4 Rekomendasi Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Pemula Android

Para pengguna smartphone saat ini banyak menggunakan aplikasi edit video terbaik untuk menghasilkan sebuah konten yang berkualitas. Sangat banyak pengguna yang membagikan konten video pada sosial media masing-masing.

Dengan editing video yang maksimal maka bisa menggunakan fitur yang tak kalah menarik agar project video Anda selesai dengan kualitas. Biasanya untuk project tersebut berupa film, tugas sekolah, maupun company profile dan lainnya dapat selesai dengan maksimal.

Kumpulan Aplikasi Edit Video Terbaik Android

Aplikasi edit video terbaik Android yang akan dikenalkan pastinya bisa digunakan secara gratis dan Anda tidak perlu berlangganan untuk menggunakan fitur-fitur dasarnya. Namun, ada juga aplikasi yang diperlukan biaya langganan agar bisa mengeksplor fitur unggulan dengan maksimal.

Pastinya aplikasi-aplikasi di bawah ini akan memberikan pengalaman editing yang tak terkalahkan, yaitu:

1. Power Director

Salah satu aplikasi yang cocok digunakan oleh para youtuber untuk membuat konten YouTube. Jika melihat dari tampilannya maka akan nampak seperti aplikasi semi profesional yang akan membuat hasil editing videonya seperti buatan editor berpengalaman.

Di dalamnya sudah dilengkapi dengan efek dan stiker yang dapat digunakan untuk berkreativitas. Bahkan pengguna juga bisa menggunakan timeline audio dua secara bersamaan. Untuk fitur lengkapnya seperti penjelasan di bawah ini:

  • Volume untuk mengatur suara atau sound pada edit video.
  • Color sebagai fitur penyisipan efek warna pada bagian video yang diinginkan.
  • Rotate agar posisi video bisa memutar sampai dengan 90 derajat ke kanan.
  • Flip untuk pembalik video seperti halnya cermin.
  • Speed yang dapat digunakan untuk mengatur kecepatan video dan bisa membuat gerakan lambat atau slow motion serta mempercepat video.
  • Reserve yaitu fitur yang dapat digunakan untuk memutar video secara terbalik.
  • Duplicate untuk menduplikasi video agar memiliki copy an yang ada di samping kanan aslinya.
  • Crop bisa untuk memotong video yang tidak ingin ditampilkan.
  • Skin smoothener agar grafis video lebih tajam.

2. KineMaster

Beberapa pengguna pasti tidak asing dengan aplikasi edit video terbaik 2022 yang satu ini yaitu KineMaster. Kepopuleran dari aplikasi KineMaster membuatnya menjadi aplikasi yang terbaik di kelasnya. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pengguna sampai dengan 100 juta lebih.

Fitur yang disediakan sangat beragam mulai dari fitur gratis sampai dengan fitur berbayar. Fungsinya juga terbukti yang berbayar lebih lengkap. Namun, ukurannya terbilang cukup tinggi tetapi memiliki fitur yang sangat baik.

Bagi para pengguna baru lebih baik jika menggunakan fitur gratis sehingga bisa meningkatkan skill terlebih dahulu. Baru jika sudah mahir bisa langsung dengan praktek ke fitur-fitur berbayarnya. Selain itu, berlangganan akan membuat hasil video tanpa watermark.

3. VideoShow

Bagi pemula tidak akan kesusahan menggunakan aplikasi VideoShow karena memiliki tampilan user interface yang sederhana. Sayangnya, aplikasi VideoShow bukan aplikasi tanpa iklan dan akan muncul saat melakukan editing online. Oleh sebab itu, jika tidak ingin terganggu maka bisa offline saja.

Efek dan filter yang ada di dalamnya sangat beragam sehingga mendukung adanya kreativitas pengguna untuk mengedit konten videonya. Untuk efek dan filter ini bisa mengunduh terlebih dahulu saat ingin melakukan editing offline.

Bagi yang suka mengkompres video untuk suatu keperluan maka juga bisa menggunakan VideoShow ini selain untuk editing video. Video dengan ukuran yang besar bisa diperkecil dan tidak akan memakan ruang penyimpanan yang banyak.

Untuk fitur-fitur yang dimiliki oleh VideoShow untuk para penggunanya, adalah:

  • Fitur dasar seperti mengedit, memotong, menggabungkan video, membalik, memutar, serta duplikat video.
  • Zoom untuk memperbesar dan memperkecil video agar fokus pada satu titik.
  • Dubbing berguna sebagai fitur menyisipkan sound atau suara pada video Anda.
  • Fitur pengatur kecepatan video bisa diperlambat atau dipercepat.
  • Video mundur sehingga bisa digunakan untuk memutar video berjalan mundur.
  • Dapat membuat GIF dengan foto yang menghasilkan gambar bergerak.
  • Video to MP3 yang mana bisa mengubah video untuk sebuah lagu dengan format MP3.

Untuk fitur-fitur di atas bisa digunakan pada pengguna fitur gratisan dan tidak berbayar. Aplikasi VideoShow ini menjadi pilihan aplikasi edit video terbaik yang bisa digunakan.

4. VivaVideo

Siapa yang tak kenal dengan aplikasi hits yang satu ini? VivaVideo hadir dengan keunggulan pada fitur-fitur yang dimiliki. Aplikasi ini dirasa sangat mudah digunakan bahkan oleh pengguna baru. Sebagian pengguna merasa bahwa VivaVideo mirip dengan KineMaster.

Tak heran jika untuk VivaVideo memiliki rating yang tinggi dengan pengguna yang banyak pada Google Play Store. Bahkan sudah banyak fitur dan efek yang siap untuk dipakai dalam editing video.

Terdapat beberapa fitur menarik yang dapat menyesuaikan keinginan pengguna dalam menggunakan efek video, yaitu:

  • Video Effect untuk menyisipkan efek pada video seperti tema, filter, stiker, maupun text.
  • Edit Video berarti bisa digunakan untuk memotong dan membalik video bahkan putarannya bisa mencapai 90 atau 180 derajat.
  • Slideshow berguna untuk membuat video dari kumpulan banyak foto yang ada digaleri selain itu bisa untuk menyisipkan berbagai efek menarik.
  • Video Capture untuk merekam secara langsung agar bisa menjadi video.
  • Music Video yaitu membuat video dengan latar belakangnya adalah musik MP3 yang terdapat di ponsel pengguna.
  • Selfie untuk membuat video selfie dengan kamera depan yang pastinya terdapat beauty effect.
  • Video Collage berfungsi untuk menggabungkan 2 video secara langsung dan terdapat 2 bagian pada layar.
  • Funny sehingga video yang dibuat bisa menjadi lucu dengan tambahan efek yang lucu dan menarik.

Pada VivaVideo sama seperti aplikasi edit video lainnya yang dapat digunakan secara gratis dan berbayar tergantung dengan fiturnya. Menggunakan fitur berbayar pastinya akan membuat Anda mendapatkan sebuah fitur-fitur yang menyenangkan.

Dengan informasi fitur dan kelebihan pada aplikasi edit video terbaik di atas bisa diketahui secara dalam bahwa Anda tidak salah memilih aplikasi. Sesuai informasi, aplikasi dapat digunakan secara gratis atau memilih berlangganan sehingga mendapatkan fitur-fitur premium.