5 Tim Esports Jagoan Indonesia yang Juarai Pertandingan Dunia

Di Indonesia, industri esports sedang berkembang pesat belum lama ini. Permainan seperti Mobile Legends, Call of Duty, Free Fire dan lain sebagainya bukan lagi sekadar media rekreasi, melainkan ajang kompetisi sengit. Beberapa tim esports Indonesia memiliki nama emas.

Terutama usai berulang kali menuai prestasi di ajang internasional dan berhasil menyabet gelar juara dunia. Electronic sport dikategorikan sebagai cabang olahraga. Pasalnya pemain tidak saja mengandalkan tenaga, pemain dituntut memiliki pola pikir dan koordinasi tubuh yang baik.

Jajaran Tim Esports Kebanggaan Indonesia

Menjadi suatu kebanggaan tersendiri bisa mengharumkan nama Indonesia. Dilansir dari situs Kementerian Komunikasi dan Informasi (KOMINFO), berikut adalah beberapa tim electronic sport terbaik yang pernah menorehkan prestasinya di kompetisi nasional dan internasional.

1. ONIC Esports

Tim esports terbaik punya Indonesia yang pertama adalah ONIC. Usianya masih terbilang belia, baru sekitar 4 tahun saat kali pertama dibentuk di tahun 2018 silam.

Meski demikian, kemampuan ONIC dalam berkompetisi sudah seperti senior yang penuh pengalaman, bahkan disebut-sebut sebagai tim jagoan pada awal musim tahun 2019. ONIC terbagi lagi menjadi beberapa divisi, mulai dari tim Mobile Legends, Valorant, PUBG Mobile, dan Free Fire.

ONIC pernah menorehkan prestasi di kompetisi Mobile Legends: Bang Bang Southeast Asia Cup (MSC) 2019 dan keluar sebagai juara 1.

ONIC kembali merebut juara di ajang Mobile Legends: Bang Bang All Star 2019, dan belum lama ini berhasil menyabet juara Mobile Legends Mytel International Championship 2020.

2. Rex Regum Qeon (RRQ)

Penggemar esports pasti tidak asing dengan tim satu ini. Rex Regum Qeon atau RRQ dibentuk pada tahun 2013 dan hanya berisi kumpulan jagoan pemain DOTA. RRQ bisa dikatakan sebagai tetua esports di Indonesia.

Seiring waktu RRQ memperluas kepakan sayapnya ke berbagai permainan serupa, saat ini tercatat ada 6 divisi yang dinaungi RRQ. Di antaranya PUBG Mobile, Valorant, Free Fire, League of Legends: Wild Rift, hingga FIFA.

Tidak heran kalau RRQ pernah menduduki posisi ketiga tim esports terbaik di dunia versi Total Cross Platform Action 2020. Prestasi yang pernah disabet RRQ tidak terhitung jumlahnya saking seringnya mereka mengukir prestasi.

Pada ajang Mobile Legends Bang Bang yang diselenggarakan All Star Awards pada tahun 2020, RRQ memborong empat penghargaan sekaligus. Benar-benar tidak diragukan lagi pencapaian tim emas asal Indonesia satu ini.

3. EVOS Esports

Tim esports terbaik selanjutnya jatuh pada EVOS. Tim satu ini sudah sangat populer dan salah satu yang paling dikenal di masyarakat. EVOS terbentuk sekitar 5 tahun yang lalu pada tahun 2016.

Divisi EVOS terbagi menjadi beberapa tim, di antaranya Battleground Mobile, Realm of Valor, League of Legends Wild Rift, Free Fire, dan Mobile Legends. EVOS dicap sebagai tim terbaik yang berulang kali mencetak prestasi gemilang. Beberapa juara yang pernah disabet meliputi:

  • Juara Mobile Legends Professional League atau MPL musim 4 tahun 2019
  • Juara dunia Mobile Legends di M1 World Championship tahun 2019
  • Juara Mobile Legends Professional League Indonesia atau MPL ID season 7 tahun 2021
  • Juara 1 Free Fire World Cup tahun 2019

Prestasi di atas baru sebagian kecil dari total pencapaian yang pernah diraih EVOS. Bahkan di kompetisi final Free Fire World Series 2021 Singapore atau FFWS 2021 SG, EVOS Divine menjadi salah satu tim yang mempertaruhkan nama Indonesia di ajang tersebut.

4. Bigetron Esports

Bigetron tercatat mempunyai tiga divisi tim, di antaranya Mobile Legends Bang Bang, Free Fire hingga PUBG Mobile. Meski terbilang sedikit dibandingkan tim esport lainnya, Bigetron tidak tanggung-tanggung saat berkompetisi mengharumkan nama Indonesia.

Bigetron berhasil menuai berbagai penghargaan mengagumkan. Bahkan sempat menyandang predikat tim profesional PUBG Mobile terbaik di Indonesia setelah menyabet juara 3 pada MPL season 6 dan PUBG Mobile World League (PMPL) 2020. Bigetron memang benar-benar tidak terkalahkan.

5. BOOM Esports

Berada di urutan terakhir di jajaran regu esports terbaik artikel ini bukan berarti BOOM kalah dengan tim lainnya. BOOM berhasil mencetak ratusan penghargaan sehingga menjadikannya sebagai salah satu tim terfavorit Indonesia pada tahun 2021.

BOOM adalah tim esports terbaik Indonesia yang dibentuk sejak tahun 2016. Pada awal sejarah pembentukannya, BOOM lebih fokus pada DOTA2 dan kini menjangkau berbagai permainan.

Tidak main-main, BOOM memperluas ekspansinya ke CS:GO, League of Legends, Free Fire, Mobile Legends, Hearthstone, League of Legends: Wild Rift, Valorant, hingga PUBG Mobile.

Juara ESL SEA Championship 2020 adalah salah satu kemenangan yang pernah diraihnya, selain itu BOOM menduduki peringkat ke-4 turnamen Starladder DOTA 2 tahun 2020.

Tidak hanya berhasil mencetak pemain badminton terbaik, Indonesia memang surga atlet berbakat. Terbukti dari pencapaian yang diraih tim esports jebolan di atas. Perkembangan esports di Indonesia sempat mengalami jatuh bangun.

Dahulu gamer selalu mendapat stigma negatif. Dengan menjadi tim esports, permainan-permainan yang awalnya dikatakan hanya membuang waktu malah menjadi wadah untuk mengharumkan nama baik Indonesia ke dunia.