5 Klub Sepak Bola Terkaya dan Pemain Termahal di BRI Liga 1

Sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat populer, terlebih Liga 1 Indonesia yang saat ini ramai untuk dibahas. Liga 1 Indonesia sendiri merupakan ajang sepak bola dengan urutan kasta tertinggi dan terbesar di Indonesia. Klub yang masuk ke Liga 1 merupakan klub yang telah memenuhi kualifikasi dan siap tanding.

BRI Liga 1 2021/2022 saat ini terdapat klub yang ikut bertanding dalam sepak bola Indonesia. Setidaknya terdiri dari 18 klub sepak bola yang bertanding di Liga 1. Tentunya klub yang masuk ke Liga 1 merupakan klub yang memiliki nilai tinggi dari klub Liga lainnya.

Liga 1 Indonesia saat ini tentunya ada klub yang memiliki kekayaan tertinggi dan pemain termahal yang bermain di Liga tersebut, untuk mengetahui klub mana saja yang memiliki kekayaan tertinggi dan pemain termahal, maka dalam tulisan ini akan di bahas, berikut ulasannya.

5 Klub Sepak Bola Terkaya di Liga 1 Indonesia

Klub sepak bola Indonesia beberapa diantaranya masuk pada klub sepak bola terkaya di Liga 1, hal tersebut berdasarkan total dari value yang dimilikinya. Liga 1 Indonesia sendiri merupakan kompetisi sepak bola yang cukup bergengsi.

Maka untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan dapat bersaing dengan klub yang lain, beberapa klub diantaranya mendatangkan pemain terbaik, bagus, dan mahal. Hal tersebut memperkuat skuad klub dan bisa bersaing untuk mendapatkan posisi teratas di kelasnya.

Mengetahui bagaimana suatu klub dianggap kaya dapat dilihat dari market value yang dimiliki klub tersebut. Sebetulnya ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi market value, diantaranya harga dari seluruh pemain yang dimiliki oleh klub. Mengutip dari Transfermarkt, mengemukakan bahwa terdapa 5 klub sepak bola terkaya di musim ini, yaitu:

1. Bali United

Posisi pertama yang menduduki klub bola terkaya di Indonesia adalah Bali United, tim asuh dari Stefano Teco Cigurra tersebut memiliki market value hingga 5,36 juta euro atau Rp 87,1 Milliar. Bali United memiliki beberapa pemain mahal, diantaranya seperti Brwa Nouri.

Selain itu, klub yang satu ini memiliki pemain Wlilliam Pacheo, lIja Spasojevic, dan Stefano Lilipaly yang dikenal sebagai pemain mahal. Selain itu, Bali United merekrut pemain Timnas Indonesia yang menjadi bintang lapangan dan bersinar pada Piala AFF 2020, yaitu Irfan Jaya.

2. Persib Bandung


Klub sepak bola urutan kedua yang masuk menjadi klub terkaya ialah Persib Bandung, klub yang satu ini memiliki nilai pasar sebesar 5,2 juta euro, setara dengan Rp84,5 miliar. Klub yang memiliki julukan Maung Bandung ini di asuh oleh Robert Rene Alberts, selain itu Persib Bandung termasuk pada tim skuad termewah.

Persib Bandung memiliki para pemain yang bagus dan mahal juga tentunya, diantaranya seperti Mac Klok sampai Nick Kuipers. Tentunya klub yang satu ini memiliki posisi dan kedudukan yang cukup besar dijajaran klub yang lainnya.

3. Persebaya Surabaya

Klub berikutnya ialah Persebaya Surabaya, merupakan besutan dari Aji Santoso. Persebaya memiliki value market sebesar 4,6 juta euro yaitu Rp 74,8 miliar. Persebaya memiliki julukan Bajul Ijo, tidak mau kalah dari klub di atas, persebaya memiliki pemain mahal yaitu Taisei Marukawa.

Selain itu terdapat pemain Timnas Indonesia yang ikut membela klub yang satu ini, yaitu Rachmat Irianto. Juga terdapat pemain legenda sepak bola nasioanl yaitu Bejo Sugianto yang terkenal sebagai pemain lokal dengan memiliki bayaran termahal yang ada di Persebaya.

4. Persija Jakarta

Urutan ke empat dipegang oleh Persija Jakarta, selisih antara Persebaya Surabaya dengan Persija Jakarta terpaut sangat tipis. Diketahui The Jakmania ini memiliki market value sebesar 4,59 euro atau Rp 74,6 miliar, Persija juga memiliki skuad yang mewah.

Persija Jakarta memiliki para pemain yang tidak kalah keren dan mahal, diantaranya ada Rohit Chand dan Marko Simic. Selain diperkuat oleh pemain luar, Persija juga memiliki pemain lokal yang tidak kalah jauh keren. Pemain lokal tersebut diantaranya seperti Andritany Ardhiyasa, Osvaldo Haay, dan Riko Simanjuntak.

5. Borneo FC

Posisi ke lima atau posisi terakhir yaitu jatuh pada Borneo FC, atau biasa dijuluki Pesut Etam. Klub yang satu ini memiliki value pemain hingga 4,5 juta euro yaitu Rp73,2 miliar. Borneo ini berbasis di Kota Samarinda, tentunya memiliki beberapa pemain mahal untuk memperkuat klub Borneo.

Pemain-pemain mahal yang ada di Borneo diantaranya seperti Kei Hirose, Javlon Guseynov, sampai Jonathan Bustos. Tentunya dengan para pemain tersebut membuat klub yang satu ini menjadi lebih gahar dan cukup kuat jika disejajarkan dengan klub yang lainnya.

Sederet klub sepak bola Indonesia di atas masuk pada tim terkaya di tahun 2022 sekarang ini, tentunya ini menjadi ajang duel yang sangat sengit dalam meraih poin teratas di klasemen Liga 1 Indonesia.

5 Pemain Termahal di Liga 1 Indonesia

Beberapa klub sepak bola yang ada di Indonesia memiliki pemain-pemain mahal untuk memperkuat tim mereka. Liga 1 2021/2022 menjadi ajang duel yang sengit dan sangat menarik untuk dibahas.

Persib Bandung menjadi klub sepak bola Indonesia yang memiliki banyak pemain mahal pada musim sekarang. Persib mampu menyumbang tiga daftar dari lima pemain termahal di Liga 1. Maka dari itu, berikut daftar 5 pemain termahal di BRI Liga 1, yaitu:

1. Marc Klok (Persib Bandung)

Marc Klor menjadi pemain termahal pada BRI Liga 1 2021/2022. Marc memiliki nilai transfernya sekitar Rp7,82 miliar, ia memiliki usia 28 tahun lahir di Amsterdam, Belanda. Marc sendiri bergabung dengan Persib Bandung pada 30 Juni 2021.

2. Brwa Nouri (Bali United)

Brwa Nouri merupakan pemain yang memiliki bayaran mahal, pemain yang berusia 34 tahun ini sebelumnya menjadi pemain termahal hingga posisinya tergeser oleh Marc Klor. Brwa memiliki nilai Rp7,39 miliar.

3. Nick Kuipers (Persib Bandung)

Pemain termahal berikutnya ialah Nick Kuipers yang merupakan pemain klub dari Persib Bandung. Nick berasal dari negara Belanda yang memiliki nilai 425 ribu euro atau Rp7,3 miliar, memiliki kenaikan 50 ribu euro dari Nick Kuipers yang sebelumnya. Hal tersebut karena Nick memberikan penampilan yang sangat bagus dan gemilang pada Piala Menpora 2021.

4. Bruno Cantanhee (Persib Bandung)

Berikunya yang menjadi pemain termahal ialah Bruno Cantanhee, merupakan pemain baru yang ikut bergabung membela Persib Bandung pada musim sekarang. Bruno bersal dari Brasil juga memiliki usia 28 tahun yang baru pertama kali tampil di Indonesia.

Bruno pernah bermain di Hanoi FC pasa 2021 dan mampu melesakkan tiga gol dalam delapan kali penampilannya. Bruno memiliki harga Rp6,95 miliar.

5. Taisel Marukawa (Persebaya)

Posisi terakhir dengan pemain termahal ialah Taisel Marukawa, memiliki harga Rp6,52 miliar. Sebelumnya Taisel bermain di Erofa bersama Sanglea Athletic, juga sempat memperkuat klub Noah Jurmala yang bermain di kualifikasi Erofa League atau Liga Eropa.

Itulah informasi mengenai 5 klub indonesia terkaya dan pemain termahal pada BRI Liga 1 Indonesia 2021/2022. Tentunya dengan menambah pemain-pemain mahal dalam klub sepak bola untuk memperkuat tim dan menjadi pemenang di akhir pertandingan.