5 Cara Tetap Sehat Pasca Covid Agar Pulih Lebih Cepat

Dapat sembuh dari Covid tentu bukan hal yang mudah bagi penderita. Perjuangannya pasti luar biasa dan tentu ada pelajaran berharga yang didapat terutama dalam hal pola hidup sehat. Mengetahui cara tetap sehat pasca Covid juga sangat penting karena dinyatakan sembuh bukan berarti bisa hidup seenaknya.

Prokes harus dipatuhi dan pola hidup sehat perlu diterapkan agar virus yang sama tidak menginfeksi untuk kedua kali. Sebagian penyintas Covid bahkan ada yang masih mengalami sindrom pasca-Covid yang jika tidak ditangani dengan tepat dapat menyebabkan masalah kesehatan lain di kemudian hari.

Tips Tetap Sehat Pasca Covid

Hasil tes Covid sudah negatif tidak berarti langsung sehat 100% karena sebagian penyintas masih ada yang mengalami gejala. Waktu pemulihan agar benar-benar kembali sehat juga bisa berbeda tergantung kondisi kesehatan masing-masing orang. Guna mempercepat proses pemulihan, berikut tipsnya:

1. Pilih Makanan Sehat

Makanan sehat tidak harus mahal, hambar, atau tidak enak karena kunci dari makanan sehat adalah yang mengandung nilai gizi seimbang. Jadi dalam satu porsi makan sudah mengandung protein, karbohidrat, mineral, serta sumber vitamin.

Guna membantu meningkatkan imun tubuh serta mencegah radang tenggorokan yang menjadi salah satu gejala umum Covid, maka bisa mengkonsumsi biji-bijian, kacang-kacangan, dan lemak sehat.

Saat masih dalam masa pemulihan, disarankan untuk tidak mengkonsumsi terlalu banyak garam, gula, kalori, dan makanan berlemak karena dinyatakan dapat memicu peradangan. Lengkapi juga pola makan sehat dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rajin minum air putih setidaknya 8 gelas per hari.

Protein bisa didapat dari aneka jenis makanan laut yang kaya omega 6 dan 3 misalnya ikan dan abalone, atau bisa juga dari telur, daging ayam, dan daging sapi tanpa lemak. Sumber protein lain juga bisa dari keju dan yogurt, kacang polong, dan kedelai.

2. Jaga Kebersihan

Bahkan jauh sebelum pandemi melanda dunia, kebersihan diri dan lingkungan sekitar memang sangat diperlukan agar berbagai penyakit tidak mudah menyerang. Guna mencegah infeksi yang sama, maka kebersihan diri pasca sembuh dari Covid sangat diperlukan yaitu dengan sejumlah cara seperti berikut:

  • Biasakan untuk mencuci tangan dengan cara yang benar sebelum menyentuh makanan dan setelah melakukan kontak dengan orang lain.
  • Setiap kali selesai menggunakan toilet umum, cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.
  • Jika di area publik tidak menemukan tempat cuci tangan maka bisa mensterilkan tangan dengan pembersih berbasis alkohol (hand sanitizer), jadi selalu bawa produk pembersih tangan instan ini setiap kali keluar rumah.
  • Biasakan untuk langsung mandi setiap selesai melakukan aktivitas di luar rumah misalnya pulang kerja, dan langsung ganti baju bersih. Jangan biasakan langsung tiduran atau tidur dengan baju yang sama saat keluar rumah.
  • Selalu cuci tangan ketika akan menyiapkan makanan / memasak, akan makan, dan setelah makan serta perhatikan kebersihan dari peralatan masak dan makan.
  • Bedakan peralatan untuk mengolah bahan yang masih mentah dan yang sudah matang guna menghindari kontaminasi silang yang menyebabkan penyakit tertentu.
  • Masak bahan makanan sampai matang sempurna (bukan setengah matang) dan simpan makanan di tempat tertutup serta pada suhu yang ideal sesuai jenis makanan.

3. Aktif Bergerak

Dilaporkan bahwa sebagian penyintas merasa lebih mudah lelah dan lebih susah untuk berkonsentrasi pasca terserang Covid, dan hal inilah yang membuat penyintas lebih suka bermalas-malasan.

Kondisi ini perlu diperbaiki dengan cara aktif bergerak serta rutin berolahraga karena bermalas-malasan justru akan menurunkan imun tubuh.

Namun di sisi lain, penyintas juga tidak boleh memaksakan diri untuk olahraga berlebih terutama di area publik seperti jogging di taman, pergi ke tempat fitnes, dan sejumlah area ramai lain guna mencegah paparan virus.

Jenis olahraga ringan seperti jalan santai di halaman, naik turun tangga, sit up, lompat tali, berenang di rumah, atau lari di tempat adalah beberapa pilihan terbaik yang bisa dicoba.

4. Istirahat Cukup dan Teratur

Aktif bergerak tidak berarti kurang istirahat. Tidur teratur (tidak begadang) dan dengan waktu yang cukup sangat dibutuhkan agar tubuh bisa kembali pulih dalam waktu lebih cepat.

Ada banyak manfaat yang didapat ketika seseorang cukup tidur, seperti membantu menstabilkan emosi, meningkatkan produktivitas, menjaga kesehatan jantung, menyehatkan otak, membantu meningkatkan kekebalan tubuh, bahkan juga dapat menjaga agar berat badan tetap ideal.

Menurut penuturan pakar dari National Sleep Foundation, orang dewasa dengan usia mulai dari 18-64 tahun membutuhkan sekitar 7-9 jam per hari untuk tidur. Sedangkan untuk lansia (65 tahun dan lebih) membutuhkan waktu tidur lebih sedikit yaitu 7-8 jam per hari.

5. Jaga Kesehatan Mental

Cara lain agar tetap sehat pasca Covid adalah menjaga kesehatan mental karena stres dan tekanan mental lain sangat berpengaruh terhadap kualitas hidup terutama di masa pemulihan.

Jadi selain rajin olahraga dan menerapkan pola makan serta tidur yang ideal, suasana hati dan pikiran perlu dijaga dengan berbagai cara tergantung masing-masing orang seperti:

  • Menghibur diri dengan menonton film.
  • Mendengarkan musik favorit.
  • Membaca buku kesukaan.
  • Bermain game tapi tidak berlebihan.
  • Bercengkrama dengan keluarga.
  • Melakukan hobi yang tidak terlalu menguras tenaga dan pikiran.
  • Hindari negatif thinking dan overthink karena hanya akan membebani mental serta menurunkan kesehatan. Jika memang ada masalah yang dirasa rumit sehingga memicu stres maka bisa meminta bantuan profesional seperti datang ke psikiater atau psikolog.

Ada banyak cara tetap sehat pasca Covid dan lima yang utama adalah daftar di atas. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan masker saat berada di luar rumah dan sebaiknya tidak terlalu sering berada di kerumunan terutama saat masih masa pemulihan.