Daftar Klub dalam Perempat Final Liga Eropa 2021-2022

Liga Eropa menjadi pertandingan yang dinanti. Tak hanya oleh para pecinta sepak bola dari Eropa saja, liga Eropa juga ditunggu oleh penggemar dari negara lain. Hasil perempat final liga Eropa akan sangat menentukan permainan untuk musim selanjutnya dan nilai dari klub itu sendiri.

Itu sebabnya, pencatatan siapa saja yang masuk ke dalam babak perempat final menjadi hal yang penting untuk fans. Selanjutnya, akan keluar jadwal pertandingan yang pastinya tidak boleh terlewatkan. Berikut ini adalah klub mana saja yang lolos untuk ke babak perempat final.

Daftar Klub Lolos Perempat Final Liga Eropa

1. West Ham

West Ham merupakan klub asal Inggris yang berhasil maju ke dalam perempat final. Salah satu pemain andalan mereka adalah Declan Rice yang posisinya sebagai seorang gelandang. Popularitas Rice sebagai pemain West Ham bahkan sangat naik dan diincar oleh Manchester United.

Kestabilan tim West Ham karena adanya Rice menjadi kunci mengapa klub ini bisa masuk ke dalam perempat final liga Eropa tahun 2021-2022. Rice adalah pemain yang mampu menstabilkan kondisi permainan West Ham. Investasi untuknya pun cukup panjang.

Di tahun 2022, West Ham kembali masuk ke semifinal semenjak terakhir kalinya lolos di tahun 1976. Kemarin, mereka berhasil menyingkirkan Lyon  dengan memenangkan 3-0. Secara agregat, west Ham unggul dengan 4-1. Selain Rice, West Hammendapat gol dari Bowen dan Dawson.

2. Lyon

Lyon merupakan klub asal Perancis yang juga masuk ke dalam daftar perempat final liga Eropa. Lyon mewakili Perancis dengan angka 1-1 dengan Porto, dan nilai agregat mereka adalah 2-1. Lyon kemudian melawan West Ham meskipun kalah dengan skor 3-0.

Klub sepakbola yang dibuat pada tahun 1899 ini masih dilatih leh Peter Bosz. Meskipun masuk ke dalam daftar perempat final, publik masih menilai jika kekuatan mereka masih kurang untuk menghadapi pertandingan selanjutnya.

Saat bermain di liga kemarin, Lyon memiliki beberapa pemain transferan. Di antaranya adalah Lo Dubois yang bertindak sebagai kapten. Wakil kaptennya adalah Moussa Dembele. Ada juga Emerson yang merupakan anggota Chelsea dan Ndombele yang asalnya adalah dari Tottenham.

3. Eintracht Frankfurt

Sesuai dengan namanya, klub yang satu ini adalah berasal dari Jerman. Klub yang satu ini sangat menghebohkan para penonton secara keseluruhan karena berhasil masih ke dalam daftar peserta perempat final liga Eropa 2021-2022 setelah mengalahkan Barcelona.

Frankfurt bertanding dengan Barcelona di stadion kebanggaan Eropa Camp Nou, pada hari Jumat 15 April 2022. Rekor yang dipegang oleh Frankfurt adalah gelar dengan berhasil mengalahkan Barcelona yang tak pernah kalah dalam pertandingan di babak ini selama 15 tahun terakhir.

Kemenangan Eintracht Frankfurt mendapatkan sumbangan gol dar salah satu pemain andalannya, Filip Kostic. Kostic menceta dua gol dari total keseluruhan gol yang berjumlah tiga. Sementara satu gol lainnya dicetak oleh Borre. Kemenangan ini menjadi sejarah tersendiri untuk EF.

4. RB Leipzig

Klub lain yang berasal dari Jerman dan masuk ke dalam jejeran hasil perempat final liga Eropa tahun 2022 adalah RB Leipzig. Di leg pertama, RB Leipzig berhasil menang dengan hasil yang imbang 1-1. Namun, lolosnya RB Leipzig ke laga selanjutnya disebabkan oleh agregatnya dengan total 3-1.

Ketahanan dari permainan RB Leipzig disebabkan oleh pemain andalannya yakni Nkuku yang berhasil mencetak gol. Meskipun terjadi di menit-menit terakhir, hal ini lah yang membawa RB Leipzig menang di liga pertama pada musim ini.

Pertahanan RB Leipzig juga dinilai sangat kokoh. Hal ini membuat klub yang satu ini menjadi kewaspadaan grup lain yang nantinya akan bertemu dengan klub ini. Ancaman serangan yang didapatkan oleh RB Leipzig juga mampu teratasi pada liga pertama.

5. Atlanta

Atlanta menjadi satu-satunya klub asal Italia yang menembus perempat final liga Eropa. Meskipun begitu, permainan Atlanta masih mendapatkan kritik yang cukup keras karena dinilai kurang maksimal meski telah mendapatkan gol dari Jeremie Boga.

Pertandingan melawan Bayer Leverkusen ini seperti sudah menjadi laga bagi Jeremie Boga. Dia berhasil mengukir namanya sendiri di pertandingan karena ia yang berperan penting dalam mencetak gol untuk Atlanta dan memastikan klub ini masuk ke perempat final.

6. Braga

Di leg pertama, Braga mampu mencetak rekor baru sehingga bisa masuk ke dalam jejeran hasil perempat final liga Eropa 2021. Braga menjadi satu-satunya grup yang menang sementara klub lainnya menang dengan hasil identik.

Braga melawan Glasgow dengan skor 1-0. Meski sangat tipis, Braga berhasil membuat Glasgow Ranger kehilangan harga dirinya. Hasil ini pun dinilai menjadi catatan baru untuk Braga karena kompetisinya cukup ketat di klasemen.

7. Rangers

Rangers adalah klub asal Skotlandia yang juga masuk ke dalam perempat final liga Eropa. Padahal, Rangers menjadi klub yang kalah saat melawan Braga. Namun, agregatnya lebih kuat dibandingkan dengan klub lain sehingga melenggang ke perempat final.

Pertandingan ini dilakukan di stadion Municipal de Braga, Portugal. Hasil Rangers adalah 0 saat melawan Braga yang saat itu bermain di kandangnya sendiri.

8. Barcelona

Tak banyak yang menyangka jika Barcelona menjadi klub yang masuk ke dalam perempat final. Di musim ini, Barcelona memiliki kelemahan saat bertanding dan skornya kalah oleh Eintracht Frankfurt. Setidaknya, klub asal Spanyol ini masih tidak kehilangan namanya di liga Eropa.

Daftar klub yang lolos pada perempat final liga Eropa pada tahun 2021-2022 di atas menjadi pertimbangan banyak pihak, termasuk melihat value para pemainnya. Mereka akan kembali berlaga untuk ke babak semifinal yang berlangsung April hingga Maret 2022.