7 Gaji Pemain Bola Tertinggi di Indonesia, Sampai Milyaran!

Memiliki profesi sebagai pemain sepak bola merupakan impian bagi setiap orang yang memang mencintai sepak bola. Tak perlu diragukan jika profesi satu ini dapat menghasilkan gaji dengan jumlah fantastis untuk setiap musim. Oleh sebab itu, banyak yang penasaran mengenai gaji pemain bola tertinggi di Indonesia.

Pendapatan setiap pemain sepak bola profesional tentu saja berbeda. Hal ini dapat dipengaruhi oleh performa, jam terbang, maupun faktor dan kebijakan lainnya sesuai dengan klub yang dibelanya masing-masing. Berikut adalah 7 pemain bola Indonesia yang mendapatkan gaji tertinggi. Siapa saja?

Gaji Pemain Bola Tertinggi di Indonesia

1. Stefano Lilipaly

Stefano Lilipaly lahir pada 10 Januari 1990 silam. Pria kelahiran asli Belanda ini merupakan pesepak bola profesional yang kini bermain di klub Borneo FC. Pengalaman serta performanya yang luar biasa membuat Stefano Lilipaly menjadi salah satu pemain yang memiliki gaji fantastis.

Stefano sendiri dikatakan memiliki pendapatan senilai 350 ribu euro atau 6,2 miliar rupiah. Gaji yang fantastis ini tentunya tak luput dari skill atau kemampuan dan performa Stefano dalam bermain sepak bola. Hal ini membuat Stefano masuk dalam daftar gaji pemain bola tertinggi yang ada di Indonesia.

Pemain sepak bola dengan tinggi 175 sentimeter ini sudah bergabung dengan klub senior sejak 2010 lalu. Awalnya Stefano bergabung dengan FC Utrecht dan tampil sebanyak 5 kali pada 2010 sampai 2012.

Setelahnya, Stefano bermain untuk tim Almere City dan Consadole Sapporo pada rentang waktu 2012 sampai 2014. Kemudian Stefano mengawali karier sepak bola di Indonesia pertama kali dengan bergabung bersama klub Persija pada 2015 lalu.

Beberapa tahun setelahnya, ia pun menjadi bagian dari Timnas Indonesia U-23 pada 2018. Atas segala pengalaman dan dedikasinya, tak heran jika Stefano Lilipaly mendapatkan gaji tertinggi.

2. Evan Dimas

Nama pemain sepak bola yang satu ini sudah sangat familiar di telinga para pecinta sepak bola tanah air. Pemain profesional yang lahir pada tanggal 13 Maret 1995 ini bergabung dengan klub Arema FC. Sebelum bergabung dengan Arema FC, Evan juga pernah bergabung dengan beberapa klub nasional lainnya.

Pada tahun 2014, ia menjadi bagian dari Bhayangkara FC. Kemudian pada tahun 2019 ia bergabung dengan Barito Putera, Persija Jakarta, hingga akhirnya bergabung dengan Arema FC pada 2022. Selain itu, Evan Dimas juga berhasil menjadi bagian dari Indonesia U-16, U-19, dan U-23.

Dirinya telah membuktikan bahwa performanya mampu membuatnya masuk ke dalam daftar gaji pemain bola tertinggi di Indonesia raya.

Diketahui gaji dari pemain timnas senior Evan Dimas diperkirakan mencapai 5,3 miliar per tahunnya. Hal ini tentu saja sangat sepadan dengan performa dan kerja keras Evan Dimas selama ini.

3. Febri Hariyadi

Febri Hariyadi merupakan seorang pemain sepak bola kelahiran 19 Februari 1996. Pemuda 26 tahun ini bermain sebagai posisi sayap kanan untuk klub kebanggaannya, Persib Bandung. Febri juga tampil sebagai pemain Timnas U-23 pada 2017 lalu.

Dikatakan bahwa dirinya menerima pendapatan sebesar 5,6 miliar per tahun. Hal itu pantas untuk didapatkan Febri Hariyadi dikarenakan performanya dalam dunia sepak bola yang luar biasa. Dirinya bahkan pernah menjadi salah satu pemain yang berlaga di SEA Games Malaysia tahun 2017.

Namun, walaupun gagal meraih emas waktu itu, Febri tetap bangga dan bersyukur atas kepercayaan yang telah diberikan kepadanya untuk ikut membela Indonesia. Baginya karier sepak bola yang digeluti sekarang adalah yang terpenting. Ia menjadikan kemampuannya sebagai sebuah investasi.

4. Marc Klok

Pemain dari klub Persib Bandung ini bermain untuk posisi gelandang tengah. Pria kelahiran Belanda, 20 April 1993 ini telah dinaturalisasi pada tahun 2020 yang lalu. Sebelumnya, ia juga pernah bergabung dengan banyak klub.

Marc Klok juga pernah bergabung bersama PSM Makassar. Selain itu, ia juga pernah bergabung dengan Persija Jakarta. Dirinya juga sudah banyak bermain untuk klub di Belanda, salah satunya adalah Jong FC Utrecht pada 2013 lalu.

Pemain naturalisasi yang sudah memiliki banyak pengalaman ini, membuat Marc Klok menjadi salah satu pemain sepak bola dengan gaji tertinggi di Indonesia.

Dikatakan jika ia mendapatkan 6,1 miliar bahkan lebih untuk setiap tahunnya. Hal ini membuat Marc Klok masuk dalam daftar gaji pemain bola tertinggi untuk Persib Bandung, bahkan di Indonesia.

5. Ilija Spasojevic

Ilija Spasojevic merupakan pemain yang saat ini membela Bali United. Pria kelahiran 11 September 1987 ini bermain sebagai posisi penyerang. Sebelumnya, pria yang akrab dipanggil Spaso ini juga pernah bermain dalam klub Persib Bandung.

Selain itu, Spaso juga bermain untuk negara asalnya terlebih dahulu yaitu Yugoslavia dalam Timnas U-17 dan U-19. Bahkan sepanjang karier sepak bolanya di Indonesia, Spaso sudah menciptakan lebih dari 60 gol. Dirinya merupakan pencetak gol terbanyak di Liga 1.

Atas kiprahnya dalam dunia sepak bola Indonesia, tentunya membuat Spaso mampu mendapatkan pendapatan yang tinggi. Dikabarkan jika Spaso mampu mendapatkan penghasilan dari nilai pasar hingga 5,2 miliar setiap tahunnya. Dikatakan bahwa ia bisa mendapat pendapatan yang lebih tinggi lagi.

6. Riko Simanjuntak

Riko merupakan salah satu pemain dari klub Persija Jakarta. Ia merupakan pemain dengan posisi gelandang sayap pada Liga 1. Sebelum bergabung dengan Persija, Riko Simanjuntak juga pernah bergabung dengan PSMS Medan, PS Bangka, Gresik United, dan Semen Padang FC.

Dalam kariernya, Riko pun berhasil memenangkan Piala Presiden tahun 2018, juara Liga 1, Piala Menpora dan banyak prestasi lainnya yang sudah ia buat. Riko merupakan pemain senior dengan dedikasi tinggi dalam dunia sepak bola. Usaha yang Riko lakukan tidak pernah setengah-setengah.

Performa Riko Simanjuntak sendiri telah membuatnya menjadi salah satu pemain sepak bola dengan gaji tertinggi. Dalam setiap tahunnya, Riko mendapatkan sekitar 5,2 miliar rupiah. Dikatakan juga bahwa ia bisa mendapatkan lebih hingga 6 miliar per tahunnya.

7. Osvaldo Haay

Pemain sepak bola profesional kelahiran 17 Mei 1998 ini merupakan pemain asal klub Persija Jakarta. Ia bermain sebagai posisi sayap dan gelandang serang. Pemuda kelahiran Jayapura Papua ini sebelumnya bermain dengan Persipura dan Persebaya hingga akhirnya ia bergabung dengan Persija.

Osvaldo juga ikut bermain untuk Timnas Indonesia U-23 demi membela tanah air. Sebagai pemain profesional yang mempunyai banyak pengalaman, membuat Osvaldo mendapatkan gaji sekitar 4,4 miliar per tahunnya. Benar-benar pendapatan yang tinggi untuk usia yang masih muda.

Dedikasi dan kerja keras yang luar biasa tidak akan mengkhianati hasil yang didapatkan bagi seorang pemain sepak bola.

Hal ini tentu saja tidak mudah karena menjadi seorang pemain sepak bola professional akan selalu membutuhkan keterampilan juga performa yang bagus. Tak heran jika gaji pemain bola tertinggi tersebut diraih oleh 7 pemain terbaik di atas.