Fakta Menarik Tentang Jagal Manchester United: Pascal Gross

Kekalahan tak terbayangkan bendera Manchester United saat tanding melawan Brighton di laga awal Premier League 2022/2023 di Old Trafford, Minggu (07/08/2022) malam. Kekalahan ini tidak lepas dari peran beringas gelandang Brighton & Hove Albion, Pascal Gross.

Tidak ada yang menyangka bahwa pria kelahiran 15 Juni 1991 tersebut dapat membobol pertahanan MU dan menyarangkan gol telaknya di gawang mereka. Kegembiraan bagi klub medioker tersebut menjadi momok menakutkan bagi klub asal kota Manchester, Inggris, tersebut.

Fakta Menarik Tentang Jagal Manchester United: Pascal Gross

Nama Pascal Gross mungkin belum setenar deretan bintang besar seperti Ronaldo, David Beckham dan lain sebagainya. Tapi kiprahnya di dunia sepakbola sangat cemerlang dan inilah beberapa fakta menarik tentangnya.

1. Profil

Pria berkebangsaan Jerman ini adalah gelandang dari Brighton & Hove Albion. Lahir di Mannheim, Jerman dengan tinggi 1,81 m mengantarkannya menjadi pesepakbola profesional. Gross bermain di level pemain muda internasional untuk Jerman.

Gross memulai karir profesionalnya dalam laga Bundesliga untuk 1899 Hoffenheim pada 2 Mei 2009. Dalam laga perdananya tersebut, klubnya harus menelan kekalahan terhadap Vfl Wolfsburg dengan skor 0-4.

Gol pertama dalam karir seniornya tercetak pada saat dia berlaga bersama Hoffenheim II melawan Stuttgarter Kickers II pada 16 Agustus 2009. Pada Januari 2011, he ditransfer ke Karlsruher SC bersama rekan satu timnya di Hoffenheim, Marco Terrazzino.

Meskipun lebih nyaman bermain sebagai gelandang tengah, namun Gross juga dapat bermain apik ketika diharuskan menjaga posisi sayap maupun gelandang serang. Bakatnya ini diturunkan oleh sang ayah, Stephan Gross yang juga adalah pesepakbola untuk klub Karlsruher SC.

2. Sekilas Pertandingan Melawan MU

Kunjungan Brighton di kandang klub Setan Merah disambut dengan percaya diri di awal permainan. Namun pada menit ke-30 dan 39, gawang yang dijaga ketat oleh David de Gea ini harus rela kebobolan karena tendangan Pascal Gross.

Hingga akhir pertandingan, MU tidak mampu mencetak gol balasan satu kali pun ke gawang Brighton. Peluang menang mereka terbuka tipis berkat gol bunuh diri Alexis Mac Allister. Walau demikian, MU tetap harus menelan kekalahan dengan  skor 1-2.

3. MU Lawan Favorit Gross

Selama gelaran Premier League, Gross tercatat sudah menyarangkan 6 gol ke gawang MU. Ini berarti dua kali lebih banyak dari skor yang dicatatkan ketika pertandingan melawan tim lainnya. Dengan kata lain, skor ini menandakan sebagai gol yang paling banyak dicatatkan Brighton di PL.

Gross sendiri pernah mengungkapkan keinginan untuk bisa mengalahkan MU. Berkat gol Gross pula, akhirnya The Seagulls dapat mencatatkan sejarah. Inilah kali pertama mereka dapat menekuk Manchester United di kandang mereka sendiri.

Gross sudah beberapa kali bertemu dengan squad Old Trafford tersebut. Dalam setiap kesempatan, dia selalu menggunakan kemampuan terbaiknya untuk bisa menorehkan kemenangan. Tidak semua gol dapat didaratkan sempurna, walau demikian, Gross tetap adalah pemain yang cukup ditakuti,

4. Rekor Gross

Dalam wawancaranya bersama dengan BBC Sports, Gross mengungkapkan bahwa dia sebenarnya juga ingin mencetak gol ke gawang tim lain sebanyak gol yang dia cetak ke gawang MU. Walau demikian, semua terjadi di luar rencana.

Sejarah mencatat sudah tiga kali gelandang Brighton tersebut menjadi tonggak kemenangan saat melawan the Red Devils. Kemenangan yang sama pernah dia torehkan pada Mei 2018 dan Agustus 2018 di laga Premier League.

5. Man of The Match

Bisa dikatakan memang MU bermain tidak dalam performa terbaiknya ketika menjamu Brighton. Buktinya baru di menit kedua pertandingan, gawang mereka nyaris bobol karena tendangan Leandro Trossard.

Meski berusaha menyerang, namun pada akhirnya Gross berhasil membobol gawang lewat tendangan mendatar di menit ke 30. Hanya selang 9 menit, gol kedua juga kembali bersarang di gawang MU.

Meskipun sempat terpelintir karena gol bunuh diri, namun harus diakui bahwa Brighton tetap bisa bermain unggul. Bukan hanya berkat Gross sang gelandang kanan, tetapi segenap tim the Seagulls juga bermain apik.

Namun memang di antara rekan satu timnya, Gross merupakan pemain yang menonjol malam itu sehingga dianugerahi gelar Man of the Match.

6. Statistik Pascal Gross

Selama pertandingan kemarin, WhoScored mencatat ada tiga serangan yang dilayangkan Gross ke gawang Manchester United. Satu tendangan gagal dieksekusi dengan baik dan dua gol terbaik membuahkan hasil sempurna.

Bukan hanya itu, tercatat ada pula satu keypass yang dilesakkan Gross dan juga lima umpan silang. Namun sayangnya, empat dari lima usaha tersebut harus meleset. Terdapat pula tiga percobaan umpan panjang yang gagal selama pertandingan.

Kegagalan lain yang harus rela ditelan Gross adalah umpan terobosannya yang tetap saja tidak berhasil ditangkap rekannya dengan baik.

Kekalahan Manchester United dalam laga awal Premier League ini tak ayal membuat Old Trafford banjir air mata. Tunduknya pasukan Erik Ten Hag ini membuat mereka harus puas berada di peringkat ke-13 klasemen sementara Premier League.