9 Algojo Penalti Terbaik Dari Pemain Sepak Bola Eropa

Pesepak bola Eropa memang kerap kalo mencuri perhatian para pecinta bola. Contohnya saja pemain kawakan Christiano Ronaldo yang sudah sangat populer dengan taktik permainannya yang sangat bagus. Bahkan Ronaldo juga dikenal sebagai salah satu algojo penalti terbaik dunia.

Bagaimana tidak, dalam sepak bola tidak hanya pera bek sayap dan penyerang depan saja yang perku jadi perhatian. Kemampuan dalam menjadi algojo penalti juga sangat penting untuk dipertimbangkan. Cetakan gol dalam penalti bisa menjadi penentu kesuksesan tim sepak bola yang sedang dimainkan.

Beberapa Algojo Penalti Terbaik Eropa

Christinao Ronaldo memang dikenal sebagai pemain unggulan dengan segala prestasinya dalam dunia sepak bola. Bahkan tidak hanya dalam hal penyerangan, dalam hal pertahanan dan tendangan penalti pun kerap kali dapat ditaklukkannya.

Namun tahukah Anda bahwa ada banyak algojo penalti terbaik dunia yang juga merupakan pesepak bola Eropa. Beberapa diantaranya adalah:

1. Harry Kane

Harry Kane sendiri merupakan pemain dengan posisi striker Totennham Hotspur. Salah satu pemain terbaik Inggris ini dinilai cukup baik dalam mencetak gol. Bagaimana tidak, dalam jumlah 44 pertandingan sepak bola, sebanyak 37 kali ia mampu mencetak gol.

Karir terbaiknya tidak hanya dimainkan dalam level klub, namun juga dalam timnas Inggris tempat ia berasal. 37 gol penalti yang sudah berhasil dilakukan oleh Harry Kane ini berlangsung dari tahun 2013 hingga 2020.

Meski begitu, bukan berarti Harry tidak pernah melakukan kegagalan. Pemain klub Inggris ini melakukan kegagalan tendangan penalti sebanyak 7 kali dalam tahun 2011 hingga 2019.

2. Paulo Dybala

Beralih dari Harry Kane pemain klub Inggris, kini ada Paulo Dybala yang merupakan pemain asal timnas Argentina. Tendangannya yang kerap mencetak gol, membuatnya berada dalam posisi yang paling diandalkan sebagai algojo penalti dalam klub Juve atau Juventus.

Tak kalah keren dari pemain sepak bola dunia lainnya, sejarah telah mencatat Paulo Dybala yang mencetak sebanyak 22 gol dari 26 kesempatan penalti. Tentu ini merupakan bakat yang harus terus dipertahankan.

22 tendangan penalti yang berhasil diraih Paulo ini berlangsung dari tahun 2014 hingga 2020. Sedangkan dalam beberapa kesempatan, Paulo juga sempat gagal dalam kesempatan penalti sebanyak 4 kali di tahun 2011 hingga 2018.

3. Sergio Ramos

Nama Sergio Ramos memang sudah sangat familiar di kalangan pesepak bola Eropa. Pemain asal klub Real Madrid dan Timnas ini dikenal memiliki posisi pemain bertahan. Meski ada di posisi tersebut, namun tendangan penaltinya tidak bisa diremehkan.

Pasalnya dalam 29 kesempatan tendangan penalti, hanya 3 kali Sergio Ramos gagal. Artinya sudah sebanyak 26 kali pemain bertahan ini berhasil mencetak gol penalti. Keberhasilan tendangan penalti yang diraihnya ini berlangsung dari tahun 2010 hingga 2020.

Sedangkan kegagalan penaltinya yang hanya sebanyak 3 kali, terjadi pada tahun 2012 hingga 2018. Kepiawaiannya dalam menjadi algojo penalti ini, lantas menjadikannya sebagai pemain andalan dalam klub Real Madrid.

Tak hanya itu, prestasinya ini juga membawa namanya semakin unggul dalam dunia sepak bola Eropa. Tak heran jika Sergio Ramos menyandang sebutan sebagai salah satu pemain terbaik dunia.

4. Luka Milivojevic

Luka Milivojevic mendapat sebutan nama lain, yakni Gelandang Crytal Palace. Pemain asal Serbia ini tak kalah bagus dengan pesepak bola Eropa lain yang punya kemampuan sebagai algojo penalti. Luka Milivojevic ini sempat diberikan kesempatan penti sebanyak 24 kali.

Dan dari 24 kesempatan tersebut, Luka berhasil mencetak golnya hingga 21 kali. Kesempatan yang berhasil diraihnya sebanyak 21 kali ini berlangsung dari musim tahun 2016 hingga musim tahun 2020. Sedangkan kegagalannya yang hanya 3 kali ini, berlangsung dari musim tahun 2011 hingga 2019.

Mencetak gol dari titik putih lapangan memang terlihat mudah dilakukan, namun tanpa taktik jitu, gol ke gawang lawan tidak akan dengan mudah dicetak. Dengan kelihaian tendangannya, Luka mampu menjadi salah satu algojo penalti terbaik di kalangan pesepak bola Eropa.

5. James Milner

Nama James Milner melambung cukup tinggi dalam tim klub Liverpool. Pasalnya James ini juga punya sebutan mama lain, yakni Gelandang Gaek. Dibandingkan pemain lainnya, James Milner ini juga tergolong sebagai salah satu pemain andalan Liverpool.

Bagaimana tidak, James mendapatkan cukup banyak kesempatan tendangan penalti. Dari 35 kesempatan tersebut, sudah ada 30 tendangan penalti yang berhasil diraihnya.

Pengalamannya yang sangat apik dalam mencetak gol ini tentu dimanfaatkan dengan baik oleh tim klub Liverpool. Hingga kini James Milner masih menjadi pemain terbaik yang ada di Liverpool.

Adapun cetakan gol penalti yang pernah diraihnya ini, berhasil didapat pada musim permainan tahun  2007 hingga 2020. Sedangkan 5 tendangan gagalnya dialami pada musim permainan tahun 2008 hingga 2018.

6. Jorginho

Dari Liverpool kini beralih ke tim klub sepak bola Chelsea. Salah satu algojo penalti terbaik Chelsea tak lain adalah Jorginho.

Jika dilihat dari perbandingan keberhasilan dan kegagalan cetakan gol penalti, bisa dibilang Jorginho ini jauh lebih baik dari beberapa algojo penalti yang sudah disebutkan di atas.

Pasalnya pemain Chelsea yang mendapat sebutan Gelandang Chelsea ini sempat mendapat kesempatan penalti sebanyak 21 kali. Dan dari 21 kesempatan tersebut, hanya satu kegagalan yang dialami oleh Jorginho.

Tentu saja hal tersebut menjadi prestasi yang sangat membanggakan bagi klub Chelsea. Tak ayal nama Jorginho cukup populer sebagai salah satu algojo terbaik sepak bola klub Eropa. 20 cetakan gol yang berhasil diraih Jorginho ini terjadi dari tahun 2014-2020.

7. Ryad Boudebouz

Meskipun mama Ryas Boudebouz ini kenyataannya tak sepopuler Ronaldo, namun keahliannya sebagai algojo penalti tak dapat diremehkan. Bahkan perbandingan keberhasilannya bisa disaingkan dengan Jorginho.

Ryad sendiri merupakan pemain Saint Etienne. Ia mendapatkan kesempatan penalti sebanyak 24 kali. Dan dalam kesempatan tersebut keberhasilan yang mampu diraihnya sebanyak 23 kali, alias hanya gagal satu kali saja. Keren bukan?

8. Robert Lewandowski

Robert Lewandowski merupakan pemain dengan posisi stiker dalam Timnas Polandia. Selain itu Robert juga bermain dengan bagus dalam klub Bayern Muenchen. Cukup banyak kesempatan penalti yang diperoleh Robert Lewandoski, hingga 51 kali.

Dari 51 kali kesempatan, Robert hanya gagal cetak gol penalti sebanyak 5 kali. Dari kemampuan dan kelihaiannya ini, Robert bahkan dijuluki sebagai bomber terbaik Eropa.

9. Christiano Ronaldo

Siapa yang tak kenal dengan pemain sepak bola Eropa yang satu ini? Hampir semua pecinta sepak bola mengenal nama Christiano Ronaldo. Pemain yang pernah jadi kapten Portugal ini punya kepiawaian dalam melakukan serangan tendangan dari sisi manapun.

Bahkan Ronaldo juga mampu mencetak gol dari kesempatan penalti yang diberikan padanya dengan mudan. Ia sempat mendapat 126 kesempatan, dengan 24 kali kegagalan dan sisanya berhasil.

Beberapa algojo penalti terbaik dalam sepak bola Eropa tersebut memang tidak semuanya diken secara populer. Namun keahliannya dalam mempertahankan tendangan penalti yang sangat bagus tersebut, patut diacungi jempol dan menjadi teladan para pemain sepak bola dunia.