5 Klub Basket Profesional yang Rangkap dengan Sepakbola

Bukan hanya fokus pada dunia sepakbola saja, sejumlah klub sepakbola profesional di Indonesia juga memiliki klub basket profesional. Nampaknya fenomena ini mirip dengan apa yang dilakukan tim sepakbola terkanal Eropa Real Madrid yang juga memiliki tim basketnya sendiri.

Lantas, klub sepakbola apa saja yang secara profesional memiliki tim basket sendiri? Berikut ini adalah jawabannya.

5 Klub Sepakbola Indonesia yang punya Klub Basket Profesional

Klub sepakbola Indonesia yang memiliki tim basket sendiri seolah membuktikan bahwa kiprah di dunia sepakbola bisa semakin lengkap dengan melebarkan sayap ke bola basket. Bukan hanya sekedarnya saja, klub basket tersebut juga ikut andil dalam ajang IBL sebagai tim basket profesional.

1. Persita Tangerang

Persita Tangerang

Persita Tangerang dikenal sebagai salah satu klub sepakbola profesional di Indonesia yang memiliki julukan Pendekar Cisadane. Klub yang identik dengan kostum berwarna ungu ini berada di bawah asuhan Widodo C Putro sebagai pelatihnya.

Bukan hanya terpaku pada kiprahnya di dunia persepakbolaan tanah air saja, klub yang secara resmi berdiri sejak tahun 1945 ini rupanya juga melebarkan sayapnya ke bola basket secara profesional.

Dengan mengusung nama Tangerang Hawks, klub basket yang dimiliki Persita Tangerang ditetapkan sebagai salah satu kontestan yang akan mengikuti ajang kompetisi IBL musim 2022. Kiprah klub ini sendiri sudah dimulai sejak tahun 2013 dalam hal pembinaan bola basket.

2. Persib Bandung

Persib Bandung Klub Basket Profesional

Sebagai salah satu klub sepakbola legendaris di Indonesia, Persib Bandung sudah berdiri sejak tahun 1933. Klub yang bermarkas di Bandung ini memiliki julukan Maung Bandung dan Pangeran Biru. Saat ini Persib Bandung tengah bermain di Liga 1 Indonesia.

Klub Persib Bandung di bawah asuhan pelatih Robert Rene Alberts sementara untuk peran manajerial dipegang oleh Umuh Muchtar. Sederet pemain profesional dari Persib Bandung juga sering didapuk untuk ikut bergabung di Timnas Indonesia.

Selain berkiprah di sepabola, Persib Bandung juga memiliki klub basket sendiri yang dikenal dengan nama Prawira Bandung, dan menjadi salah satu peserta di kompetisi IBL 2022. Klub basket yang berdiri sejak tahun 2018 ini sudah cukup populer di kalangan penggemar basket.

Setelah sebelumnya dikenal dengan nama Garuda Bandung, tim basket profesional asal Bandung ini berganti nama menjadi Prawira Bandung. Yaitu ketika diakuisi oleh Persib Bandung pada musim IBL 2018/2019.

3. Bali United

Bali United Klub Basket Profesional

Klub sepakbola profesional ini bermarkas di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Bali. Bali United sendiri awalnya bernama Persisam (Persatuan Sepakbola Indonesia Samarinda), namun kemudian diambil alih dan berpindah lokasi ke Bali, namanya pun menjadi Bali United.

Bali United menjadi salah satu kontestan di Liga 1 Indonesia pada musim 2021-2022. Dan sejak Desember 2020, Bali United diketahui memiliki klub basket profesional yang dikenal dengan nama Bali United Basketball Club.

Meskipun usianya masih terbilang muda, namun klub basket profesional ini telah berpartisipasi dalam ajang kompetisi IBL di musim 2021. Tim basket ini juga diketahui melahirkan pemain handal seperti Putu Donnie Hermawan, Tri Adnyana Loka dan Cokorda Raka.

Dengan terbentuknya Bali United Basketball Club ini diharapkan bisa menjadi wadah bagi generasi muda di Bali untuk menjadi pemain basket profesional dan berprestasi dengan skill basket yang dimiliki.

Sementara Presiden Bali United Basketball menjelaskan bahwa manajemennya saat ini telah membentuk dua tim basket, yaitu Tim A dan Tim B menyusul keikutsertaan Tim A pada liga basket IBL 2022 mendatang.

4. Dewa United

Dewa United

Klub basket profesional yang berdiri sejak 22 Februari 2021 ini awalnya bernama Martapura FC, namun setelah diakuisisi oleh Kevin Herdiman dan Rendra Soedjono, namanya berubah menjadi Dewa United.

Sekedar informasi, saat ini Dewa United juga tengah berkompetisi dalam Liga 2 Indonesia untuk musim 2021-2022. Kiprah klub sepakbola ini rupanya juga melebar tidak hanya di lingkungan olahraga basket saja tetapi juga Esports.

Khusus untuk Bali United Surabaya sendiri rupanya telah menjalani debutnya di ajang kompetisi IBL pada musim 2021. Dengan mengusung visi berupa Vini Vidi Vici, Dewa United bertekad untuk membangun tim yang kuat dalam setiap divisi dengan manajemen yang baik.

Dewa United juga ingin membangun hubungan yang kuat antara klub dengan fans serta memberikan peluang dalam sistem seleksi yang profesional dan berkualitas. Dewa United juga ingin berpartisipasi dalam berbagai kompetisi resmi di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk saat ini Dewa United berada di bawah kepemimpinan Tommy Hermawan Lo sebagai Presiden Klub dengan Komisaris Utama Lexyndo Hakim. Sementara jabatan CEO dipercayakan kepada Michael Oliver Wellerz dan Pelatih Kepala Andika Saputra.

5. RANS Cilegon

RANS Cilegon Klub Basket Profesional

Mulai terbentuk sejak 31 Maret 2021, RANS Cilegon tidak terlepas dari camput tangan Raffi Ahmad, Rudy Salim serta Dito Ariotedjo. Bukan hanya fokus pada klub sepakbola saja, RANS juga membentuk klub basket profesional dengan nama RANS PIK Basketball.

Seperti halnya Tangerang Hawks yang akan memulai debutnya di IBL musim 2022 mendatang, RANS rupanya juga menjadi salah satu tim baru yang akan ikut meramaikan kompetisi tersebut.

Keberadaan RANS Cilegon maupun RANS PIK Basketball sendiri tidak terlepas dari visi dan misi RANS sebagai salah satu platform digital terbesar di Indonesia yang ingin memberikan sumbangsih terhadap kemajuan dan perkembangan olahraga di Indonesia.

Peran serta klub sepekabola tanah air dalam membentuk klub basket profesional merupakan angin segar dalam dunia bola basket. Dengan pengelolaan dan manajemen yang profesional, diharapkan klub basket yang dimiliki oleh tim sepakbloa tersebut semakin memajukan olahraga basket Indonesia.