Cabang Olahraga Esport Asian Games 2022, Apa Saja Ya?

Asian Games 2022 akan digelar pada tanggal 10-25 September mendatang di di Hangzhou, Zhejiang, Tiongkok. Ada banyak cabang olahraga yang dipertandingkan dalam Asian Games. Cabang esport Asian Games juga turut memeriahkan pekan olahraga tahun 2022 ini.

Berikut daftar permainan video yang diperlombakan di Asian Games 2022:

Arena of Valor Versi Asian Games

Arena of Valor ini juga menjadi cabor di Asian Games 2018 silam. Game dengan banyak pemain ini sempat dikenal sebagai Mobile Arena di Indonesia kemudian berganti nama menjadi Arena of Valor (AoV) agar game buatan Tencent ini meggunakan nama yang sama di seluruh negara.

Permainan ini mengisahkan tentang perang antara dewa dengan iblis sehingga manusia tidak bisa tinggal diam menghadapinya.

Untuk esport Asian Games 2022, AoV memiliki versi tersendiri. Tencent akan membuat versi baru Arena of Valor yang menampilkan pahlawan dari Arena of Valor dan Honor Kings. Versi ini juga akan menghadirkan berbagai hero (karakter di dalam game) paling populer dari berbagai versi di seluruh dunia.

Jadi seluruh atlet e-sport yang nantinya bertanding di Asian Games, dapat menggunakan hero andalan mereka dari masing-masing daerah. Versi baru AoV ini akan mengurangi fitur sosial dan komersial, untuk fokus pada fitur kompetitif sebagai tujuan utamanya di Asian Games 2022.

Dota 2

Dota 2 adalah game online genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang juga dikenal dengan nama ARTS (Action Real-Time Strategy). Game terbitan Valve ini dikeluarkan pada tahun 2013. Game ini turut memeriahkan pekan olahraga 2022 sebagai cabor esport Asian Games.

Dota 2 merupakan sekuel lanjutan dari Defense of Ancients (DotA). Dota 2 mempertandingkan dua tim yang masing-masing berisi 5 player. Tugas pemain adalah melakukan menghancurkan Ancient musuh.

Untuk menjalankan tugas tersebut masing-masing pemain akan mengendalikan satu hero yang dipilih. Tim yang lebih dulu menghancurkan Ancient musuh menjadi pemenangnya.

Dream Three Kingdoms 2

Dream Three Kingdom 2 merupakan game dengan genre RPG yakni peningkatan karakter dan mencari hero yang kuat. Ada lebih dari 100 pilihan karakater hero yang dibagi menjadi 4 kategori yaitu Fire, Nature, Water, dan Dark, dengan role support dari Deffensive, Offensive, Magic, dan Healer.

Game ini memerlukan strategi yang kuat untuk menyelesaikan misi yang diberikan.

EA Sports FIFA

EA Sports FIFA adalah jenis permainan video yang dirilis oleh perusahaan Electronic Arts di bawah label EA Sports. Seperti namanya, game ini merupakan permainan video sepak bola yang mendapatkan lisensi langsung dari organisasi FIFA.

Game ini merupakan salah satu dari Asian Games 2022 esport game list yang diperlombakan pada September mendatang.

Aturan dan cara bermain dalam game ini sama halnya dengan permainan sepakbola yang biasa diselenggarakan. Game ini berisi dua tim, siapa yang berhasil mengumpulkan gol terbanyak dan tercepat akan menjadi pemenang.

Hearthstone

Game Hearthstone merupakan permainan online multiplayer dimana dua orang pemain saling berhadapan satu sama lain dan secara bergiliran memainkan kartu dari deck masing-masing untuk mengalahkan lawan.

Baik singleplayer maupun multiplayer akan memainkan kartu berisi jagoan yang masing-masing memiliki kekuatan super. Dalam bertanding, sistemnya adalah bergantian atau turn based. Pemain yang memiliki darah atau health point sebanyak 20, dengan satu kartu hero andalan akan ditampilkan di tengah arena pertempuran.

Permainan dikatakan selesai apabila HP salah satu pemain habis. Pemenang biasanya akan mendapatkan hadiah bonus kartu setelah permainan berakhir. Permainan ini juga termasuk game yang diperlombakan sebagai cabor esport Asian Games 2018 silam.

League of Legend

League of Legends ini permainan game multiplayer antara 2 tim yang berisi 5 anggota. Pemain LoL menjadi seorang “summoner”, pawang yang bisa mengatur jagoan dengan kemampuan super untuk menghadapi lawan.

Pemenang dari LoL ini adalah tim yang berhasil menghancurkan nexus atau benteng lawan.

PUBG Mobile Asian Games Version

Game PUBG Mobile yang dikembangkan oleh Lightspeed and Quantum Studios dari Tencent Games dan KRAFTON, resmi diumumkan sebagai event medali di cabang esport Asian Games 2022 Hangzhou, China.

Permainan PUBG ini merupakan game strategi untuk mengalahkan lawan. Jika bermain secara tim sangat penting untuk saling berkomunikasi menciptakan taktik yang tepat.

PUBG Mobile akan memiliki versi tersendiri untuk ajang Asian Games 2022 nantinya. Namun untuk perubahan apa saja yang terjadi dalam versi tersebut belum dijelaskan oleh pihak pengembang PUBG Mobile.

Street Fighter V

Street Fighter V merupakan game pertarungan satu lawan satu yang dikembangkan oleh Capcom yang bekerja sama dengan Dimp. Dalam Street Fighter V: Champion Edition terdapat 40 karakter, 34 stages, dan penambahan lebih dari 200 kostum baru yang bisa digunakan pemain.

Tentunya karena ini adalah game perkelahian, pemain yang lebih dulu mampu menghabisi lawan akan menjadi pemenangnya.

Selain delapan game di atas, game berjudul AESF Robot Masters dan AESF VR Sports akan menjadi judul demonstrasi dalam penggelaran Asian Games 2022.

Karena masuk ke dalam cabor esport Asian games yang dipertandingkan, pemenang dari masing-masing cabang esport tersebut akan mendapatkan medali.

Medali yang didapatkan akan dihitung dan digabung dengan medali perolehan cabang lain negara peserta.