Kompetisi Bola Basket di Seluruh Dunia, Indonesia hingga Amerika

Olahraga basket jadi olahraga yang digemari banyak orang. Kompetisi bola basket juga selalu jadi pertandingan yang dinanti pelaksanaannya. Berbagai pertandingan basket di seluruh dunia selalu diadakan setiap tahunnya.

Pertandingan nasional antar wilayah disuatu negara hingga pertandingan antar negara, semua mencakup pertandingan olahraga bola basket. Banyak kompetisi menciptakan klub basket dengan pemain-pemain terbaik yang profesional hingga hasilkan pendapatan milyaran.

Kompetisi Bola Basket Tingkat Nasional di Setiap Negara:

1. NBA (National Basketball Association)

NBA jadi kompetisi paling favorit di seluruh dunia yang diselenggarakan di Amerika Serikat. NBA merupakan pertandingan antara klub-klub yang ada di seluruh wilayah Amerika. Beberapa klub basket yang bertanding di NBA menjadi klub basket terkenal dan menciptakan legenda basket yang jadi idola.

Klub basket yang selalu ikut serta dalam liga NBA diantaranya adalah San Antonio Spurs, New York Knicks, Chicago Bulls, Boston Celtics, Golden State Warriors, LA Lakers dan banyak klub terkenal lainnya. Beberapa pemain basket profesional terkenal juga merupakan pemain terbaik dalam NBA.

Pemain basket terbaik dunia yang terkenal dari pertandingan NBA di antaranya adalah Michael Jordan, Stephen Curry, Abdul Jabar, James Worthy, Magic Johnson dan banyak lagi pemain lainnya.

2. NCAA (National Collegiate Athletic Association)

NCAA merupakan pertandingan bola basket antar mahasiswa di Amerika Serikat. Pertandingan ini merupakan salah satu pertandingan yang terkenal di dunia untuk menentukan juara nasional dalam bola basket antar mahasiswa perguruan tinggi. NCAA didirikan sejak 1939 dan sudah terdapat 68 tim basket.

NCAA biasa dilangsungkan pada bulan Maret setiap tahunnya. Beberapa tim Universitas yang tergabung dalam NCAA adalah UCLA, Kentucky, North Carolina, Duke, Indiana, Kansas, Connecticut, Florida, Michigan State dan banyak lainnya.

Saat ini rekor dengan kemenangan terbanyak pada kompetisi NCAA dimiliki oleh tim basket UCLA dengan 11 kali kemenangan sejak tahun 1964 hingga 1995.

3. IBL (Indonesian Basketball League)

Indonesia juga miliki kompetisi liga bola basket profesional yang dilangsungkan untuk pertandingan tingkat nasional. Indonesian Basketball League yang disingkat IBL ini terdiri dari 12 tim basket Indonesia. Dilaksanakan sejak 2003, saat ini IBL dilaksanakan di kota-kota di pulau Jawa.

Beberapa tim basket yang pernah menyabet juara di ajang pertandingan IBL adalah Aspac, Satria Muda, Garuda Bandung, CLS Knights, Pelita Jaya, dan beberapa tim lainnya. Ajang IBL yang diadakan juga menciptakan para pemain basket legendaris seperti Ali Budimansyah, Denny Sumargo, dan lainnya.

4. PBA (Philippines)

Pertandingan bola basket profesional juga diadakan di Filipina yang dikelola oleh PBA (Philippines Basketball Association) dan diikuti oleh 12 tim profesional.

5. CBA (China)

China basketball Association yang merupakan pertandingan basket nasional di China ini miliki pemain terbaik seperti Yao Ming, Wang Zhizhi, Mengke Bateer, Yi Jianlian dan Yun Sue yang juga pernah bermain dalam liga terkenal NBA.

6. B.League (Jepang)

Pertandingan bola basket profesional ini diadakan di jepang sejak 2016 dan dikelola oleh Asosiasi Bola Basket Jepang yang berafiliasi dengan FIBA dan Bj League dan dikelola secara independen. Liga ini terdiri dari tiga divisi dengan masing-masing terdiri dari 20 tim, 16 tim dan 11 tim.

7. Liga Basket Serie A (Italia)

Liga ini diselenggarakan di Italia sejak tahun 1920. Pertandingan basket profesional Italia ini telah diikuti oleh lebih dari 90 tim terbaiknya dan telah menobatkan 17 tim sebagai juara. Saat ini tim yang tergabung dalam liga ini berjumlah 17 tim.

8. Liga Endesa (Spanyol)

Liga Endesa merupakan pertandingan bola basket profesional paling terkenal dan teratas di Spanyol. Liga Endesa ini dikenal dengan Liga ACB karena dikelola oleh Association de Clubs de Baloncesto (ACB). Didirikan sejak 1983, liga endesa ini diperebutkan oleh 18 tim terbaik di Spanyol.

Kompetisi Bola Basket antar Klub di Benua Eropa:

1. BCL (Basketball Champion League)

Basketball Champion League merupakan ajang kompetisi dalam bola basket untuk pemain profesional di Eropa. Pemenang dari kompetisi ini akan ikut serta dalam pertandingan FIBA Intercontinental Cup. Saat ini klub basket eropa dengan kemenangan terbanyak pada BCL diperoleh klub basket San Pablo Burgos.

2. EuroLeague

EuroLeague jadi salah satu kompetisi terbesar di benua Eropa untuk tentukan juara dalam olahraga bola basket. EuroLeague pertama diadakan pada tahun 1958 oleh ULEB dan masih diadakan hingga saat ini. Peraih gelar juara EuroLeague terbanyak adalah 8 kali yang didapatkan oleh Real Madrid Baloncesto.

Kompetisi Bola Basket Internasional, Antar Negara:

1. Piala Dunia FIBA (FIBA Basketball World Cup)

Piala dunia jadi ajang pertandingan olahraga antar negara di setiap belahan dunia. Pada pelaksanaannya yang ke-19, Piala dunia FIBA 2023 akan diadakan di Filipina, Jepang dan Indonesia. FIBA jadi kompetisi olahraga bola basket yang tidak boleh terlewatkan.

2. Piala Asia FIBA (FIBA Asia Cup)

Pertandingan basket profesional yang diadakan setiap dua tahun ini menobatkan juara untuk banyak negara. Beberapa Negara yang pemainnya pernah menjadi MVP pada ajang Piala Asia FIBA ini adalah Korea selatan, Filipina, Iran, dan Tiongkok.  

Berbagai kompetisi bola basket yang diadakan di seluruh dunia menunjukkan bahwa olahraga basket masih menjadi primadona di setiap kalangan. Dari Indonesia hingga Amerika miliki pertandingan untuk dukung pemain-pemain basket terbaik dan profesional di setiap negaranya.