11 Pemain Sepakbola Legendaris, Terbaik Sepanjang Masa!

Beberapa tahun belakangan ini, Timnas Indonesia memang mengalami pasang surut. Meski begitu, Indonesia pernah dijuluki Macan Asia karena prestasinya di ajang dunia. Prestasi gemilang dunia persepakbolaan Indonesia ini tentunya tidak lepas dari peran para pemain sepakbola legendaris.

Sejarah mencatat bahwa tahun 1991 menjadi tahun keemasan bagi Timnas Indonesia karena keberhasilannya memenangkan ajang SEA Games. Untuk mengetahui pemain sepak bola legendaris Indonesia, berikut daftar nama-namanya.

Nama Pemain Sepakbola Legendaris dan Terbaik Sepanjang Masa

Tidak sedikit pemain sepak bola Indonesia yang berprestasi dan berhasil membawa nama Indonesia sebagai pemenang dalam ajang persepakbolaan internasional. Berikut ini beberapa pemain sepak bola legendaris yang menyumbang kemenangan untuk Indonesia.

1. Robby Darwis

Robby Darwis merupakan salah satu pemain sepak bola legendaris Indonesia yang banyak menorehkan prestasi dan kemenangan bagi Timnas Indonesia. Mantan bek andalan timnas dan Persib Bandung ini berhasil membawa timnas meraih medali emas di SEA Games tahun 1987 dan 1991.

Pemain sepak bola dengan postur kekar ini juga telah berhasil menyumbangkan gelar perserikatan bagi Persib Bandung pada tahun 1986, 1989, dan 1993, serta membawa timnya memenangkan pada Liga Indonesia tahun 1994/1995.

2. Bambang Pamungkas

Nama Bambang Pamungkas alias Bepe pasti sudah tidak asing lagi di telinga pencinta sepak bola Indonesia. Pemain legenda Persija ini telah berhasil menorehkan prestasi dengan mencetak gol sebanyak 37 dan 85 caps untuk Timnas Indonesia.

Pemain sepakbola legendaris satu ini juga berhasil membawa nama baik timnas sebagai runner-up dalam ajang sepak bola Piala AFF 2002 atau yang pada saat itu masih bernama Piala Tiger. Bepe juga dikenal sebagai penyerang paling tajam yang berhasil menorehkan 8 gol dari 6 laga.

3. Boaz Solossa

Boaz Solossa merupakan pemain legendaris Indonesia yang memperkenalkan dirinya pada ajang Piala Tiger 2004.  Pemain Persipura Jayapura yang berperan sebagai striker ini disegani di Asia karena kelincahannya dalam mencetak gol-gol tajam.

Bersama dengan Ilham Jaya Kesuma, Boaz muncul sebagai bintang di ajang Piala AFF karena berhasil membawa Indonesia dalam kemenangan telak melawan Laos dengan mencetak 2 gol.

4. Kurniawan Dwi Yulianto

Kurniawan Dwi Yulianto merupakan pemain sepak bola Indonesia yang berhasil membawa Timnas Indonesia menjuarai berbagai ajang persepakbolaan internasional. Pemain sepak bola yang sudah berkarir sejak usia 17 tahun ini telah mencetak 33 gol dari 58 caps.

5. Fakhri Husaini

Fakhri Husaini merupakan mantan playmaker Tim Nasional Indonesia yang bersinar pada tahun 1990-an. Fakhri dikenal sebagai pemain legendaris Indonesia berkat kemampuannya yang lihai dan cekatan dalam mengoper bola.

Prestasi yang ditorehkan Fakhri ini tidak lepas dari peran mantan pelatih Timnas Indonesia yaitu Henk Wullem. Hingga saat ini, Fakhri Husaini masih berkarier di dunia persepakbolaan Indonesia sebagai pelatih timnas U-19.

6. Aji Santoso

Aji Santoso merupakan mantan bek kiri terbaik Indonesia yang berhasil menorehkan sejumlah prestasi membanggakan pada medio 1990-an. Pemain sepak bola legend satu ini dikenal memiliki kecepatan dan kelihaian dalam memberikan umpan silang.

7. Peri Sandria

Peri Sandria merupakan mantan penyerang tajam Indonesia yang bersinar pada akhir tahun 1980-an dan pertengahan 1990-an. Peri Sandria berhasil memecahkan rekor gol terbanyak pada Liga Indonesia yaitu 34 gol.

Di bawah didikan pelatih Timnas Indonesia yaitu Anatoli Polosin, Peri Sandria berhasil mengantarkan Indonesia menjadi pemenang dalam ajang Sea Games 1991 dan meraih medali emas.

8. Ponirin Meka

Ponirin Meka juga mengisi daftar nama pemain sepakbola legendaris Indonesia. Mantan penjaga gawang alias kiper ini telah berhasil menggagalkan penalti yang dilakukan oleh 3 pemain Persib yaitu Adjat Sudrajat, Giantoro, dan Walter Sulu.

Nama Ponirin Meka makin melambung ketika ia membela timnas Indonesia dalam ajang Asian Games tahun 1986 dan Sea Games tahun 1987. Ia juga berhasil membawa Timnas Indonesia ke babak semifinal Asian Games sebelum akhirnya kalah melawan Korea Selatan.

9. Bima Sakti

Bima Sakti Tukiman merupakan mantan kapten Timnas Indonesia yang berhasil mencetak banyak prestasi. Bima Sakti berperan sebagai pemain gelandang Pelita Jaya, PKT Bontang, PSPS Pekanbaru, PSM Makassar, dan klub sepak bola tanah kelahirannya Persiba Balikpapan.

Pemain sepak bola legendaris Indonesia yang lahir pada 23 Januari 1976 silam ini, masih terus berkarier di dunia persepakbolaan sebagai pelatih dari Timnas U-16. Bima Sakti berhasil meraih gelar sebagai pemain terbaik pada Liga Indonesia 1999/2000 bersama dengan PSM Makassar.

Bima Sakti juga berhasil terpilih sebagai anggota skuad Primavera PSS pada tahun 1993 dan dikirim ke Italia bersama dengan pemain legenda lain seperti Kurnia Sandy dan Kurniawan Dwi Yulianto.

Berkat kelihaiannya dalam menendang bola yang akurat dan tajam, nama Bima memang selalu terkenang dalam sejarah persepakbolaan Indonesia.

10. Iswadi Idris

Iswadi Idris atau yang dikenal dengan nama julukan “Boncel” ini adalah pelari cepat yang berperan sebagai sayap kanan Tim Nasional Indonesia.

Winger handal Persija sekaligus kapten timnas ini berhasil mencetak prestasi terbaik yang membawa Indonesia meraih medali perak di Asian Games 1970.

11. Widodo C. Putro

Widodo C. Putro merupakan striker andalan timnas yang berhasil mencetak beberapa gol. Pemain sepak bola legendaris yang saat ini menjadi pelatih Sriwijaya FC ini telah berhasil membawa Timnas Indonesia mengimbangi pertandingan melawan tim Kuwait dengan skor 2-2 pada Piala Asia 1999.

Pemain sepak bola langganan timnas yang berjaya di era 1990-an ini dikenal sebagai pemain bola yang lihai dan cekatan dalam menggiring bola.

Ulasan di atas bisa menambah wawasan mengenai pemain sepakbola legendaris Indonesia. Berkat prestasi yang telah diraih dalam berbagai ajang nasional dan internasional, para pemain sepak bola ini masih terus dikenang dan menginspirasi para pemain-pemain baru.