Manajemen Esports: Kunci Sukses dalam Memenangkan Pertandingan

Manajemen Esports Kunci Sukses dalam Memenangkan Pertandingan

Esports sudah menjadi industri yang semakin berkembang pesat. Turnamen esports semakin banyak digelar untuk memberikan peluang bisnis bagi pemain maupun pihak terkait lainnya. Dalam sebuah bisnis esports, manajemen esports mengambil peran penting dalam kesuksesan tim.

Manajemen memiliki tugas untuk membuat tim esports yang solid dan memiliki keahlian di bidangnya. Manajemen juga menjadi jembatan penghubung antara pemain dan sponsor. Selain itu, manajemen juga harus mempersiapkan pemain agar dapat bertanding di kompetisi.

Pentingnya Manajemen Esports dalam Tim Esports

Pentingnya Manajemen Esports dalam Tim Esports

Peran manajemen ini berkaitan dengan hal lain yang mendukung para pemain dapat sukses dalam sebuah turnamen. Beberapa peran dari manajemen dalam tim esports adalah:

1. Pengelolaan Manajerial

Pengelolaan dilakukan oleh manajemen yang berkaitan dengan bisnis, pemasaran, endorsement, administrasi dan hal lainnya. Manajemen juga akan mengurus sponsor untuk tim dan melakukan promosi untuk tim yang ada di bawah naungan mereka.

2. Memperhatikan Anggota Tim

Selain mengelola hal yang berkaitan dengan manajerial tim, manajemen juga perlu untuk memperhatikan dan menjaga para pemain. Contohnya adalah memperhatikan kondisi mental serta fisik dari anggota tim. Performa yang baik tentunya berasal dari individu yang sehat.

Untuk membuat tim yang solid, manajemen juga bertugas untuk membantu dalam membangun chemistry para pemainnya. Ini tentunya akan berpengaruh pada kinerja para pemain. Selain itu, manajemen juga harus mengambil peran sebagai orang tua yang mengayomi setiap anggota tim.

3. Membantu Fokus Pada Turnamen

Manajemen tim esport memiliki peran dalam membantu tim untuk fokus pada turnamen. Manajemen dibutuhkan agar para pemain tidak mengurus hal yang tidak bersinggungan langsung dengan turnamen. Ini membuat para pemain hanya akan melakukan latihan untuk turnamen.

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Tim Esports

Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Membuat Tim Esports

Jika Anda ingin membuat manajemenĀ  atau menjadi manager esport, maka Anda harus memperhatikan hal berikut ini terlebih dahulu, yaitu:

1. Mencari Pemain Potensial

Sebagai manajer atau manajemen, Anda harus peka dalam mencari pemain yang potensial. Modal SDM merupakan hal yang paling penting dalam membuat sebuah tim esports. Anda harus memiliki mata yang jeli untuk melihat potensi dari pemain pemula yang belum direkrut oleh manajemen lain.

2. Menentukan Tujuan dan Target

Dalam menjalankan sebuah bisnis manajemen, Anda tentunya perlu menentukan target dan tujuan. Ini akan sangat berguna untuk melihat setiap perkembangan dari tim maupun manajemen. Seluruh tim dan manajemen perlu untuk memiliki target dan tujuan agar terus berkembang.

Target dan tujuan ini juga diperlukan untuk bahan evaluasi dari manajemen. Pihak manajemen akan mendapat gambaran apakah tim sudah mencapai target dan seberapa besar perkembangan tim dalam durasi waktu tertentu. Dengan begitu, bisnis manajemen akan terus berjalan.

3. Menyusun Manajemen dengan Rapi

Selanjutnya hal yang perlu dilakukan dalam mendirikan sebuah manajemen adalah menyusun manajemen dengan rapi. Anda dapat menentukan struktur manajemen esports seperti CEO, manajer tim, bagian keuangan dan posisi lainnya.

Manajemen yang profesional tentunya sudah memiliki jobdesk pada setiap posisi. Ini akan sangat membantu dalam berjalannya bisnis. Jobdesk juga dapat membuat setiap orang di jabatan manajerial memaksimalkan tugasnya.

4. Branding

Agar tim esport dikenal oleh pasar, manajemen bertugas untuk membuat branding yang cocok. Branding tentunya berkaitan dengan target, tujuan, dan visi yang ingin dicapai oleh manajemen. Untuk bisa mengembangkan branding, salah satu caranya adalah dengan turnamen.

Dengan mengikuti berbagai turnamen esports, tim akan dikenal oleh penonton. Dengan begitu, perlahan branding terhadap tim dilakukan oleh manajemen esports. Branding sangat penting untuk dilakukan karena dapat mendatangkan sponsor untuk para pemain dan manajemen.

Branding yang kuat dari tim esport tentunya akan menguntungkan bagi manajemen. Tim akan lebih mudah diingat oleh para penggemar esport dan para pebisnis yang akan memberikan sponsor.

Tantangan Manajemen Esports

Tantangan Manajemen Esports

Merintis sebuah bisnis tentunya akan menemukan tantangan. Dalam tim esports, tantangan tidak hanya dirasakan oleh para pemain, namun juga manajemen. Hal yang menjadi tantangan terbesar adalah mengelola tim esports baru.

Mengatur sebuah tim tentu tidak mudah. Manajemen dan manajer perlu untuk memahami pikiran dari para pemain dan karakter tiap individunya. Selain itu, manajemen juga harus mengimbangi setiap karakter dan potensi dari tiap pemain.

Membuat tim yang solid tentunya membutuhkan waktu bonding yang cukup lama bagi para pemain. Manajemen bertugas untuk memberikan fasilitas pendukung agar tim menjadi solid dan bisa bekerja sama dengan baik.

Tantangan lainnya adalah membuat potensi dari tiap pemain selaras sehingga para pemain dapat bekerja sama tanpa ada yang terlalu unggul atau terlalu tertinggal. Keselarasan ini juga akan memperluas peluang tim menang.

Mendirikan sebuah manajemen esport tentunya bukan hal yang mudah. Manajemen memiliki peran penting bagi tim esport. Untuk mendirikannya, membutuhkan beberapa hal yang harus dipastikan mampu untuk mengembannya. Selain itu, terdapat tantangan yang harus dihadapi oleh manajemen.