Hasil Euro: 7 Fakta Italia yang Berhasil Melaju ke Final

Seperti yang telah diketahui bahwa pertandingan Euro hampir mencapai puncaknya. Semifinal sudah berhasil diadakan yang mana Italia menjadi salah satu tim yang lolos dan berhak melaju ke fina. Hasil Euro ini tentunya tidak serta merta didapatkan, berikut fakta unik tentang Tim Italia. 

Fakta Menarik Hasil Euro Tim Italia Berhasil Menuju ke Final 

Sebenarnya Italia menang berkat adu penalti saat melawan Spanyol di stadion London pada hari Rabu dinihari. Ia akan menghadapi Inggris di final nanti, setelah mengalahkan Denmark. Yuk simak 7 fakta timnas Italia yang keren ini: 

Kali Keempat Italia Lolos ke Final Euro 

Kali-Keempat-Italia-Lolos-ke-Final-Euro

Perlu diketahui bahwasanya ini adalah kali keempat Timnas Italia berhasil lolos ke final dalam pertandingan Euro. Pada tiga final sebelumnya, Italia berhasil menjadi juara di tahun 1968 dan mengalahkan Yugoslavia. 

Setelah itu pada tahun 2000 berhasil mengalahkan Prancis dan 2012 ditekuk oleh Spanyol. Tentunya kedudukan sekarang ini berbalik karena Spanyol dikalahkan terlebih dahulu oleh Italia di babak semifinal melalui adu penalti. 

Kali Kesepuluh Italia Lolos ke Final pada Turnamen besar Lainnya 

Kali-Kesepuluh-Italia-Lolos-ke-Final-pada-Turnamen-besar-Lainnya

Fakta menarik yang kedua Tim Italia berhasil masuk ke final kali kesepuluh di beberapa turnamen besar seperti Euro dan Piala Dunia. Jumlah dan prestasi ini tentunya semakin memperkuat bahwa Italia bukan tim sembarangan yang bisa dianggap remeh. 

Hal ini pun diakui oleh beberapa lawannya. Mengingat bahwa masuk final walaupun tidak juara itu sudah hebat karena berhasil mengalahkan sekian grup di pertandingan sebelumnya. 

Adu Penalti Keenam di Pentas Euro 

Adu-Penalti-Keenam-di-Pentas-Euro

Hasil Euro menunjukkan bahwasanya Italia bisa melaju final akibat adu penalti dengan lawan. Hal ini menambah rentetan data bahwa ternyata Italia sudah melakukan penalti enam kali dan memenangkan pertandingan 3 kali, sisanya mereka belum berhasil.  

Adu penalti juga menjadi pembuktian bahwa semua tim yang akan masuk ke babak final sudah berjuang sekuat tenaga menjaga benteng pertahanan dan melakukan penyerangan terhadap lawan. Jadi tidak ada perjuangan yang sia-sia. 

Rekor Kemenangan Italia 

Rekor-Kemenangan-Italia

Italia memang berhasil melangkah ke final. Namun rekor kemenangan di Euro termasuk kualifikasi dan tanpa adu penalti ada di angka 15 pertandingan dan 33 pertandingan tanpa kekalahan. 

Memiliki Lima Pemain dengan Torehan 2 Gol Lebih 

Memiliki-Lima-Pemain-dengan-Torehan-2-Gol-Lebih

Masyarakat perlu tahu bahwa Italia di pertandingan Euro 2021 ini menjadi tim kedua setelah Prancis yang memiliki lima pemain dengan mencetak gol lebih dari 2 kali dalam satu edisi, diantaranya adalah Matteo Pessina, Manuel Locatelli, Federico Chiesa, Lorenzo Insigne dan Ciro Immobile. 

Memainkan Dua Bek Tengah Andalan 

Memainkan-Dua-Bek-Tengah-Andalan

Fakta yang keenam, Timnas Italia memanfaatkan duo bek tengah yaitu Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini yang sudah pernah tampil di final Euro di tahun 2012. Namun pada saat itu, Italia mengalami kekalahan dari Spanyol dengan skor 0-4. 

Nampaknya hal tersebut tidak serta merta menyurutkan niat sang pelatih yang ingin menempatkan keduanya pada posisi yang sama di Final Euro 2021 ini. Mari lihat bagaimana hasilnya nanti, apakah Italia yang akan menang, atau justru Inggris?

Mematahkan Rekor 12 Gol Tim 

Mematahkan-Rekor-12-Gol-Tim

Apabila Italia berhasil menyumbang gol pada pertandingan final Euro 2021, maka ia akan mematahkan rekor 12 gol tim dalam kategori turnamen besar yang sudah pernah diraih sebelumnya yaitu Piala Dunia tahun 1934, 1982 dan 2006. 

Jadi itu dia beberapa fakta tentang Timnas Italia yang menurut hasil Euro 2021, akan melangkah ke babak final melawan Inggris. Momen ini sangat ditunggu bagi penggemar bola di belahan dunia. Sayangnya memang dilaksanakan pada dini hari karena waktu Indonesia dan Eropa berbeda. 

Apabila melihat prestasi yang sudah dicetak oleh Italia di atas, sangat sulit memprediksikan siapa yang akan menjadi juaranya, mengingat tim Inggris juga tak kalah hebat. Mereka juga memiliki pemain andalan dengan kemampuan yang mumpuni. 

Tetap nantikan hasil Euro 2021 ini ya dan jangan sampai ketinggalan siarannya. Pastikan mengikuti setiap menit jalannya pertandingan dan melihat siapa yang akan menjadi the winner selanjutnya.