5 Klub Sepak Bola Indonesia Terkemuka, Jagoan Penggemar

Sejarah sepak bola Indonesia sudah dimulai dari zaman Hindia-Belanda pada tahun 1914. Kemudian sejak PSSI berdiri sekitar tahun 1927 (pada waktu itu masih bernama Netherlands Indische Voetbal Bond) banyak terbentuk klub sepak bola Indonesia yang turut mengharumkan nama Indonesia.

Beberapa klub sepak bola memang memiliki penggemar yang sangat banyak, bahkan dari luar daerah tersebut. Berikut ini 5 klub sepak bola Indonesia terkemuka yang jadi jagoan penggemar dan beberapa prestasinya.

Klub Sepak Bola Indonesia Terkenal

1. Persija Jakarta

Persija Jakarta adalah salah satu klub sepak bola Indonesia yang menjadi klub terpopuler yang versi AFC (Asian Football Confederation). Persija Jakarta memiliki gelar dan prestasi di Liga Indonesia paling banyak.

Sudah 11 kali Liga Indonesia yang dimenangkan oleh klub sepak bola yang satu ini. Selama era perserikatan Persija Jakarta sudah 9 kali meraih kemenangan.

Selain itu, Persija Jakarta mempunyai pendukung dan penonton dengan jumlah terbanyak. Karena hal tersebut Persija Jakarta berhasil memecahkan rekor Asia dengan jumlah penonton terbanyak.

Gelar rekor ini mereka dapatkan ketika Piala AFC 2018 saat Persija Jakarta berhadapan dengan Lion City Sailor FC dengan skor 1-3. Sebanyak 62.198 pendukung Persija Jakarta ikut menonton pertandingan tersebut.

2. Persib Bandung

Tak kalah populer dengan Persija Jakarta, klub sepak bola Persib Bandung juga memiliki kesuksesannya sendiri. Persib Bandung tercatat sudah meraih 7 gelar kejuaraan dalam Liga Indonesia.

Pada tahun 2014, Persib Bandung berhasil merajai Liga Indonesia setelah absen gelar selama 19 tahun. Gelar ini didapatkan saat berhadapan dengan Persipura lewat adu penalti. Selanjutnya tahun 2015 Persib Bandung menjajaki babak play off Liga Champions Asia tahun 2015.

Kepopuleran Persib Bandung juga dapat dilihat lewat media sosial instagram Persib Bandung dengan jumlah pengikut sebanyak 5,7 juta (24 Juni 2022). Pemain bintang yang menjadi primadona Persib Bandung ini adalah Michael Essien yang sukses berlaga di Liga Indonesia.

3. Persebaya Surabaya

Prestasi yang didapatkan oleh Persebaya Surabaya membawa nama klub sepak bola Indonesia ini menjadi klub terkemuka di tanah air. Prestasi yang sudah diukir oleh Persebaya diantaranya meraih 6 kali gelar juara Liga Indonesia, sudah termasuk perserikatan.

Versi AFC, Persebaya Surabaya menjadi klub sepak bola urutan ke empat dengan segudang prestasi yang didapatkan dari Liga Indonesia. Ini sudah dimulai sejak tahun 1950-an. Pada tahun 2004, Persebaya memulai debut piala kompetisi tertinggi di Asia seperti Liga Champion AFC.

Momen yang paling diingat adalah ketika Persebaya Surabaya berhasil mengalahkan klub Binh Duong asal Vietnam dengan skor 1-0 dalam Liga Champions Asia 2005.

Beberapa pemain yang ikut membuat klub ini populer diantaranya adalah Hansamu Yama yang berperan sebagai bek tengah Timnas Indonesia, serta Yusuf Ekodono, Bejo Sugiantoro, dan Jacksen F. Tiago.

4. Persipura Jayapura

Klub bola Indonesia asal Indonesia Timur ini juga banyak menuai prestasi yang membuat klubnya menjadi populer dan terkemuka di tanah air. Klub ini sukses membawa tim nya meraih empat piala pada ajang Liga Indonesia.

Selain itu juga pernah menjadi runner-up Liga Indonesia sebanyak 3 kali dalam kurun waktu 10 tahun. Dalam kancah sepak bola Asia, Persipura pernah mengikuti Liga Champions Asia tahun 2010.

Kemudian bergabung di Piala AFC pada tahun 2011 hingga babak perempat final. Persipura pernah menjadi tim Indonesia pertama yang melangkah ke semifinal Piala AFC pada tahun 2014.

Pemain Persipura yang membawa klub ini populer di antaranya adalah Boaz Solossa, Eduard Ivakdalam dan Todd Rivaldo Ferre pada ajang Piala AFC.

5. Arema FC

Arema FC adalah klub bola Indonesia yang dibentuk pada tahun 1980-an. Piala pertama yang diterima oleh Arema FC pada saat Liga Indonesia era Galatama tahun 1992- 1993.

Gelar Piala Indonesia lainnya juga mereka raih pada musim 2005 dan 2006. Prestasi berikutnya, Arema FC menjadi runner-up Indonesian Super League tahun 2009-2010. Pada tahun 2011 dan 2013 Arema FC berada pada posisi kedua klasemen Liga Indonesia.

Tidak hanya itu, dalam Piala AFC 2012, klub ini berhasil menjadi salah satu dari tiga tim Indonesia yang mencapai babak perempat final.

Beberapa klub sepak bola Indonesia yang terkemuka ini memiliki banyak penggemar. Peran penggemar dan prestasi yang dimiliki mengantarkan klub tersebut untuk memajukan dunia sepak bola di Indonesia.