Fitur Handle Username di YouTube Gunakan At Sign

Pada Senin (10/10/2022), melalui blog resminya, YouTube merilis fitur “handle (@username)”. Handle username di YouTube ini berguna memudahkan para pembuat konten di YouTube untuk mempromosikan kanal (channel) mereka di platform YouTube dan media lain.

“Handle” dengan menggunakan simbol @ (at sign) akan digunakan untuk nama channel pengguna YouTube atau @username. Fitur ini akan mulai berfungsi paling lambat pada 14 November. Sebenarnya, penggunaan handle ini tidak asing lagi bagi pengguna media sosial.

Penggunaan handle username di YouTube mengikuti sistem yang sama dengan platform microblogging Twitter. Handle di YouTube sama seperti fitur mention di Twitter dan tag di Instagram. Bagaimana kegunaan fitur handle ini? Simak penjelasannya berikut ini.

Penggunaan Handle Username di YouTube

Fitur ini akan dimulai secara bertahap kepada seluruh pengguna yang juga dikenal sebagai pengguna reguler atau berbayar, mulai pekan depan. YouTube mengklaim bahwa akun YouTube tidak harus memiliki sejumlah pengikut tertentu untuk memiliki handle username.

Dengan adanya handle username ini, pengguna YouTube dapat dengan mudah mencari username atau ID pengguna lain. Fungsi penggunaan handle ini bagi pembuatan konten adalah mereka akan dapat dengan mudah menjangkau audiens secara lebih luas dan masif.

1. Bebas Desain Handle

Penggunaan handle username di YouTube ini dapat diaplikasikan untuk pembuat konten YouTube untuk berinteraksi dengan viewers di fitur YouTube Shorts, Kanal YouTube, deskripsi video, komentar, dan banyak lagi.

Jika kanal YouTube memiliki handle, maka dengan mengklik @username akan mengarahkan pengguna ke profil atau kanal username tersebut.

Namun, perlu diperhatikan bahwa fungsi handle username di YouTube ini tidak akan mengubah nama kanal yang dibuat. Handle atau biasa disebut username ini bisa bebas didesain sesuai keinginan pembuat konten atau penontonnya.

“Setiap saluran (kanal) akan memiliki handle yang unik, sehingga memudahkan penggemar untuk menemukan konten serta berinteraksi dengan pembuat konten yang disukai,” tulis pihak dari YouTube di laman resminya.

Sebenarnya, YouTube memang sudah menggunakan fitur username ini, tetapi fitur username yang lama tidak unik dan satu username dapat digunakan oleh beberapa pengguna.

Akun YouTube yang sudah memiliki alamat web (URL) yang dipersonalisasi secara otomatis disetel sebagai handle default untuk menghindari handle username serupa di masa mendatang. Kecuali jika pemilik akun memutuskan untuk mengubahnya sendiri.

Dalam laporan yang sama, fitur handle YouTube tersebut kemungkinan besar akan diluncurkan terlebih dahulu kepada pembuat konten yang memiliki basis subscribers yang lebih besar. Lalu secara bertahap handle dapat digunakan oleh semua pemilik akun YouTube.

Hal tersebut untuk mengetahui jumlah pembuat konten dan seberapa aktif kanal pembuat konten tersebut. Setelah pembuat konten atau penonton biasa mendapatkan handle username yang unik, YouTube akan membuat URL yang cocok dengan handle yang dibuat.

Handle username di YouTube Ini untuk memudahkan pembuat konten mempromosikan kanalnya di platform lain.

2. Penggunaan Handle Terbatas

Meski demikian, keberadaan fungsi handle ini sepertinya bukan hal baru lagi. Karena platform lain seperti Twitter, Instagram, Telegram, Facebook, dan TikTok sudah menawarkan fitur ini.

Namun, handle di YouTube masih dalam penggunaan yang terbatas. Handle hanya dapat digunakan untuk judul, deskripsi, atau komentar video selama siaran langsung. Misalnya: “@username”.

Selain itu, handle tidak dapat digunakan seperti saat melakukan diskusi. Cara lain untuk menggunakan handle username adalah pengguna dapat membalas komentar dari diskusi dengan menggunakan ikon “Balas” pada komentar yang ingin mereka balas.

Menurut laporan Tech Crunch, tambahan baru handle di YouTube terlihat sama dengan platform TikTok. Pertama, YouTube membuat fitur resolusi video yang memanjang (9:16). Kedua, perusahaan ini sekarang meluncurkan fitur handle di platform-nya.

YouTube berupa situs web untuk berbagi video dengan audiens yang luas. Penyesuaian pertama yang dilakukan YouTube adalah YouTube Shorts. Kali ini dirilislah fitur handle username di YouTube. Namun, fitur ini memang sudah ada di media sosial lain.

Dengan adanya fitur handle ini, para pembuat konten akan lebih mudah mempromosikan kanalnya ke audiens yang lebih luas. Bagi penonton biasa, handle username yang dibuat unik ini dapat digunakan untuk mencari username pengguna lain dengan mudah dan cepat.