6 Fakta Unik Liga Champions UEFA

Liga Champions UEFA telah digelar sejak tahun 1955 sampai sekarang. Sebagai kompetisi yang sudah digelar sejak lama, maka Champions UEFA menyisakan fakta-fakta unik yang sayang untuk dilewatkan. Fakta-fakta ini berkaitan dengan klub yang paling banyak juara hingga rekor gol terpecat yang dicetak. 

Berbagai fakta dalam Champions UEFA menunjukkan bahwa liga ini sangat dinamis. Banyak hal yang tidak terduga sehingga liga ini masih banyak yang menonton. Terlebih lagi Champions UEFA selalu diisi oleh tim-tim terbagi dari La Liga Spanyol, Premier League Inggris, Bundes Liga dan lain sebagainya. 

6 Fakta Unik dari Perhelatan Liga Champions UEFA

Setidaknya ada 6 fakta unik dalam gelara Champions UEFA. Berbagai fakta tersebut menjadi bumbu-bumbu sehingga gelaran Champions UEFA semakin menarik untuk dinikmati dan selalu dinanti oleh penggemar setiap tahunnya. Kira-kira apa saja fakta-fakta unik tersebut? 

1. Gol Tercepat Hanya 11 Detik 

Gol Tercepat Hanya 11 Detik

Fakta pertama adalah gol tercepat yang terjadi di Champions UEFA. Ternyata rekor gol tercepat diraih oleh pemain Bayern Munchen saat ini Roy Makaay. Dalam pertandingan melawan Real Madrid pada tanggal 7 Maret 2007, Makaay berhasil mencetak gol dengan sangat cepat, yakni kurang dari 1 menit. 

Roy Makaay mampu mencetak gol ke gawang Real Madrid di detik 10,12. Waktu yang sangat cepat dan hingga saat ini belum ada yang menandinginya. Selain tercatat sebagai gol tercepat di Champions UEFA, gol Makaay juga masuk dalam kategori gol tercepat di sejarah sepak bola dunia. 

2. Cristiano Ronaldo jadi Pencetak Gol Terbanyak 

Cristiano Ronaldo jadi Pencetak Gol Terbanyak

Fakta berikutnya mengenai pencetak gol atau top skor di Champions UEFA. Ternyata pemain Portugal Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak atau top skor. Sepanjang karirnya bersama beberapa tim seperti Manchester United, Real Madrid dan Juventus. Total gol yang dicetak mencapai 134 gol. 

Prestasi ini yang membuat Ronaldo menjadi top skor sepanjang masa di Champions UEFA. Di bawah Ronaldo terdapat beberapa pemain lain seperti Lionel Messi dengan 120 gol, Robert Lewandowski dengan 73 gol dan Raul Gonzales dengan 71 gol. 

3. Real Madrid Raih Juara Champions UEFA Terbanyak 

Real Madrid Raih Juara Champions UEFA Terbanyak

Selanjutnya adalah, Real Madrid dengan gelar juara terbanyak sepanjang masa. Pasalnya hingga saat ini belum ada yang berhasil mengalahkan tim asal Spanyol tersebut. Sejak digelar pada tahun 1955 sampai sekarang Real Madrid berhasil meraih 13 gelar juara Champions UEFA atau terbanyak hingga saat ini. 

Real Madrid berhasil memenangkan Champions UEFA dalam rentang tahun 1956, lalu 1957, 1958, 1959, tahun 1960, 1966, 1998, 2000, 2002, 2014, 2016, 2017, dan tahun 2018.

4. Tim Peraih UEFA Badge of Honor 

Tim Peraih UEFA Badge of Honor

Pada gelaran Champions UEFA, ada beberapa tim yang menaruh logo UEFA Badge of Honour di jersey mereka. Bentuknya seperti piala Champions dan di tengah tertulis nomor tertentu. Sekedar informasi bahwa Badge of Honour merupakan logo yang diberikan kepada tim tertentu saja. 

Tim yang bisa mengenakan logo tersebut adalah yang mampu memenangkan UCL 5 kali atau 3 kali berturut-turut. Sedangkan nomor yang ditulis merupakan jumlah gelar yang berhasil diraih. Ada 5 tim yang dapatkan badge yaitu Barcelona, Real Madrid, AC Milan, Bayern Munchen, Liverpool, dan Ajax.

5. Klub Liga Inggris Pernah Dilarang Ikut UEFA Champions League 

Klub Liga Inggris Pernah Dilarang Ikut UEFA Champions League

Ternyata klub Liga Inggris atau Premier League pernah dilarang untuk mengikuti UEFA Champions League tepatnya pada tahun 1986 sampai 1991. UEFA melarang tim Liga Inggris ikut di Champions League karena kerusuhan pada tahun 1985 di Heysel Stadium, Belgia 

Kerusuhan terjadi saat Liverpool bertanding dengan tim Italia Juventus. Pada pertandingan tersebut, terjadi kerusuhan antar supporter Liverpool dan Juventus yang mengakibatkan 39 orang meninggal dunia. UEFA pun menjatuhkan sanksi dengan melarang tim Liga Inggris ikut UCL di tahun tersebut. 

6. Kemenangan Terbesar di UEFA Champions League 

KR Reykjavik

Fakta terakhir adalah kemenangan terbesar di UEFA Champions League. Ternyata ada pertandingan yang menjadi pertandingan dengan skor kemenangan terbesar sepanjang masa. Pertandingan tersebut antara Feyenoord melawan KR Reykjavik, yang dimenangkan Feyenoord dengan skor 12-2. 

Berbagai fakta menarik seputar Liga Champions mungkin saja berubah di tahun-tahun yang akan datang. Pasalnya hingga saat ini UCL masih terus bergulir dan semakin banyak tim-tim hebat yang berkompetisi di liga tersebut.