Cara Membuat Poster 17 Agustus yang Menarik

Membuat poster 17 Agustus yang menarik sebenarnya pekerjaan yang cukup mudah untuk dilakukan. Hanya ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh banyak orang. Dengan memperhatikan hal itu mereka bisa membuat poster sesuai dengan keinginan dan hasilnya bisa sempurna.

Poster 17 Agustusan biasanya digunakan untuk berbagai keperluan seperti dipajang di media sosial ataupun dipajang ke beberapa tempat. Agar poster ini bisa menarik dan tidak terlalu rumit maka harus didesain dengan sempurna dengan mengikuti beberapa tips atau cara yang dibahas di bawah ini.

Berikut Ini Cara Membuat Poster 17 Agustus yang Keren

1. Buat Kerangka Dahulu

Buat Kerangka Dahulu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan membuat kerangka terlebih dahulu yang berhubungan dengan poster itu. Seseorang bisa menuliskan apa saja yang nantinya akan ada dalam poster termasuk gambar dan berbagai jenis informasi yang sifatnya penting.

Kerangka ini harus dibuat agar nantinya poster 17-an yang dibuat bisa sesuai dengan kebutuhan. Poster juga menarik dan akhirnya orang lain mau membacanya dari awal hingga akhir. Jadi informasi yang diberikan bisa langsung tersalurkan.

Kerangka bisa dibuat secara langsung dengan menggunakan kertas atau bisa langsung menggunakan komputer. Sesuaikan dengan kondisi yang terjadi saat itu agar proses pembuatan kerangka ini berjalan dengan baik.

2. Ketahui Maksud Poster Dibuat

Ketahui Maksud Poster Dibuat

Selanjutnya adalah mengetahui apa maksud pembuatan poster dilakukan. Ada orang yang membuat poster karena bertujuan untuk memberikan informasi terkait dengan momen 17-an. Dalam bentuk infografis sehingga orang lain bisa membaca berbagai hal termasuk sejarah yang dianggap membosankan.

Selain itu ada juga yang membuat poster 17 Agustus untuk tujuan memberikan informasi terkait dengan lomba yang akan segera dilakukan. Apabila berkaitan dengan informasi lomba tentu apa yang tertulis pada ponsel tidak akan terlalu banyak sehingga bisa dibaca sekilas saja.

Hal ini harus diperhatikan dengan baik agar poster bisa dibuat sesuai dengan tujuannya. Jika tidak dibuat sesuai dengan tujuan maka akan sia-sia begitu nantinya poster akan disebar ke media sosial atau poster akan dicetak lalu dipajang di beberapa tempat seperti pusat keramaian.

3. Membuat Draf Awal

Membuat Draf Awal

Setelah membuat kerangka dan juga memahami tujuan dari pembuatan.  Tahap selanjutnya adalah membuat draft awal. Berbagai hal yang ada di dalam kerangka bisa dimasukkan terlebih dahulu. Pembuatan poster tidak perlu memikirkan sisi estetiknya pada saat pembuatan draft.

Setelah selesai baru dilihat terlebih dahulu apakah ada informasi yang ingin dimasukkan atau ada informasi yang terlewatkan. Intinya segala hal bisa dimasukkan dengan mudah. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya sesuatu yang terlupa.

Dari draft awal ini maka bisa dilihat dan bisa diperkirakan apakah tujuan dari pembuatan bisa langsung didaftarkan atau tidak. Tahap pembuatan draft awal ini akan langsung berlanjut menuju fase revisi pertama. Oh ini bisa dilakukan secara langsung oleh pembuat atau oleh orang yang memintanya.

4. Melakukan Revisi

Melakukan Revisi

Proses revisi dilakukan untuk membuang beberapa bagian yang tidak diperlukan dalam poster. Bisa adanya informasi yang berulang-ulang atau informasi yang terlalu padat. Selain itu juga membuang beberapa siswa yang dianggap terlalu berlebihan.

Intinya proses revisi ini dilakukan untuk menyesuaikan konten dan juga visual dari poster itu sendiri. Revisi bisa dilakukan sekali apapun berkali-kali jika ingin membuat poster menjadi lebih sempurna. Apalagi nantinya poster akan digunakan untuk kegiatan nasional.

5. Penyempurnaan

Penyempurnaan

Selanjutnya adalah proses penyempurnaan. Hal ini dilakukan dengan memperhatikan nilai estetika dari poster itu sendiri dan juga potensi yang ada di dalamnya. Penyempurnaan ini akan membuat poster semakin enak untuk dilihat dan saat Dibaca juga tidak akan menyusahkan.

Selain itu penyempurnaan juga dilakukan untuk memberikan apa saja yang sebelumnya masih terlewatkan. Dengan begitu poster akan siap untuk dirilis baik itu ke media sosial atau bisa langsung dicetak untuk diperbanyak.

6. Finalisasi dan Rilis

Finalisasi dan Rilis

Proses terakhir dari pembuatan poster 17 Agustus adalah melakukan proses finalisasi. Proses finalisasi ini bisa dilakukan dengan memberikan poster yang sudah jadi kepada orang lain atau orang yang lebih berpengaruh seperti atasan.

Setelah itu mereka akan memberikan pendapat paling akhir. Setelah mendapatkan persetujuan maka poster bisa langsung masuk ke tahap perilisan. Pada tahap ini sudah tidak ada lagi berbagai jenis masalah seperti kesalahan penulisan hingga kesalahan tata letak gambar.

Selain itu sudah tidak ada lagi kesalahan sehingga saat dicetak tidak akan menyebabkan masalah. 

Poster 17 Agustus akan membuat orang yang membacanya menjadi memahami isi dengan mudah. Mereka yang awalnya tidak terlalu peduli dengan momen 17 Agustus akan berubah menjadi semangat. Apalagi jika poster itu berhubungan dengan berbagai jenis informasi yang menarik.

Selain itu poster juga bisa berhubungan dengan berbagai jenis lomba yang nantinya akan diadakan. Apabila berhubungan dengan lomba biasanya akan banyak orang yang tertarik dan akhirnya mau membaca dari awal hingga akhir. Itulah kenapa poster ini harus dibuat lebih menarik sesuai dengan kebutuhan.