Prediksi Hasil Euro Hari ini, Italia Akan Sulitkan Inggris di Wembley

Laga final Euro 2021 akhirnya sudah di depan mata. Inggris sebagai salah satu finalis sedikit diunggulkan karena akan bermain di depan publiknya sendiri melawan tim biru, Italia. Hasil Euro dari pertandingan ini pun akan sangat sulit diprediksi karena kedua tim memiliki kekuatan merata dan seimbang.

Akan tetapi sangat menarik untuk menganalisis dan memprediksi siapakah yang akan keluar menjadi juara Euro 2021. Apakah Inggris yang akan mendapatkan gelar Euro perdananya di depan ribuan suporter, atau justru Italia yang akan mempermalukan The Three Lions? Berikut pembahasannya.

Prediksi Susunan Pemain

Prediksi-Susunan-Pemain

Susunan pemain kedua tim akan sangat mempengaruhi hasil Euro hari ini. Pada turnamen ini, baik Inggris maupun Italia mengkombinasikan banyak pemain muda dan pemain senior dalam skuadnya. Beberapa pemain senior seperti Bonucci, Chiellini, Harry Kane, dan Henderson masih bisa kita saksikan aksinya.

Dimulai dari lini belakang kubu Inggris, di posisi penjaga gawang kemungkinan besar Jordan Pickford masih dipercaya untuk bermain sejak menit awal. Catatan nirbobol pemain Everton ini membuktikan bagaimana kualitas kiper berusia 27 tahun ini.

Sementara itu untuk mengawal Pickford, di lini pertahanan Harry Maguire dan John Stones kemungkinan masih menjadi andalan utama. Sedangkan di sisi bek sayap, Gareth Southgate memiliki lebih banyak opsi pemain berkualitas karena di posisi ini, sudah banyak pemain yang bermain bagus di Euro 2021.

Pelatih kawakan asal Inggris tersebut bisa memasang Luke Shaw, Kieran Trippier, Ben Chilwell, ataupun Reece James. Di lini tengah kombinasi pemain muda berbakat Mason Mount dan Jude Bellingham diprediksi akan bermain bersama kapten Liverpool Jordan Henderson.

Tapi selain itu, di posisi ini sebenarnya masih ada pemain hebat lain seperti Phil Foden, Jack Grealish, Jadon Sancho dan Bukayo Saka.

Untuk menggedor kuatnya pertahanan Italia, Harry Kane dan Sterling kemungkinan akan menjadi andalan utama mengingat dua pemain ini menunjukkan permainan luar biasa selama gelaran Euro berjalan. Dua pemain ini bisa menjadi pembeda pada hasil Euro2021 dini hari nanti.

Sementara itu di kubu Italia, diprediksi tidak ada perombakan skuad yang terlalu besar untuk menghadapi Inggris selain cederanya Spinazzola. Di sisi penjaga gawang, kiper baru PSG, Gianluigi Donnarumma masih akan menjadi andalan utama.

Di depannya duet bek jangkung Bonucci dan Chiellini kemungkinan besar masih akan mengawal pertahanan Gli Azzuri. Sedangkan di sisi bek sayap, Emerson akan mengisi posisi yang ditinggalkan Spinazolla dan Di Lorenzo akan tetap mengisi posisi bek kanan.

Di lini tengah, trio gelandang saat menghadapi Spanyol besar kemungkinan akan dicoba lagi. Mereka adalah Barella, Jorginho, dan Marco Verratti. Meskipun ada kemungkinan rotasi dengan memasang pemain berbakat lain seperti Manuel Locatelli dan Matteo Pessina.

Lalu di lini depan, berkat penampilan cemerlangnya, Chiesa hampir pasti diandalkan untuk mengacak-acak pertahanan tuan rumah. Di sisi lain, kelincahan Insigne juga akan menopang tingginya insting mencetak gol Ciro Immobile.

Head to Head Italia vs Inggris

Head-to-Head-Italia-vs-Inggris

Untuk memprediksi hasil Euro kali ini, sangat menarik untuk menilik bagaimana head to head kedua tim selama ini. Di ajang Euro sendiri, Italia patut berbangga karena dari dua pertemuan sebelumnya, mereka berhasil mengalahkan timnas Inggris.

Pertama, kedua tim ini bertemu pada fase grup Euro tahun 1980 dimana Italia berhasil mengungguli Inggris dengan skor 1-0. Pertemuan di Euro kedua terjadi pada tahun 2012 dimana saat itu Italia bertemu Inggris di babak perempat final. Italia pun berhasil keluar sebagai pemenang setelah menang adu penalti 4-2.

Pada pertandingan tersebut pula kita melihat sebuah penalti panenka fenomenal dari sang maestro Andrea Pirlo. Penalti tersebut cukup menarik banyak perhatian pecinta bola karena Pirlo mengulang skill penalti luar biasa dari seorang legenda bernama Panenka.

Pertemuan kompetitif terakhir kedua tim terjadi pada penyisihan grup piala dunia tahun 2014. Saat itu lagi-lagi Italia berhasil mengalahkan Inggris dengan skor 2-1. Sedangkan pertemuan terakhir Inggris dan Italia terjadi pada tahun 2018 yang lalu di sebuah partai persahabatan.

Pada pertandingan tersebut, Jamie Vardy membawa Inggris unggul terlebih dahulu sebelum disamakan melalui penalti Lorenzo Insigne pada menit 87. 

Berdasarkan rekor pertemuan tersebut, Inggris gagal mengalahkan Italia di 6 pertemuan terakhir pertandingan resmi. Terakhir kali The Three Lions mengalahkan Gli Azzuri terjadi pada tahun 1978. Saat itu Inggris berhasil mengalahkan Italia dengan skor 2-0 di Wembley.

Dari data statistik di atas, prediksi hasil Euro tahun ini akan menjadi 50:50. Meskipun secara rekor, Italia sangat diunggulkan. Namun sepak bola adalah olahraga di atas lapangan. Semuanya ditentukan oleh pemain dan strategi pelatih di atas lapangan hijau dini hari nanti.