5 Alasan Youtube Sangat Diminati di Indonesia

Di Indonesia, Youtube merupakan media sosial terpopuler yang diminati oleh masyarakat. Youtube berada di peringkat pertama mengalahkan Whatsapp dan Facebook dengan jumlah pengguna terbanyak di Indonesia. Sebenarnya, apa, sih alasan Youtube sangat diminati di Indonesia dan bisa berkembang dengan begitu pesatnya?

Perkembangan Youtube di Indonesia

Siapa yang tidak kenal dengan sosok Raditya Dika? Seorang yang terkenal sebagai Content Creator, Penulis, dan Komika ini bisa dibilang yang memperkenalkan Youtube kepada masyarakat Indonesia. Tercatat, Radit sudah bergabung di Youtube sejak tanggal 29 Juni 2007.

Mulai dari membuat series¸ Youtube semakin lama semakin dikenal masyarakat berkat Raditya Dika. Radit juga menjadi orang Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan Gold Play Button di tahun 2018 dengan subscriber tertinggi pada saat itu.

Youtube semakin lama semakin berkembang. Selain Radit yang memanfaatkan Youtube untuk membuat konten inspiratif, mulai banyak bermunculan kreator kreatif Indonesia lain seperti Edho Zell, Chandra Liow, Agung Hapsah, dan lain-lain.

Lalu berkembang ke era Youtuber gaming, hingga saat ini Youtube bisa digunakan oleh siapa saja untuk membuat konten. Perkembangan digital yang begitu masif belakangan ini pun menjadi alasan Youtube sangat diminati di Indonesia.

Apa, Sih Alasan Youtube Sangat Diminati di Indonesia?

Tidak dapat dipungkiri, orang Indonesia memang lebih tertarik untuk menonton ketimbang membaca. Itulah mengapa platform seperti Youtube bisa berkembang pesat di Indonesia. Berikut adalah 5 alasan lainnya.

1. Bisa Diakses dengan Mudah dan Murah

Alasan Youtube sangat diminati di Indonesia yang pertama adalah karena bisa diakses dengan begitu mudah dan juga murah. Zaman sekarang agak sulit melihat orang yang tidak menggunakan smartphone.

Dibanding televisi, smartphone lebih handy dan gampang dibawa kemana saja. Platform Youtube secara otomatis sudah ada di dalam menu smartphone, mengunduhnya pun gratis. Maka dari itulah mengapa orang lebih suka Youtube dibandingkan platform media video lainnya yang lebih ribet dan memiliki tampilan yang kurang user friendly.

2. Hadir dengan Konten Beragam

Berbeda dengan konten yang disiarkan di televisi, Youtube memiliki tema konten yang sangat beragam. Hal ini dikarenakan Youtube dapat diakses oleh siapa saja yang memiliki keinginan sebagai kreator dan ingin membuat suatu konten video.

Walaupun bebas, namun Youtube tetap memiliki aturan-aturan ketat agar para kreator tidak meng-upload video yang mengandung unsur SARA. Isi konten dapat disesuaikan dengan kreativitas para kreatornya.

3. Tempat Mencari Beragam Informasi

Alasan Youtube sangat diminati yang ketiga adalah karena menjadi tempat untuk mencari beragam informasi. Seperti yang sudah dituliskan di atas, orang Indonesia lebih menyukai kegiatan menonton dibandingkan membaca.

Menonton adalah aktivitas yang menarik karena menampilkan efek visual dan juga audio. Sementara membaca hanya berkutat dengan tulisan saja. Selain itu, mencari informasi di Youtube lebih praktis dan juga cepat sehingga membuatnya menjadi tempat yang efektif ketika seseorang ingin mencari ilmu dalam bidang apapun.

Oh, iya. Untuk anak pun terdapat platform khusus untuk anak-anak sehingga para orangtua tidak perlu terlalu khawatir jika memutuskan untuk memberikan tontonan yang informatif dan mendidik bagi anak.

Ada banyak channel yang sangat informatif dan mampu menstimulasi perkembangan kecerdasan anak juga. Namun tetap saja, harus selalu ditemani oleh orangtua.

4. Tampilan Sederhana

Youtube memiliki tampilan yang begitu sederhana dan tidak ribet dibandingkan dengan platform lainnya. Orang Indonesia cenderung lebih menyukai sesuatu yang simple, enak dipandang mata, dan tidak memusingkan kepala.

5. Tempat Mencari Uang Dari Segala Lini

Alasan yang terakhir adalah yang sedang populer saat ini, yaitu sebagai tempat untuk mencari uang. Menariknya di Youtube, semua orang, tidak terkecuali bisa menjadi kreator, asal selalu konsisten dan kreatif dalam membuat suatu video.

Kembali lagi, karena perkembangan digital yang sangat masif membuat dunia digital saat ini lebih diminati untuk bertransaksi, berbisnis, mencari hiburan, melakukan aktivitas sosial, dan lain-lain. Begitu masifnya sehingga dapat diibaratkan menjadi sebuah mata pisau, tergantung siapa yang menggunakannya.

Kelima alasan Youtube sangat diminati di Indonesia memberikan gambaran bahwa pada saat ini, seorang individu perlu mengembangkan diri dan terus beradaptasi dengan apa yang terjadi. Jika digunakan untuk hal yang positif, maka akan menghasilkan sesuatu yang positif dan bisa bermanfaat untuk banyak orang.