5 Tim Pemain Esports Terbaik Indonesia 2021

Indonesia memang telah berhasil dikenal sebagai kiblat industri esports dunia karena banyak tim esports yang mengukir prestasi mulai dari level amatir, regional, hingga profesional. Potensi para pemain esports asal Indonesia juga sudah tidak perlu diragukan lagi.

Esports sendiri merupakan olahraga digital yang mulai menjadi salah satu cabang kompetisi dalam turnamen bergengsi. Untuk mengetahui game esports yang sering dikompetisikan dan pemain game esports Indonesia, berikut ulasan selengkapnya.

Tim Pemain Esports Indonesia Terbaik

Sebagai kiblat industri esports dunia, Indonesia telah melahirkan banyak pemain terbaik yang sudah diakui skill dan kemampuannya di kancah dunia. Berikut ini beberapa tim pemain esports terbaik asal Indonesia.

1. RRQ

RRQ

Tim RRQ merupakan tim game esports yang didirikan oleh Riki K. Suliawan dan Adrian Pauline pada 2013 lalu. Tim esports ini tidak hanya mencakup game Mobile Legends saja, namu hampir semua game kategori esports.

Tim game esports Indonesia ini juga memilih untuk membuka cabang di Thailand dan fokus dalam mengembangkan divisi game PUBG Mobile. Tim RRQ Athena yang berada di Thailand juga menjadi salah satu tim yang hebat dan terkuat di kancah PUBG Mobile.

Tim ini bahkan berhasil menjuarai berbagai ajang dunia seperti PMCO Fall Split: SEA Championship dan PMCO Spring Split: SEA Championship 2019. Di Indonesia sendiri, saat ini tim RRQ Hoshi sangat diperhitungkan dalam divisi game Mobile Legends.

Tim ini bahkan menjadi satu-satunya tim dunia yang berhasil lolos ke putaran final M1 pada tahun 2019 dan M2 pada tahun 2021 berturut-turut.

2. ONIC Esports

ONIC Esports

Tim Indonesia dengan pemain esports terbaik selanjutnya yaitu ONIC Esports. Tim esports yang sudah terbentuk sejak tahun 2018 lalu ini berhasil menjadi tim papan atas di Indonesia.

Tim yang bergerak dalam divisi game Mobile Legends ini berhasil mendominasi berbagai turnamen baik kelas nasional maupun internasional pada tahun 2019 lalu. Tidak perlu waktu lama, manajemen ONIC mulai melebarkan sayapnya dan membentuk divisi game Mobile Legends di Filipina.

Hasilnya pun sangat memuaskan dan tidak kalah mentereng dengan tim ONIC Esports Indonesia. Tim ini juga berhasil menjadi kiblat meta baru bagi tim Indonesia, khususnya di bidang esports.

Tidak hanya game Mobile Legends saja, ONIC Esports juga memiliki predikat baik dalam ranah game esports lainnya seperti Free Fire, PUBG Mobile, dan pernah menaungi eFootball FIFA dan PES.

3. EVOS Esports

EVOS Esports

Tim esports selanjutnya asal Indonesia yang memiliki prestasi bagus yaitu EVOS Esports. Tim yang berbasis di Jakarta ini diprakarsai oleh Ivan Yeo pada 2016 lalu. Tim dengan logo Macan Putih ini tidak membutuhkan waktu lama untuk mengukir prestasi di level nasional maupun internasional.

Untuk melebarkan sayapnya di bidang esports, EVOS Esports juga membuka divisi game Mobile Legends di Singapura. Selain itu, EVOS Esports juga memiliki divisi game Free Fire yang berada di Thailand dan dikenal dengan beberapa nama yaitu EVOS MG1, EVOS ROV, dna EVOS Insight.

Kedua divisi ini sengaja dikembangkan lebih dahulu karena tim EVOS Esports memang pernah menjuarai turnamen esports Mobile Legends World Championship yang diadakan di Malaysia pada tahun 2019 dan Free Fire World Cup yang diselenggarakan di Thailand pada tahun 2019.

4. BOOM Esports

BOOM Esports

Berbeda dengan tim esports yang sudah disebutkan sebelumnya, BOOM Esports merupakan tim yang fokus pada game PC. Tim ini dikenal unggul dalam divisi game Counter Strike: Global Offensive (CS:GO) dan Dota 2.

Tim BOOM Esports juga mengakuisisi tim game CS:GO yaitu INTZ asal Brazil untuk melebarkan sayapnya ke ranah game esports besutan Valve. Langkah yang diambil oleh tim BOOM Esports juga terbilang sukses karena berhasil mendominasi Gamers Club Master dan ESL Pro League Season 12.

5. Aura Esports

Aura Esports

Tim asal Indonesia selanjutnya yang telah berhasil mencetak pemain esports terbaik yaitu Aura Esports. Tim ini memang tidak terlalu unggul dalam ranah game Mobile Legends, namun sangat kuat dalam divisi game Free Fire.

Meski baru dibentuk pada 2018 lalu, manajemen tim ini tidak ragu-ragu untuk membuka ekspansi ke luar negeri. Aura Esport Indonesia memang kurang maksimal dalam divisi Mobile Legends, namun rupanya Aura Esports Filipina justru berhasil mempopulerkan gaya main meta Diggie Feeder.

Daftar Game Online Esports Paling Populer

Setelah mengetahui pemain esports terbaik Indonesia, ada beberapa game online esports yang wajib dicoba oleh para pencinta game. Berikut ini beberapa game esports yang sering dipertandingkan dan seru untuk dimainkan.

1. Mobile Legends: Bang Bang

Mobile Legends Bang Bang

Game esports yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia maupun dunia yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Game besutan Moonton yang dirilis pada Juli 2016 merupakan game arena pertempuran yang bisa dimainkan secara online atau biasa disebut game MOBA.

Game ini dirancang secara khusus untuk pengguna smartphone baik Android maupun iOS dengan set-up multiplayer. Game esports ini banyak dipertandingkan dalam turnamen bergengsi seperti turnamen MPL, MSC (Mobile Legends Southeast Cup), dan lain sebagainya.

2. League of Legends (LoL)

League of Legends (LoL)

League of Legends atau yang lebih dikenal dengan sebutan LoL ini merupakan game esports dengan aksi strategi real-time multiplayer yang seru untuk dimainkan. Game yang dikembangkan oleh developer Riot Games ini berhasil mencuri perhatian para gamers di kawasan Asia.

Game esports ini dapat dimainkan oleh 2 tim yang terdiri dari 3 – 5 pemain. Untuk memenangkan game online satu ini, setiap tim harus bisa menghancurkan struktur yang dikenal dengan sebutan “Nexus” yang terdapat pada basis tim lawan.

3. PUBG

PUBG

PUBG atau PlayerUnknown’s Battlegrounds merupakan game esports mobile yang dirilis pertama kalinya pada tahun 2017. Game yang dikembangkan oleh PUBG Corporation ini mengusung genre battle royale ini berhasil mencuri perhatian gamer mulai dari level amatir hingga profesional.

Game online satu ini dapat dimainkan oleh 100 player sekaligus dan sering dikompetisikan dalam turnamen seperti PUBG Nations Cup dan PUBG Global Championship.

4. Dota 2

Dota 2

Game online selanjutnya telah berhasil melahirkan pemain esports profesional terbaik yaitu Dota 2. Game besutan Valve Corporation yang dirilis pada tahun 2013 lalu ini sangat populer di Indonesia, Eropa, dan Amerika Utara.

Game kategori esports ini dapat dimainkan secara tim atau kelompok yang terdiri dari 5 orang pemain. Setiap anggota tim harus mempertahankan daerah mereka yang terdapat di dalam peta. Suatu tim akan dinyatakan sebagai pemenang jika berhasil menghancurkan struktur “Kuno” di basis tim lain.

5. CS:GO

CS GO

CS:GO atau Counter-Strike: Global Offensive juga menjadi salah satu game esports yang populer yang sering dipertandingkan dalam turnamen bergengsi. Game yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment ini merupakan game video penembak multiplayer.

Salah satu atlet esports asal Indonesia yang mendunia berkat game CS:GO ini yaitu Hansel Ferdinand atau yang lebih dikenal dengan BnTeT. Ia bahkan berhasil bergabung dengan Tyloo yang merupakan tim esport CS:GO asal Cina.

Beberapa game online di atas berhasil melahirkan pemain esports terbaik yang mewakili Indonesia memenangkan berbagai turnamen bergengsi taraf internasional. Tidak hanya seru dimainkan, game kategori esports juga menjadi ajang menghasilkan pundi-pundi uang dengan jumlah yang fantastis.