menanam durian ini juga menggunakan pupuk kandang atau kompos dan juga pupuk NPK setelah usia 3 bulan semenjak ditanam dan harus dilakukan teratur 4 bulan satu kali sampai durian mencapai 3 tahun.

Durian yang dapat dipanen pada pertengah tahun Juni dan Juli maupun Desember dan Januari ini dapat dibudidayakan di dataran tinggi 1000 mdpl dan baru bisa dipanen pada usia 3 sampai 5 tahun.

Ciri-ciri Durian Musangking

Apabila Anda belum pernah melihat secara langsung atau mengetahui varietas durian baru yang sedang populer ini, maka Anda perlu untuk mengenal karakteristik yang melekat pada durian Musangking yang antara lain seperti:

1. Daging Durian Lebih Tebal dan Lembut Creamy

Daging Durian Lebih Tebal dan Lembut Creamy

Satu hal yang membuat durian ini memiliki kualitas lebih unggul jika dibandingkan dengan varian durian lainnya adalah tekstur daging di dalamnya yang lebih tebal, pulen serta lembut creamy. 

Selain itu, dagingnya tampak lebih menguning seperti kunyit dan tidak berserat. Aroma dari durian ini juga tidak menyengat, berbeda dengan aroma durian lainnya.

Dari segi rasa sendiri, durian yang satu ini akan dominan legit manis di mulut dengan sedikit adanya rasa pahit. Bedanya lagi, biji buah durian ini lebih kempes sehingga kecil dan mudah terlepas dari daging dank arena itu juga yang membua tekstur dagingnya lebih tebal.

2. Bentuk Durian Lonjong

Bentuk Durian Lonjong

Perbedaannya lagi dengan varian durian lainnya, yakni bentuknya yang memikat. Durian ini memiliki bentuk lonjong dan bukan bulat seperti durian pada umumnya. Bagian batang dan pangkal buahnya berwarna coklat dan cenderung merata dengan duri.

3. Duri Berbentuk Piramida

Duri Berbentuk Piramida

Terdapat lima garis mengarah ke bagian pangkal buah. Selain itu, duri yang terdapat pada kulit buah tidak runcing memanjang dan rapat seperti durian umumnya, namun memiliki bentuk piramida serta sisinya lebih rata. 

4. Terdapat Tanda “Star”

Terdapat Tanda Star

Jika Anda sedang mencari durian Musangking di pasar buah, hal paling mudah untuk dikenali dan membedakannya dari durian lainnya adalah ciri khas tanda star secara jelas terlihat dan biasanya berwarna cokelat yang terdapat di sisi pantat buah.

5. Tidak Terlalu Berat

Tidak Terlalu Berat

Cara lain untuk mengenali buah durian ini adalah dengan coba untuk menimbangnya. Durian ini memiliki ukuran buah yang kecil dan tidak terlalu berat. Bobot untuk satu buahnya antara sekitar 1,5 sampai dengan 2,5 kg per buah.

Harga Durian Musangking

Harga Durian Musangking

Jika Anda sebagai salah satu pecinta durian dan sadar dengan kepopuleran pada durian yang istimewa ini, maka Anda tak boleh kaget dengan harga jualnya yang meroket daripada durian lainnya.

Durian ini belum terlalu mudah ditemui di pasar buah, dan lebih banyak dijual di supermarket atau toko buah besar dan disimpan dalam lemari pembeku. Durian Musangking ini dibanderol dengan kisaran harga mulai dari Rp 280.000,00 sampai dengan Rp 350.000,00 per kilogramnya.

Tak perlu khawatir melihat harganya, sebab harga yang tinggi tersebut juga sebanding dengan kualitas unggul yang ditawarkan durian dari tingkat ketebalan dagingnya, rasa serta aroma durian yang jauh di atas durian lainnya.

Wajar saja jika durian Musangking ini menjadi primadona di antara varian durian lainnya karena dari awal keberadaannya sampai saat ini durian ini tetap saja populer dan masih diburu banyak kalangan fantastis durian.