Cara Menjadi Esports Caster atau Commentator Profesional

Esports caster sekarang bukanlah lagi untuk dunia bermain anak-anak dan remaja di dunia maya. Derajatnya bahkan sudah naik menjadi cabang olahraga yang dikompetisikan secara regional bahkan global.

Bila kamu tertarik mendalami dunia ini sebagai hobi sekaligus profesi, tetapi ingin mencoba profesi lain selain menjadi atlet esports, berikut kami akan berikan cara-cara menjadi esports caster atau commentator.

Apa itu Esports Caster atau Komentator Esports?

Seperti halnya seorang komentator di dunia olahraga, di Esports juga terdapat satu atau dua komentator yang memberikan komentar dan pendapatnya terhadap permainan yang sedang berlangsung. Tentu saja komentar-komentar mereka tidak didengar oleh para pemain, melainkan pada penonton.

Bedakan komentator dengan host atau MC yang memulai jalannya sebuah kompetisi. Komentator memberikan analisa jalannya permainan termasuk keputusan-keputusan yang diambil oleh masing-masing pemain dan tim. Hal ini dapat membuat permainan lebih hidup daripada hanya sekedar menontonnya saja.

7 Tips Menjadi Seorang Caster Esports

Ada setidaknya tujuh tips yang wajib kamu pahami saat akan menjadi seorang caster atau komentator. Beberapa diantaranya adalah menguasai permainan yang akan dikomentari dan rutin latihan berbicara dengan percaya diri. Kamu juga wajib membawa suasana yang menarik dan semangat dalam permainan.

Selain itu, seorang caster juga perlu menemukan karakter menariknya sendiri dan fokus ketika membahas momen-momen penting. Jangan hanya membahas seputar pertandingan saja. Untuk menambah wawasan, coba bergabung dalam komunitas Esports.

Berikut kami akan bahas per poin secara mendalam.

1. Menguasai Permainan yang Akan Dikomentari

Kamu mengenal istilah “Tak kenal maka tak sayang” dan ini juga berlaku ketika kamu ingin menjadi seorang caster. Bila kamu tak mengerti gamenya sendiri luar dan dalam, maka kamu akan mengalami kesulitan dalam menjelaskan apa yang terjadi ketika pertandingan berlangsung.

Kamu perlu setidaknya mencoba game yang mau kamu komentari, lalu mengerti dasar-dasarnya di permainan tersebut. Perhatikan juga unsur-unsur yang tidak kalah pentingnya seperti kapan dan apa yang berubah dari update versi terbarunya.

2. Latihan Berbicara dengan Percaya Diri

Namanya Caster yang mengandalkan suara sebagai senjata utamanya, kamu perlu melatih kemampuan berbicaramu. Usahakan intonasi dan artikulasi setiap kata yang keluar jelas dan terdengar dengan baik.

Kamu bisa berlatih di depan cermin untuk meningkatkan rasa percaya dirimu. Meskipun kebanyakan para esports caster tidak banyak menampilkan wajah dan bahasa tubuh ketika memberikan komentar, posisi dan penampilanmu secara tidak langsung mempengaruhi kualitas suaramu juga.

3. Bawa Suasana yang Menarik dan Semangat dalam Permainan

Seorang komentator selain memberikan analisa dan penjelasan terhadap setiap aspek menarik di permainan. Selain itu komentator juga perlu membawakannya dengan menarik dan semangat agar para penonton lebih tertarik untuk menonton jalannya pertandingan sampai akhir.

Semangat disini bukan berarti kamu selalu menyampaikan segala sesuatunya dengan intonasi tinggi yang dipaksakan. Bawa semangatmu dengan cara yang natural dan sewajarnya. Kamu bisa melihat contoh-contoh caster Esports profesional lain ketika melakukannya.

4. Temukan Karakter Menarikmu

Niche atau karakter adalah yang membedakan seorang caster atau komentator dengan orang lain di profesi yang sama. Kamu juga perlu untuk mencari karaktermu yang berbeda dan unik dibandingkan para caster lainnya. Buat itu seoriginal mungkin.

5. Fokus ketika Membahas Momen-Momen Penting

Seperti komentator olahraga lain, seorang komentator Esports perlu melakukan highlight atau menyorot momen-momen penting yang terjadi saat pertandingan berlangsung. Untuk itu kamu perlu fokus dalam melihat dan memantau jalannya pertandingan sambil memberikan analisa di permainan.

Umumnya momen-momen dalam dunia Esports merupakan sesuatu yang repetitif seperti mengambil atau mencuri objektif dan melakukan war. Kamu bisa mencatatnya lebih dulu dan mungkin mempersiapkan script khusus untuk itu.

6. Jangan Hanya Fokus pada Pertandingan

Tips ini sedikit berlawanan dengan poin sebelumnya. Namanya juga manusia pasti di satu titik akan mengalami yang namanya kejenuhan bila membahas sesuatu yang sama berulang-ulang. Untuk mengatasi itu biasanya caster membahas hal-hal lain yang masih berkaitan dengan pertandingan.

Untuk itu kamu perlu memperluas pengetahuanmu dengan hal-hal lain di luar pertandingan seperti mencari tahu profil para pemain dan persiapan panitia penyelenggara perlombaan. Siapa tahu informasi-informasi ini bisa kamu pakai ketika kehabisan topik saat melakukan casting.

7. Bergabung dalam Komunitas Esports

Tips yang terakhir adalah melibatkan diri dalam komunitas Esports. Hal ini berguna selain untuk menambah koneksi juga saling melengkapi informasi mengenai event terbaru seperti kompetisi. Ini bisa menjadi pintu kesempatanmu untuk mencoba mendaftar sebagai caster atau komentator di acara tersebut.

Demikian 7 tips yang bisa kami berikan bagi kamu yang ingin menjadi seorang Esports Caster atau komentator di dunia Esports. Sebelumnya kamu perlu membulatkan tekad bila ingin terjun dan menjadi seorang caster profesional. Semoga sukses dan berhasil!