8 Seri Game Minecraft Terbaik yang Wajib Dimainkan

Walaupun termasuk game jadul, karena sudah dirilis sejak tahun 2011 silam. Akan tetapi masih banyak orang yang ingin bermain Minecraft sampai sekarang.

Game ini masuk ke dalam kategori game sandbox 3D yang tidak mempunyai tujuan khusus yang wajib di dicapai oleh para playernya. Artinya pemain bisa dengan bebas menyusun blok lego sesuai dengan keinginan. Walaupun begitu, terdapat sistem Achievement yang dapat diraih oleh pemainnya.

Jenis-Jenis Minecraft

Nah bicara soal versi game ini sebenarnya ada banyak sekali. Nah bagi kalian yang mau tahu beberapa versinya silahkan ikuti pembahasannya dibawah ini sampai selesai.

1. Minecraft Pocket Edition

Minecraft Pocket Edition

Versi Pocket edition merupakan versi game yang di peruntukan untuk perangkat ponsel Android. Saking banyaknya pengguna smartphone Android, game ini berhasil mendapatkan kesuksesan yang gemilang. 

Game ini selalu memperoleh pembaruan sampai saat ini seperti mendapatkan penambahan blok, fitur, item-item dan lain sebagainya. Versi terbaru dari game masih mendukung fitur multiplayer. Dimana para pemainnya dapat bersaing maupun menjadi sekutu dengan pemain lainnya.

Fitur yang sering dilakukan pembaruan dari versi ini adalah fitur anti cheat. Dimana fitur ini berguna untuk memastikan jika semua orang bermain dengan adil dan jujur.

2. Minecraft PC Versi Terbaru

Bagi kalian yang ingin bermain game ini lebih leluasa, maka pilihan untuk mengunduh versi ini merupakan solusi terbaik. Walaupun kualitas grafiknya tidak terlalu jauh berbeda dengan versi pocketnya.

Namun untuk sebagian detail tertentu dapat terlihat secara lebih jelas, apabila game ini langsung di mainkan pada perangkat PC. Tidak hanya itu, dari segi pergerakan karakter juga jauh lebih bebas bebas pasalnya digerakkan dengan menggunakan mouse dan keyboard. 

3. Minecraft Java Edition

Minecraft Java Edition

Bagi pecinta game Minecraft, pastinya tidak asing lagi dengan versi yang satu ini. versi Java Edition merupakan versi original yang di peruntukan untuk perangkat PC.

Bulan November tahun 2011 merupakan tahun pertama kali di rilis game ini. Tidak membutuhkan waktu lama game ini memperoleh sambutan positif dan telah dimainkan lebih dari 200 juta orang di dunia. Tidak heran, kalau game ini diklaim sebagai salah satu game sandbox terbaik hingga sekarang ini.

4. Minecraft Versi Lama

Minecraft Versi Lama

Jika diatas merupakan versi Java Edition, maka versi selanjutnya merupakan versi lama yang memang diperuntukan untuk perangkat komputer. Salah satu game sandbox ini memberikan space sebeas-bebasnya untuk para pemainnya supaya bisa menciptakan dunianya sendiri sesuai keinginan. Untuk versi lama ini mempunyai komunitas yang sangat luas, termasuk di Tanah Air kita.

5. Minecraft Classic

Minecraft Classic

Sebelum menjadi game utuh, versi klasik yang satu ini sudah dirilis terlebih dahulu dengan menggunakan format game browser. Kalian dapat memainkan game ini di browser tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu. Syaratnya harus ada koneksi internet yang tersambung dengan perangkat yang digunakan.

Karena bukan game, maka versi classic hanya dibekali dengan gameplay dan fitur yang sangat terbatas. Kualitas grafisnya hanya biasa saja. Untuk yang sedang santai atau gabut untuk mengisi waktu luang maka bisa mencoba memainkan game ini tanpa harus mengunduhnya terlebih dahulu.

Untuk versi ini mempunyai beberapa fitur seperti di bekali dengan 32 blok meskipun jumlahnya tidak sebanyak seperti versi barunya, namun penggunanya masih bisa bermain secara maksimal, adanya mode Creative dimana berguna untuk mewujudkan kreativitas para pemainnya dalam bangun membangun dunia di dalam game ini, dan telah mendukung mode multiplayer.

5. Minecraft Dungeons

Minecraft Dungeons

Jika versi klasik hanya permainan biasa yang ada di browser perangkat kalian. Maka dengan menggunakan versi kalian bisa merasakan bagaimana rasa serunya berpetualang di alam bawah tanah, sekaligus menyelesaikan berbagai macam misi yang berbahaya.

Berbeda dengan versi originalnya, dalam veri ini kalian bisa memperoleh misi yang mana misinya adalah membasmi Arch-Illager dan tidak hanya sekedar bangun membangun blok saja.

Para pemain versi ini akan diberikan beban misi dan bertahan hidup dari ancaman monster ganas yang kapan saja bisa menghabisi kalian. Para pemain juga harus bisa bertarung di Dungeons baik itu sendiri atau bersama pemain lain hingga 4 orang. Desain Dungeons dalam game ini sangat detail dengan ukuran masif.

6. Minecraft Education Edition

Minecraft Education Edition

Kalau versi ini merupakan versi yang menuntun para pemainnya bagaimana belajar dari permainan namun juga mengajak para murid untuk bisa menyelesaikan masalah yang rasional. Uniknya, versi ini menyediakan pembelajaran coding. Nah buat kalian yang tertarik, bisa langsung mengunduhnya.

Game ini diklaim bisa meningkatkan kreativitas anak-anak. Bahkan orang dewasa juga akan diajak untuk menyelesaikan berbagai macam proyek pembangunan. Di sini akan belajar gimana rasanya bekerja bersama dengan tim. Bahkan metode pembelajaran dalam bentuk eksplorasi dan bercerita juga ada di dalam game ini.

7. Minecraft Earth

Minecraft Earth

Kalau versi yang satu akan memberikan penggunaan kebebasan dalam membuat dunia sesuai dengan keinginan dan rancangan terbaiknya. Yang membedakkan diversi ini adalah akan menjumpai berbagai macam entitas unik dan beragam. Seperti babi berlumpur moobom yang dapat dipakai untuk mengisi bangunan dan lain sebagainya.

8. Minecraft MOD APK Terbaru 2021

Minecraft MOD APK Terbaru 2021

Untuk kalian yang menyukai game PC sandbox pastinya tidak akan asing lagi dengan versi Minecraft Mod Apk yang satu ini bukan? Versi ini merupakan versi modifikasi.

Tidak sedikit para pecinta game sandbox ini ingin memainkan versi Mod Apk. Ini karena dibekali dengan berbagai macam fitur yang jauh lebih lengkap dan menarik jika dibandingkan dengan versi originalnya. Berikut dibawah ini merupakan beberapa keunggulannya:

  • Pencahayaan lebih bagus: Versi ini sudah meningkatkan kualitas pencahayaan yang lebih bagus. Kemudian dari spektrum warna juga lebih cerah dan banyak jika dibandingkan dengan versi originalnya.
  • Bug telah diperbaiki: Dengan tidak adanya bugs yang mengganggu, para pemainnya bisa memainkan permainan game ini lebih maksimal dan optimal.
  • Kapasitas inventory maksimal: Pada versi premium menyediakan ruang penyimpanan yang jauh lebih lega tanpa harus melakukan upgrade terlebih dahulu.’
  • Banyak variasi item: Versi ini juga menyediakan berbagai macam item yang sangat menarik dan berguna sekali untuk para pemainnya.
  • Gratis: Semua fitur yang terdapat di game versi ini adalah seluruh fitur dan item dapat dinikmati dengan gratis.

Cara Install Minecraft di Android

Cara Install Minecraft di Android

Untuk menginstal game ini di perangkat ponsel Android tidaklah sulit. Bahkan dibilang sangat mudah sekali. Nah untuk yang belum paham dengan langkah-langkahnya bisa simak panduannya dibawah ini:

  • Pertama cari dan buka file game ini sebelumnya telah di unduh.
  • Kemudian tap tombol Install untuk menginstalnya di ponsel Android.
  • Apabila sudah, tap tombol Open.

Selesai. Bagaimana? Sangat mudah sekali bukan?

Bagaimana dengan ulasan diatas mengenai Minecraft? Apakah semakin tertarik atau tidak untuk memainkan salah satu game sandbox terbaik ini?