Bagaimana Cara Menjadi Pemain Sepakbola Profesional? Simak Disini!

Menjadi pemain sepak bola bisa menjadi profesi yang sangat menjanjikan. Tentunya cara menjadi pemain sepakbola menjadi salah satu hal yang banyak dicari oleh calon pemain sepak bola. Menguasai teknik dasar permainan sepak bola menjadi cara yang tepat untuk memulainya.

Sepak bola sendiri merupakan sebuah olahraga dan permainan paling popular di dunia. Setiap negara atau daerah mempunyai klub kebanggaan tersendiri yang dapat bertanding dalam sebuah turnamen. Turnamen sepak bola bisa diselenggarakan dalam berbagai tingkatan klub atau tim, banyak pertandingan dapat dinikmati di situs sboc995.

Di dalam sebuah klub sepak bola juga selalu memiliki tim yang terdiri dari tim junior dan senior. Setiap tim dalam permainan sepak bola terdapat 11 pemain yang bermain di lapangan. Sebuah pertandingan dimainkan 2 klub dalam waktu 45 menit selama 2 babak permainan.

Untuk menjadi seorang pemain profesional, tentu harus mengetahui caranya dan salah satu cara termudah adalah mengetahui teknik dasar sebagai seorang pemain sepak bola.

Cara Menjadi Pemain Sepakbola Profesional

Pemain bola yang profesional perlu menjalani sesi latihan yang berat dan lama. Kunci menjadi seorang pemain sepak bola yang tangguh dan profesional adalah mengetahui teknik dasarnya. Beberapa teknik dasar yang terdapat dapat permainan sepak bola antara lain:

1. Menggiring bola atau dribbling

Salah satu teknik dasar yang bisa dikuasai untuk menjadi pemain sepak bola profesional adalah menggiring bola atau yang biasa disebut dengan dribbling. Teknik ini dapat memperlihatkan apakah seseorang dapat terlihat professional atau tidak. 

Pemain dapat mengontrol dan memainkan bola dengan teknik ini. Ada 2 jenis teknik menggiring bola, yaitu closed dribbling dan speed dribbling. 

Closed dribbling dilakukan untuk mengontrol bola ketika aman dari tim sebelah sedangkan speed dribbling merupakan teknik saat pemain membuang bola ke arah depan mengejarnya. 

Pemain harus dapat menggiring bola dengan kaki bagian dalam dan punggung kaki. Teknik ini dapat dipelajari dengan latihan yang sering dan berulang kali.

2. Mengoper bola atau passing

Mengoper bola menjadi salah satu teknik yang harus dikuasai untuk menjadi pemain profesional. Karena sepak bola adalah permainan tim, maka bola harus dapat dioper kepada rekan sesama tim. Pemain bola harus dapat mengoper bola ke tim yang tepat.

Mengoper bola juga harus dilatih dengan keras agar operan bola menjadi akurat. Posisi pemain harus diperhatikan agar sesuai dan bisa menjurus ke arah yang tepat. Ayunan kaki harus tepat menuju rekan setim. 

Untuk dapat mengoper bola, bagian kaki yang dipakai adalah punggung kaki, bagian luar dan bagian dalam kaki. Cara menjadi pemain sepakbola ini cukup penting untuk dipelajari agar teknik bermain semakin bagus.

3. Menendang bola atau shooting

Menendang bola yang akurat dapat berguna untuk menciptakan gol di gawang tim lawan. Untuk menendang bola diperlukan akurasi dan power. Pemain profesional dapat melakukan tendangan bola yang kuat dan akurat sehingga tepat sasaran ke arah gawang lawan.

Lakukan ancang-ancang sebelum tendangan dilakukan. Letakkan tumpuan pada satu kaki dan lakukan tendangand engan kekuaatan sesuai dengan jarak yang dituju.

4. Juggling

Juggling merupakan hal yang sulit dilakukan dan seorang pemain yang profesional harus dapat melakukan hal ini. Teknik ini bisa menjadi tolak ukur apakah seseorang lihai dalam bermain atau tidak.

Teknik ini bertujuan untuk menipu lawan serta mengontrol bola di lapangan. Cara untuk melakukan teknik ini adalah mengarahkan fokus ke bola, mengangkat bola dengan ujung kaki, saat bola terangkat, pertahankan untuk mengecoh lawan.

5. Menyundul bola atau heading

Pemain sepak bola profesional tidak hanya menggunakan kaki dalam permainan, namun dapat menggunakan teknik menyundul bola. Ketika bola terlalu tinggi melambung dan tidak dapat dijangkau, maka teknik ini sangat berguna untuk umpan dan menyerang lawan.

Bola dapat disundul dengan dahi atau kepala bagian kepala menggunakan tenaga. Kombinasi dasar ini bisa menjadi suatu teknik bermain yang bisa membantu seseorang menjadi pemain profesional.

Selain teknik dasar menjadi seorang pemain profesional, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk dapat menjadi pemain sepak bola profesional. Cara menjadi pemain sepakbola dengan kebiasaan baik seperti dibawah ini:

1. Rutin latihan fisik

Latihan fisik bisa menjadi latihan yang cocok untuk menjadi pemain profesional. Latihan fisik seperti jogging, berenang, sprint pendek sangat berguna untuk kebugaran dan kekuatan badan. Latihan bisa dilakukan pada pagi dan sore hari.

2. Kerja keras

Pemain profesional yang hebat berawal dari kerja keras dan latihan. Anjuran pelatih dapat menjadi sesi latihan agar dapat menguasai berbagai teknik.

3. Tidak bosan latihan

Tidak hanya dengan tim atau pelatih, menjadi seorang pemain sepak bola yang profesional adalah bisa latihan secara mandiri. Latihan mandiri dapat membantu seseorang menjadi pemain profesional sesuai impian.

4. Beradaptasi dengan pelatih

Terkadang dalam sebuah tim terdapat beberapa pelatih yang melatih tim. Untuk itu diperlukan adaptasi dengan cara pelatihan yang berbeda antara pelatih satu dengan yang lain. Cara pelatih dalam membentuk tim terkadang mempunyai cara yang berbeda untuk setiap pemain.

5. Disiplin

Displin menjadi salah satu hal yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang pemain profesional. Perlu meluangkan waktu yang banyak untuk melatih diri sendiri menjadi pemain sepak bola. Selain itu gaya hidup sehat bisa menjadi cara mudah membuat badan sehat dan bugar. 

Cara menjadi pemain sepakbola ini memang sangat umum namun bisa menjadi cara ampuh. Teknik bermain sepak bola yang dasar ini sangat wajib dilakukan di samping dengan gaya hidup ala pemain sepak bola yang ingin menjadi seorang pemain profesional.