Jenis Posisi Pemain Sepakbola Lengkap dengan Penjelasannya

Banyak orang yang senang melakukan olahraga sepakbola karena memberikan pengalaman yang mengesankan. Namun, tidak bisa terlepas dari posisi pemain sepakbola yang harus dilakukan. Pasalnya, terdapat 4 posisi yaitu kiper, pemain belakang, pemain tengah, maupun pemain depan.

Namun, apakah mengetahui fungsi dari masing-masing posisi tersebut? Bahkan penentuan posisi tidak boleh sembarangan karena didasarkan pada lokasi fisik dan peran pemain di dalam tim tersebut.

Jenis-Jenis Posisi Pemain Sepakbola

Sebelum bermain, ada baiknya untuk mengetahui dari jenis-jenisnya terlebih dahulu, yaitu:

1. Penjaga Gawang

Salah satu pemain harus ada yang berperan dalam menjaga gawang agar tidak kebobolan bola dari lawan. Biasanya untuk penjaga gawang ini akan menggunakan seragam yang berbeda. Sehingga bisa diketahui bahwa tugas utamanya adalah untuk mencegah lawan mencetak gol.

Ada yang mengatakan bahwa penjaga gawang ini adalah posisi yang sulit meskipun tidak banyak mendapatkan pujian seperti stiker.

2. Pemain Belakang (Bek)

Nama lain dari posisi pemain sepakbola belakang adalah pemain bertahan, bek, atau defender. Tugas utama dari pemain belakang ini adalah untuk mempertahankan lini tim tersebut dan membantu kiper agar pemain lawan tidak membobol gawang.

Namun, masih terdapat detail pada pemain belakang ini, yaitu:

  • Bek tengah yaitu pemain bertahan yang penting layaknya kiper atau bisa disebut sebagai stopper yaitu menghadang striker lawan.
  • Bek sisi atau full back yang bertugas sebagai pemain yang menghadang pemain sayap lawan dan mendukung para pemain tungan agar bisa mengumpan bola ke depan.
  • Bek sayap atau wing back bertugas sebagai penyerang yang lebih tinggi namun juga bisa mencetak gol meskipun tugas utamanya adalah untuk pemain bertahan.

3. Pemain Tengah (Gelandang)

Gelandang atau Midfielder ini memiliki tugas penting untuk menjaga bola serta menghubungkan lini depan dengan belakang. Posisi ini bisa dibilang sebagai posisi yang fleksibel untuk menyerang atau bertahan tergantung pada kebutuhan tim.

Jika berada di posisi tengah memang sangat menguntungkan karena tidak dibingungkan oleh tugas tertentu dan lebih fleksibel bergerak. Detail dari posisi pemain sepakbola tengah ini bisa dilihat pada poin di bawah ini:

  • Gelandang belakang atau defensive midfielder yang menjadi pemain untuk membantu pemain lainnya bertahan serta mencuri bola dari lawan.
  • Gelandang tengah atau box to box midfielder yang dapat menjadi pemain bertahan maupun membantu striker untuk mencetak gol.
  • Gelandang sayap atau wide midfielder yaitu dua posisi pemain yang dekat dengan sisi lapangan sehingga bertugas untuk melanjutkan bola yang berasal dari bek sisi serta memberikan umpan ke pemain dalam kotak penalti.
  • Gelandang serang atau attacking midfielder memiliki tugas untuk playmaker maupun pencetak gol dan biasanya menyandang nomor 10 pada tim sepakbola.

4. Pemain Depan (Forward)

Menjadi bagian terpenting untuk kemenangan sebuah pertandingan sepak bola, posisi depan menjadi tempat para pemain yang mencetak gol. Namun, terdapat rintangan tersendiri saat harus melawan pemain bertahan dari lawan karena kerap dihadang.

Pertahanan memang menjadi hal terpenting agar bola tidak sampai diambil dan dikuasai oleh lawan. Sedikit saja maju ke depan dari posisi pemain sepakbola depan ini maka gol bisa tercetak.

Memang tugas utamanya adalah untuk mencetak gol, namun tetap saja tugasnya juga untuk membantu pertahanan. Kategori yang bisa dijadikan acuan untuk pemain depan, adalah:

  • Penyerang tengah atau center forward memiliki tugas untuk playmaker atau memasukkan bola ke gawang lawan karena memiliki tendangan yang akurat dan harus kreatif menciptakan peluang.
  • Pemain sayap atau winger berada di dekat touchline sehingga bertugas untuk memberikan umpan pada pencetak gol ke dalam kotak penalti.
  • Striker dengan peran sebagai finisher sehingga harus bisa menyelesaikan usaha pemain lainnya dengan cara mencetak gol pada gawang lawan.

Para pemain depan atau forward ini biasanya memiliki bayaran yang cukup tinggi. Melihat dari tugasnya untuk mencetak gol ke gawang lawan menjadi sebuah penentu kemenangan untuk timnya.

Pada 11 pemain sepakbola tersebut memiliki peran tersendiri sehingga harus bekerja sama satu sama lain sesuai dengan posisi pemain sepakbola yang sudah ditetapkan. Akan tetapi, pada permainan sepakbola modern, keempat posisi tersebut bisa saja terpecah karena kondisi tertentu.