Waspada, Ini Cara Virus Corona Menyebar!

 Pandemi COVID-19 masih belum selesai sehingga Anda harus waspada virus ini akan menyebar. Saat ini sudah banyak varian baru dari virus corona yang ada di masyarakat seperti Omicron, Delta, dan lainnya. Namun, bagaimana cara virus corona menyebar dengan cepat?

Harus diperhatikan secara seksama karena virus ini bisa menginfeksi siapa saja yang mungkin lali untuk menjalankan protokol kesehatan. Cara penyebaran tersebut harus diketahui agar bisa dilakukan langkah pencegahan.

Bagaimana Cara Virus Corona Menyebar?

Bagi Anda yang belum mengetahui cara penyebaran virus corona ini maka bisa melihat pada ulasan di bawah ini sehingga bisa antisipasi dan menerapkan protokol kesehatan dengan benar. Penyebaran yang terus terjadi bisa meningkatkan jumlah pasien yang terinfeksi.

Oleh sebab itu, kenali terlebih dahulu bagaimana virus ini bisa menyebar dan menginfeksi banyak orang, antara lain:

1. Melalui Droplet

Yang dimaksud droplet adalah percikan air atau cairan yang keluar dari saluran pernafasan manusia bisa terjadi saat batuk atau bersin. Pastinya bagi orang yang tidak patuh protokol kesehatan dengan tidak menggunakan masker maka akan meningkatkan resiko penularan virus COVID-19 ini.

Akan tetapi, untuk penularan dari virus ini juga bisa melalui aktivitas lain seperti berbicara, bernyanyi, atau tertawa. Oleh sebab itu, wajib untuk menjaga jarak agar tidak terkena droplet dari orang lain. Selain itu, akan mencegah terjadinya penularan dan risiko peningkatan kasus corona 2022.

2. Kontak Fisik

Media penularan COVID-19 selanjutnya adalah dengan melakukan jabat tangan dengan orang yang terinfeksi. Biasanya orang yang terinfeksi tanpa gejala tidak akan menunjukkan dirinya sedang ada virus di badannya. Anda bisa menghindari kontak fisik secara langsung untuk sementara waktu.

Hal tersebut, juga dilakukan untuk penularan penyakit lain karena pasti tidak akan tahu berapa kuman, virus, maupun bakteri yang ada di tubuh lawan bicara.

Untuk jabat tangan contohnya, maka bisa diubah terlebih dahulu yaitu dengan gerakan Namaste yang mengatupkan kedua tangan di dada seperti olahraga yoga, atau cara lainnya.

3. Melalui Permukaan

Ternyata virus ini juga bisa berada pada permukaan sehingga permukaan tersebut dikatakan sudah terkontaminasi. Bisa saja untuk barang yang disentuh sudah terkontaminasi dengan droplet orang lain sehingga bisa membuat orang tersebut terinfeksi.

Biasanya untuk proses infeksi dapat melalui virus yang berpindah pada hidung, mulut, maupun mata. Oleh sebab itu, untuk protokol kesehatan cuci tangan harus dilakukan dengan benar menggunakan sabun dan air mengalir setelah melakukan kegiatan apapun.

Atau juga bisa menggunakan hand sanitizer dengan alkohol minimal 70% sehingga saat perjalanan jauh pun bisa membunuh kuman, bakteri, maupun virus di tangan kapan saja setelah menyentuh barang-barang.

4. Ventilasi Buruk

Saat ini, untuk cara virus corona menyebar bisa diakibatkan perkembangbiakannya yang cepat di ruangan tertutup. Oleh sebab itu, ventilasi buruk harus segera diatasi. Selain itu, ventilasi yang baik akan membuat kualitas tempat menjadi nyaman.

Jika berada di daerah yang kurang ventilasi maka bisa membuka jendela sehingga udara segar dapat memenuhi ruangan. Jika sirkulasi udara baik maka bisa mengurangi resiko penularan pada COVID-19.

5. Tempat Ramai

Jauhi tempat ramai dan kerumunan banyak orang karena di sana akan banyak pengunjung yang bahkan belum jelas masalah kesehatannya. Dengan tempat yang ramai maka virus dapat udah bermutasi ke orang lain dan droplet pun semakin banyak di udara.

Jangan pergi keluar rumah jika tidak ada keperluan seperti bekerja, sekolah, dan lainnya. Pastinya tetap di rumah saja akan membantu penurunan proses penyebaran virus corona dengan tepat. Keluarga akan tetap terlindungi dan jangan lupa protokol kesehatan setelah beraktivitas di luar rumah.

Jika terpaksa pergi ke luar rumah maka bisa menjaga jarak minimal 1 meter sehingga dari diri sendiri sudah melakukan upaya pencegahan agar virus tidak cepat menyebar. Selain itu, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi dan menghindari kendaraan umum sementara waktu.

Dengan adanya pembahasan bagaimana cara virus corona menyebar maka Anda dan orang lain akan lebih berhati-hati saat melakukan aktivitas di luar rumah. Oleh sebab itu, patuhi protokol kesehatan dengan baik agar virus tidak mudah menyebar.