10 Pemain Sepak Bola Indonesia Termahal, Ada yang Lebih dari 6 Miliar

Pernahkah Anda penasaran kira-kira siapa saja pemain sepak bola Indonesia termahal? Kejuaraan AFF edisi ke-13 yang digelar pada 2020 silam yang turut diikuti Timnas Indonesia rupanya telah membuat para pemainnya memiliki harga pasaran alias bayaran yang lebih tinggi dari sebelumnya.

Skuad Garuda yang berada di bawah asuhan pelatih Shin Tae-young ini berhasil sampai ke babak final pada Piala AFF 2020 dan membuat prestasi baru meskipun tidak membawa pulang kemenangan karena kalah agregat 2-6 ketika melawan The War Elephants yang merupakan julukan dari timnas Thailand.

Daftar Pemain Sepak Bola Indonesia Termahal Pasca AFF Championship 2020

Berhasil menorehkan prestasi baru dalam catatan sejarah sepak bola Tanah Air, berikut adalah daftar pemain-pemain timnas dengan gaji tertinggi pasca AFF Championship 2020 dilansir dari berbagai sumber:

1. Asnawi Mangkualam

Menurut situs Transfermarkt Indonesia, pemain sepak bola Tanah Air dengan gaji tertinggi pasca AFF 2020 adalah Asnawi Mangkualam, yang mengisi posisi sebagai gelandang bertahan dan bek kanan di Timnas yang juga termasuk anggota Ansan Greeners F.C. Korea Selatan dari dari divisi K League 2.

Pria kelahiran 1999 dengan tinggi badan 1,75 meter ini disebut-sebut mendapat gaji sekitar Rp6,52 miliar setelah sebelumnya berada di angka sekitar Rp6,08 miliar. Angka gaji yang fantastis ini membuat Asnawi masuk dalam daftar 10 pemain sepak bola paling mahal di wilayah Asia Tenggara.

2. Ezra Walian

Urutan kedua diisi oleh Ezra Harm Ruud Walian yang bermain untuk Liga 1 Persib Bandung sekaligus Timnas Indonesia dengan posisi penyerang.

Pria berwajah blasteran dengan darah Indo-Belanda yang lahir pada 22 Oktober 1997 di Amsterdam ini mendapat bayaran sekitar Rp5,65 miliar yang disebut tidak mengalami kenaikan pasca Piala AFF 2020 namun masih dalam kategori bayaran termahal sebagai pemain sepak bola profesional dalam negeri.

3. Evan Dimas

Bernama lengkap Evan Dimas Darmono yang merupakan anak dari Condro Darmono dan Ana Darmono ini merupakan pemain sepak bola berdarah asli pribumi yang lahir pada tahun 1995 dan memang sudah menyukai sepak bola sejak masih kecil.

Evan Dimas tergabung dalam Timnas Indonesia dan merupakan bagian dari Arema dengan posisi gelandang. Sedangkan untuk bayaran yang didapat sekitar Rp5,65 miliar.

4. Pratama Arhan

Nama lengkapnya adalah Pratama Arhan Alif Rifai yang termasuk pemain timnas terbaik dalam kategori usia muda yang ikut berlaga di Piala AFF 2020. Pratama Arhan lahir pada akhir tahun 2001 yang berarti pada 2022 ini masih menginjak usia ke 21 tahun.

Mengambil posisi sebagai bek di PSIS Semarang dan tergabung di Timnas Indonesia, Pratama Arhan memperoleh sekitar Rp5,65 miliar sebagai angka gajinya, yang termasuk naik cukup banyak dari sebelumnya di angka Rp5,25 miliar.

5. Nadeo Argawinata

Nadeo Kepa Argawinata merupakan salah satu pemain sepak bola berwajah tampan yang banyak diidolakan oleh para wanita sekaligus masuk dalam daftar pemain sepak bola Indonesia termahal di urutan kelima dengan gaji sekitar Rp5,25 miliar.

Nadeo Argawinata mengisi posisi penjaga gawang di Bali United yang juga pernah bergabung dengan SSB Macan Putih Kota Kediri. Pria kelahiran 9 Maret 1997 ini memang berasal dari Kediri namun karirnya sudah melejit di skala nasional terutama setelah ikut dalam Skuad Garuda untuk berlaga di Piala AFF 2020 silam.

6. Rachmat Irianto

Rachmat Irianto atau yang biasa disapa Rian oleh rekan-rekan dan kenalannya ini memiliki bayaran yang sama dengan Nadeo Argawinata yaitu sekitar Rp5,25 miliar.

Pria berdarah asli Nusantara ini lahir pada 3 September 1999 dan bermain secara profesional untuk Persib Bandung sekaligus tergabung dalam Indonesia U-19 sebagai Bek.

Rian adalah salah satu pemain sepak bola muda berbakat di Tanah Air sehingga sudah menjadi pemain langganan Timnas bahkan sebelumnya sudah pernah mengikuti Piala AFF 2017 dan kala itu mengisi posisi kapten.

7. Irfan Samaling Kumi

Irfan Samaling Kumi atau dikenal juga dengan nama Irfan Jaya adalah penyerang sayap di Bali United yang ikut dimasukkan ke Timnas Indonesia untuk bermain di Ajang AFF edisi ke-13 sebagai gelandang.

Bahkan Irfan juga sudah masuk dalam 30 daftar pemain resmi pada laga Play-off Kualifikasi di ajang bergengsi AFC tahun 2023 mendatang. Menginjak usia yang ke 26 tahun pada 2020 ini, Irfan Jaya berhasil mengantongi sekitar Rp5,21 miliar sebagai gaji pemain sepak bola profesional Nusantara.

8. Ryuji Utomo

Pemain sepak bola Ryuji Utomo Prabowo adalah salah satu yang paling terkenal di Indonesia selain karena skill yang sudah tidak perlu diragukan juga berkat wajahnya yang tampan sehingga memiliki banyak penggemar perempuan.

Gelandang bertahan atau bek adalah posisi yang ditempati oleh Ryuji di Persija Jakarta dan menjadi salah satu yang ikut berlaga di AFF 2020 bersama skuad Garuda.

Pria berusia 26 tahun ini merupakan blasteran Indo-Jepang dan sudah berlatih sepak bola secara profesional sejak di bangku sekolah dasar. Saat ini, gaji yang didapat sudah berada di angka Rp4,78 miliar.

9. Rizky Ridho Ramadhani

Nama Rizky Ridho Ramadhani mulai mencuri perhatian setelah aksinya yang impresif di AFF Championship 2020 bersama Timnas Indonesia yang digelar di Singapura.

Posisi yang ditempatinya adalah bek tengah di Persebaya Surabaya dan menjadi salah satu andalan dari Shin Tae-young ketika bergabung dengan Skuad Garuda.

Lahir di Surabaya dan baru berusia 20 tahun membuat izky Ridho Ramadhani menjadi salah satu pemain sepak bola muda yang sukses karena sudah berhasil masuk ke timnas Indonesia senior. Tidak heran jika bayaran yang didapat juga cukup mencengangkan yaitu Rp4,78 miliar.

10. Muhammad Riyandi

Urutan kesepuluh dalam daftar pemain sepak bola termahal Tanah Air adalah Muhammad Riyandi yang mengisi posisi kiper PS Barito Putera dan menjadi salah satu yang ikut serta dalam Ajang AFF 2020 bersama timnas.

Pria berusia 22 tahun ini berpostur ideal dengan tinggi 186 cm dan berat badan sekitar 75 kg yang mendapat Rp4,35 miliar sebagai gajinya. Bukan itu saja, Muhammad Riyandi juga menjadi salah satu dari empat kiper timnas yang ikut bermain di Piala Dunia 2022 Zona Asia yang digelar di Uni Emirat Arab.

Sejumlah prestasi lain juga berhasil diraihnya seperti ikut ajang Gothia Cup 2014 di Swedia dan tampil di ISC A bersama Barito Putera pada tahun 2016. Pada 2019, Muhammad Riyandi bahkan berhasil membawa pulang medali perak pada SEA Games di Filipina dalam cabang olahraga sepak bola.

Selain sepuluh daftar pemain sepak bola Indonesia termahal yang gajinya sudah miliaran rupiah seperti daftar di atas, ada juga sejumlah pemain berbakat lain yang ikut menjadi sorotan ketika berlaga di AFF Edisi ke-13 pada 2020 silam seperti Egy Maulana Vikri, Ricky Kambuaya, dan Fachrudin Aryanto.