Frustasinya Penggemar Sepak Bola di Euro 2020 Karena Pandemi

Turnamen kejuaraan sepak bole yang lebih akrab disebut dengan Euro tahun 2020 kemarin, terpaksa harus batal karena adanya pandemi. Hal ini membuat para penggemar sepak bola merasa frustasi, karena tidak bisa menyaksikan pertandingan tersebut.

Awalnya, pertandingan Euro 2020 akan berlangsung di 11 kota di dunia. Bahkan untuk para fans fanatik, rela berpindah-pindah negara untuk menyaksikan langsung pertandingan Euro 2020 tersebut. Namun turnamen kejuaraan terpaksa harus ditunda dan dilaksanakan di tahun 2021.

Apakah para Penggemar Sepak Bola Boleh Menonton Langsung di Stadion?

Pertandingan sepak bola di musim laga tetap harus dilakukan di tahun 2021 kemarin, walaupun nyaris tak ada penonton yang menonton secara langsung di stadion. Untuk beberapa negara memang membolehkan para penggemar menonton langsung di stadion sepak bola.

Bahkan pertandingan Jerman melawan Perancis diharapkan bisa menjaring belasan ribu penonton di stadion. Pada bulan April akhir sama dengan Kota Dublin dan Bilbao, Kota Munchen sempat dilarang untuk menyelenggarakan pertandingan oleh UEFA.

Jadi, saat itu UEFA hanya memberlakukan beberapa pertandingan saja dengan rata-rata jumlah penonton di stadion sekitar 14.500 penonton. Walikotanya sendiri tidak bisa menjamin akan ada penonton yang datang ke stadion.

Namun penyesuaian tetap harus dilakukan di stadion karena masih berlangsungnya pandemi saat itu. Sehingga banyak sekali para penggemar sepak bola yang kecewa, karena menonton bola di stadion tidak seasyik dulu.

Apalagi banyak sekali pembatasan yang dilakukan pemerintah setempat, demi terselenggaranya Euro 2020 yang aman dan sesuai protokol kesehatan.

Beberapa Hal yang Membuat Penonton Kecewa di Euro 2020

Ada banyak hal yang membuat para penggemar kecewa dengan berlangsungnya Euro 2020 tersebut. Walaupun pada akhirnya pertandingan masih bisa berlangsung di tahun berikutnya, tetapi mereka tidak bisa menonton dengan bebas di stadion seperti dulu.

Berikut ini beberapa hal yang membuat para penyuka sepak bola yang menunggu Euro 2020 kecewa karena masa pandemi:

1. Pembatasan Perjalanan dan Pembatalan Tiket

UEFA juga telah membatalkan ribuan tiket yang sudah dibeli sejak tahun 2019 sebelum masa pandemi. Alasannya adalah, kapasitas penonton di stadion yang jumlahnya dibatasi.

Bahkan 10 dari 11 stadion yang menjadi tuan rumah Euro 2020 hanya bisa beroperasi dengan jumlah penonton yang terbatas. Stadion yang bisa terisi secara penuh saat itu hanyalah stadion Budapest dan Stadion Puskas Arena yang merupakan ibu Kota Hungaria.

Selain itu, UEFA juga menjual tiket dengan harga yang lebih mahal dari harga normal. Tapi sebaliknya sponsor acara banyak yang membagikan tiket gratis secara promo. Itulah yang membuat pada fans sepak bola tersebut frustasi dengan kekacauan harga tiket tersebut.

Ada pula penonton yang berasal dari Negara Inggris membatalkan perjalanannya ke Jerman, karena adanya pembatasan perjalanan dari Inggris ke Jerman saat itu. Sehingga ia hanya bisa menonton di rumah saja.

Banyak juga pelancong yang berasal dari Inggris Raya dan dari Belanda yang harus dikarantina terlebih dulu dalam waktu 10 hari. Lebih parah lagi Negara Denmark tidak mengizinkan siapapun dari negara lain masuk ke negaranya.

2. Penggemar Sepak Bola yang Frustasi dan Bingung

Tim sepak bola Jerman memainkan tiga buah pertandingan ditambah dengan pertandingan di perempat final, yang diselenggarakan di Kota Munchen. Maka warga Jerman yang belum membatalkan tiket bisa menonton di Munchen saja.

Namun untuk para fans yang merupakan warga Jerman, hal itu membuat mereka frustasi dan bingung karena tidak bisa menonton pertandingan di luar negeri. Mereka juga beranggapan bahwa menonton pertandingan di Jerman terlalu biasa dan membosankan.

Hal membosankan dan tidak seru lainnya dalam menonton pertandingan Euro 2020 di tahun kemarin, adalah harus menggunakan masker selama pertandingan berlangsung. Hal itu berbanding terbalik dengan menonton pertandingan sepak bola sebelumnya.

Maka sebagian besar orang memilih untuk menonton di negaranya masing-masing, baik di rumah, pub yang menyelenggarakan nobar, dan sebagainya.

Tips Nonton Bola Online

Untuk kamu yang memilih untuk menonton pertandingan sepak bola secara online atau di rumah saja, ikuti sejumlah tipsnya berikut ini agar acara menonton kamu tetap nyaman:

1. Mempersiapkan Koneksi Internet yang Stabil

Menonton sepak bola secara online tentu mengandalkan koneksi internet yang stabil sepanjang pertandingan berlangsung. Siaran sepak bola dengan kualitas tinggi, maka kecepatan koneksi internetnya pun harus tinggi.

Tapi jika Anda tidak memiliki koneksi internet yang memadai di rumah, sebaiknya nobar di rumah teman atau di café/warkop agar lebih efektif. Acara nonton bola pun tidak akan terganggu.

2. Mengisi Kuota Internet

Sebelum menonton pertandingan sepak bola isi kuotanya terlebih dulu. Supaya menontong pertandingan di HP atau di TV secara online bisa dilakukan dengan nyaman.

Rasanya akan konyol jika sedang asyik menonton sepak bola secara online kemudian di tengah permainan kuota internet habis. Untuk menghemat kuota, pilih pertandingan untuk klub sepak bola terfavorit saja. Agar kuota kamu tidak mudah habis.

3. Memilih Situs Streaming Terbaik

Temukan channel streaming terbaik yang memiliki kualitas gambar bagus, tidak banyak gangguan, dan jumlah iklan tayangnya pun tidak banyak. Iklan yang terlalu banyak muncul juga bisa membuat kuota cepat habis.

4. Menonton Cuplikannya di Youtube

Apabila kamu tidak bisa menonton pertandingan bola secara langsung maka tonton cuplikannya terlebih dulu di Youtube.

Walaupun Euro 2020 membuat para penggemar sepak bola kecewa, bingung, dan frustasi tapi kamu masih bisa menonton secara online. Banyak pilihan aplikasi live streaming terbaik untuk menonton pertandingan bola.