5 Cara Efektif Mencegah Penularan Covid 19

Virus Corona sudah menyerang jutaan orang di dunia, bahkan sudah memakan banyak korban. Supaya tidak terjangkit oleh virus ini, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah penularan Covid 19.

Dengan tingginya kasus Covid 19 ini, sangat penting selalu menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat supaya terhindar dari penularan yang lebih luas.

Cara Mencegah Penularan Covid 19

Untuk mencegah penularan virus Corona sendiri ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Nah buat yang mau tahu gimana caranya, silahkan simak ulasannya dibawah ini.

1. Mencuci Tangan Dengan Benar

Mencuci Tangan Dengan Benar

Mencuri tangan yang benar merupakan salah satu cara paling sederhana dalam mencegah penularan virus corona, namun efektif. 

Bisa mencuci tangan dengan menggunakan air mengalir dan sabun, selama 20 detik. Pastikan semua bagian tangan dicuci sampai bersih. Termasuk sela-sela jari, kuku, punggung tangan dan pergelangan tangan. 

Kemudian keringkan tangan dengan menggunakan handuk yang bersih atau bisa juga dengan tisu. Intinya mencuci tangan, terutama sebelum dan sesudah makan, habis dari toilet, membuang sampah, batuk, bersin dan lain sebagainya.

2. Hand Sanitizer

Hand Sanitizer

Cara kedua yang direkomendasikan pakar untuk mencegah penyebaran virus corona adalah membersihkan tangan dengan menggunakan hand sanitizer.

Metode ini sangat cocok digunakan pada seseorang yang pekerjaannya sulit menemukan air mengalir dan sabun. Ingat pakai hand sanitizer yang memiliki kandungan alkohol minimal 60% supaya lebih efektif dalam membersihkan kuman yang menempel pada tangan.

3. Menggunakan Masker

Menggunakan Masker

Tidak sedikit yang memakai masker kain untuk mencegah penularan virus corona. Padahal masker tersebut belum tentu efektif. Pasalnya ada dua jenis masker yang bisa dipakai yakni masker bedah dan masker N95.

Masker beda adalah jenis masker yang hanya sekali dipakai. Masker ini gampang ditemukan, harganya murah dan nyaman digunakan. Tidak heran jika banyak orang yang memakai masker ini untuk aktivitas sehari-hari.

Cara menggunakan masker bedah yang benar yaitu sisi berwarna pada masker menghadap ke arah luar. Sedangkan sisi dalam yang berwarna putih menghadap ke baju dan menutupi dagu, hidung dan juga mulut.

Meskipun tidak begitu efektif dalam mencegah kuman, akan tetap pemakaian masker ini tetap bisa menurunkan resiko seseorang terkena virus corona. Pemakaian masker lebih dianjurkan untuk orang yang sedang sakit dari pada orang yang sehat.

Sementara masker N95 merupakan jenis masker yang dipakai alat pelindung atau APD bagi para petugas medis yang merawat pasien covid 19.

Pada saat melepas masker dari wajah, sebisa mungkin menghindari bagian depan masker. Pasalnya bagian depan penuh dengan kuman dan kotoran yang menempel.

Setelah pelepasan masker, langsung cuci tangan menggunakan sabun dan memakai hand sanitizer. Supaya bersih dari kuman yang menempel.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Salah satu cara mencegah penularan covid 19 adalah dengan menjaga daya tahan tubuh. Untuk menjaga sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh, pastinya mengkonsumsi makanan yang sehat.

Seperti sayuran, buah-buahan, makanan berprotein, dan daging yang tidak mengandung lemak. Kalau di perlukan bisa juga mengkonsumsi suplemen sesuai dengan resep dokter.

Kemudian rajin berolahraga, pola makan yang benar, hindari kurang tidur, tidak mengkonsumsi minuman beralkohol dan lainnya yang bisa menurunkan daya tahan tubuh. 

Apabila hal itu dijalankan dengan benar, besar kemungkinan kita terjangkit dari penularan virus corona. Selain itu, sering melakukan jemur dibawah terik sinar matahari juga sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

5. Bersihkan Rumah dan Lakukan Desinfeksi Rutin

Bersihkan Rumah dan Lakukan Desinfeksi Rutin

Selain rajin membersihkan diri, juga menjaga kebersihan tempat tinggal juga sangat penting dilakukan selama belum terputusnya penularan virus corona.

Rumah yang tidak bersih, akan semakin membuat betah virus dan kuman berada di tempat tinggal kita, bahkan bisa berhari-hari di suatu permukaan benda.

Maka dari itu, tempat tinggal harus rajin dibersihkan dan melakukan desinfeksi secara menyeluruh. Ketika membersihkan dan desinfeksi, pastikan memakai sarung tangan dan menggunakan masker.

Setelah selesai jangan lupa mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer untuk membersihkan tangan dari kuman atau virus yang menempel.

Kurang lebih seperti itu cara mencegah penularan covid 19. Sekali lagi, selalu menerapkan protokol kesehatan supaya mengurangi kemungkinan terjangkit virus corona.