5 Fitur Facebook Terbaik Beserta Fungsinya

Sejak diluncurkan pada 2004 silam, popularitas Facebook nyaris tidak pernah turun. Jumlah pengguna di Indonesia bahkan selalu bertambah karena FB termasuk media sosial yang menawarkan banyak fitur menarik. Lalu, apa saja fitur Facebook terbaik yang menjadi unggulan aplikasi ini?

Daftar Fitur Facebook Terbaik

Setiap media sosial pasti dilengkapi dengan berbagai fitur untuk memudahkan para pengguna selama memainkan platfrom online tersebut. Facebook termasuk aplikasi favorit yang digunakan lebih dari 175 juta orang di Indonesia yang menawarkan fitur lengkap.

Berikut 5 fitur terbaik dan fungsinya yang dihadirkan oleh FB:

1. Reaction

Reaction merupakan fitur Facebook terbaik yang memberikan kesempatan bagi para pengguna untuk menanggapi unggahan dari pengguna lain. Fitur ini menampilkan sederet emoji yang melambangkan beragam ekspresi sehingga lebih spesifik dalam memberikan tanggapan.

Emoji yang tersedia antara lain ekspresi suka atau like bertanda jempol, super bertanda emoji hati, peduli, wow atau takjub, sedih, marah dan tertawa atau ‘haha’. Setiap emoji ditampilkan bergerak sehingga kesan ekspresifnya sangat terasa.

Fitur reaction milik Facebook memang menarik karena pengguna dapat memilih ekspresi yang lebih mengena. Jika unggahan teman berisi kesedihan, maka emoji peduli atau sedih bisa menjadi pilihan. Jadi, tidak hanya sekadar reaction suka atau like yang terkesan umum.

2. Facebook Messenger

Pada 2008 silam, messenger diluncurkan oleh Facebook sebagai layanan chatting dalam aplikasi. Lalu pada tahun 2010, Facebook mengembangkan messenger menjadi aplikasi perpesanan mandiri yang bisa diakses tanpa harus menginstal aplikasi FB.

Melalui messenger, pengguna dapat memanfaatkan layanan sebagai berikut:

  1. Membagikan foto, stiker, GIF dan pesan suara;
  2. Mengubah warna room chat sesuai keinginan;
  3. Menambahkan efek animasi dalam percakapan;
  4. Mengaktifkan “vanish mode” untuk menghilangkan pesan setelah messenger ditutup;
  5. Melakukan panggilan video sambil menonton film, acara TV, IGTV, Reel IG dan video dari Facebook Watch bersama dengan teman atau keluarga yang tergabung dalam panggilan video tersebut.

3. Album dan Koleksi

Facebook menyediakan fitur album yang berfungsi sebagai tempat menyimpan unggahan foto. Pengguna dapat membuat album yang berisi banyak foto sesuai dengan kategori masing-masing. Misalnya foto selama prosesi wisuda, maka bisa menamai album dengan “Foto Wisuda”.

Jika hanya ingin mengunggah foto untuk koleksi pribadi, maka pengguna cukup mengubah privasi menjadi “Hanya Saya”. Artinya, album tersebut hanya bisa dilihat oleh pemilik akun, sedangkan pengguna lain tidak mempunyai akses ke album tersebut.

Selain unggahan foto milik sendiri, Facebook juga memberikan kesempatan untuk menyimpan foto maupun video menarik yang diunggah oleh pengguna lain. Caranya yakni:

  1. Pilih tanda titik tiga pada postingan yang dianggap menarik kemudian tekan pilihan “Simpan Postingan”;
  2. Setelah itu, pilih “Buat Koleksi” lalu namai koleksi tersebut sesuai kategori foto yang disimpan sehingga mudah dicari.

4. Filter Bar

Fitur Facebook terbaik bernama filter bar merupakan fitur baru yang menyulap news feed Facebook menjadi lebih nyaman untuk dijelajahi. Fungsi filter bar adalah menampilkan konten pada timeline yang disusun secara kronologis sesuai keinginan pengguna.

Jadi, dalam filter bar terdapat 3 pilihan tab yang meliputi:

  1. Jika pilihan ini diaktifkan, maka news feed akan menampilkan postingan-postingan terbaik yang berasal dari berbagai akun;
  2. Jika memilih opsi ini, maka tampilan news feed akan berisi postingan-postingan terbaru yang diunggah oleh pengguna lain;
  3. Opsi ini akan menampilkan news feed yang berisi postingan dari teman dekat di Facebook. Pengguna dapat memasukkan 30 teman ke dalam daftar ‘favorites’ sehingga konten yang mereka unggah akan diprioritaskan untuk ditampilkan.

5. Marketplace

Tidak hanya platform untuk bersosialisasi dalam ruang virtual, Facebook juga telah berkembang sebagai tempat jual beli online dengan menghadirkan fitur marketplace. Melalui fitur ini, pengguna memiliki kesempatan untuk menjual berbagai produk secara lebih praktis.

Kategori produk yang dijual dapat berupa makanan, minuman, kendaraan, barang elektronik, pakaian, perhiasan, aksesoris, peralatan rumah tangga hingga barang antik. Fitur marketplace juga berguna bagi para pembeli karena bisa menemukan barang yang diinginkan dengan cepat.

Tidak mengherankan jika jumlah pengguna selalu bertambah karena sederet fitur Facebook terbaik memang menarik dan berguna. Fitur tersebut memudahkan para pengguna selama memainkan media sosial ini sekaligus memberikan kesempatan besar untuk meraup keuntungan lewat jualan.