Sepak Bola Wanita Indonesia Menang Matchday, Peringkat FIFA Naik!

Sepak bola wanita Indonesia berhasil mengalahkan timnas Singapura di laga uji coba FIFA Matchday Wanita 2022 dengan skor 1-2 pada Senin (10/10/2022) lalu. Timnas Wanita Indonesia bermain laga tandang di Jalan Besar Stadium, Singapura.

Federasi Sepak Bola Internasional atau FIFA merilis peringkat terbaru sepak bola wanita di laman resminya pada Kamis (13/10/2022). Kemenangan atas Singapura ini membuat ranking Timnas Wanita Indonesia mencatatkan rekor baru naik ke peringkat 97 dari peringkat 101.

Skuad Indonesia naik 4 peringkat setelah menang atas Singapura dengan poin 4,67 dan total 1213,69 poin. Kemenangan ini membuat Timnas Wanita Indonesia, dengan Rudy Eka Priyambada sebagai pelatih sepak bola wanita Indonesia tembus 100 besar dunia.

Perjalanan Timnas Sepak Bola Wanita Indonesia 2022

Di tahun 2022 ini, Timnas Wanita Indonesia mengikuti beberapa laga, mulai dari Piala Asia Wanita 2022. Turnamen ini dimulai 20 Januari lalu di India. Lalu ada Piala AFC Wanita 2022 di Filipina yang digelar pada 4-17 Juli lalu. Terakhir kali, laga FIFA Matchday 2022 di Singapura.

1. FIFA Matchday 2022 Versus Singapura

FIFA Matchday adalah ajang laga uji coba dari resmi yang diselenggarakan oleh FIFA untuk tim-tim nasional anggota FIFA. Kemenangan Timnas Wanita Indonesia dibuka dengan gol dari Marsela Awi di menit ke-51. Bola ditendang oleh Carla Bio Pattinasarani dari tengah lapangan.

Kemudian bola menggelinding ke arah gawang Singapura, sebelum menyentuh garis putih, Marsela Awi, pemain berposisi sebagai penyerang dan bernomor punggung 13, menendang dengan kaki kanannya dan tercipta gol pertama bagi Skuad Garuda Pertiwi.

Tak lama kemudian, skuad Singapura berhasil mengejar ketertinggalan dengan menciptakan satu gol lewat tendangan Nur Farhanah yang gagal dihalau Prihatini, skor menjadi 1-1.

Sampai menit ke 90, skor tampak tak akan berubah, sampai pada menit ke 90+2, pada masa injury time, gol kedua tercipta.

Gol kedua bagi skuad Indonesia dicetak oleh Helsya Meisyaroh. Gol ini terbilang spektakuler, pasalnya Indonesia mendapat tendangan bebas dari tengah lapangan. Bola ditendang oleh Meisya dari tengah lapangan. Gol Meisya membuat kiper lawan terkecoh.

Gol Meisya sempat memantul dari tanah sebelum masuk ke gawang. Kiper Singapura maju terlebih dahulu dan gagal menepis bola tendangan Meisya. Gol Meisya membantu sepak bola wanita Indonesia menang atas Singapura dan naik ke peringkat empat.

Laga melawan Singapura ini memang ditargetkan menang dan menjadi target Rudy Eka Priyambada untuk menaikkan peringkat sepak bola wanita Indonesia di FIFA. Pasalnya, Timnas Wanita Indonesia tidak bermain di beberapa laga Matchday FIFA hingga peringkatnya turun ke-101.

“Naik peringkat ini tentu harus kami syukuri. Namun kami sebagai tim harus menjaga fokus untuk mencapai target peringkat yang lebih tinggi lagi ke depannya” kata Rudy dikutip dari laman PSSI.

Rudy berterima kasih kepada PSSI karena mendukung Timnas Wanita Indonesia bermain di Matchday FIFA vs Singapura.

“Terima kasih atas dukungan yang terus diberikan Ketua Umum berserta jajaran PSSI yang sudah memberikan kesempatan kepada timnas wanita agar bisa bertandingan di FIFA Match Day,” ujar Rudy dilansir dari laman PSSI.

2. Piala Asia Wanita 2022

Piala Asia Wanita ke-20 yang digelar Juli lalu di India diikuti oleh 12 tim nasional dari negara-negara benua kuning itu. Piala Asia Wanita sebenarnya dijadwalkan tahun 2021 lalu, tapi karena pandemi Covid-19, turnamen diselenggarakan satu tahun kemudian.

Kejuaraan Piala AFC Wanita ini menjadi final kualifikasi Asia untuk Piala Dunia Wanita tahun 2023 di Australia dan Selandia Baru. Lima tim akan langsung lolos ke babak utama, sementara itu dua tim yang lain harus menjalani babak play off terlebih dahulu.

Turnamen dibagi menjadi tiga grup. sepak bola wanita Indonesia berada di klasemen grup B bersama Australia, Filipina, dan Thailand. Sementara itu, tuan rumah India berada di grup A bersama Tiongkok, Chinese Taipei, dan Iran. Pemain India bahkan terkena Covid-19.

Namun, Timnas Wanita Indonesia harus gugur di fase grup dengan total kebobolan 28 gol. Tim asuhan Rudy ini bahkan tidak mencetak gol sama sekali di tiga pertandingan. Laga terakhir Indonesia kalah 0-6 atas Filipina di Shiv Chhatrapati Sports Complex, Pune, India.

Dua pertandingan sebelumnya, Indonesia kalah saat melawan Australia dengan skor 0-18 dan takluk dari Thailand dengan skor 0-4. Dikutip Goal.com, Rudy mengatakan bahwa ajang ini menjadi ajang level atas bagi Timnas Wanita Indonesia.

Kemenangan atas Singapura di FIFA Matchday menjadi laga yang membawa sepak bola wanita Indonesia naik ke peringkat 97 dari 101. Rudy, sebagai pelatih, bersyukur atas naiknya peringkat FIFA. Namun, Rudy ingin membawa tim ini menjadi lebih baik lagi.

Rudy berharap ke depan anak asuhnya dapat mencapai ranking yang lebih tinggi lagi. Sebagai persiapan untuk lebih baik, Timnas Wanita Indonesia juga mengikuti turnamen-turnamen lain, seperti Piala Asia Wanita dan Piala AFC Wanita 2022.