6 Fitur WhatsApp Terbaru 2022 dan Cara Memperbaruinya

WhatsApp merupakan salah satu aplikasi perpesanan yang sangat masif dalam melakukan pembaruan fitur, untuk memberikan kenyamanan dalam berkomunikasi online. Fitur WhatsApp terbaru cukup inovatif dan semakin menyesuaikan dengan kebutuhan para pengguna.

Agar bisa merasakan kemudahan dalam menggunakan fitur-fitur terbaru WhatsApp, maka kamu perlu memperbarui aplikasinya terlebih dahulu.

Cara Memperbarui WhatsApp

Berikut adalah cara memperbarui WhatsApp melalui Google Play Store:

  • Buka aplikasi Play Store di HP
  • Ketik WhatsApp di search engine yang tersedia.
  • Pilih opsi Update agar aplikasi dapat diperbarui.
  • Jika proses unduhan sudah selesai, klik opsi Open untuk membuka aplikasi WhatsApp.
  • Nantinya, aplikasi WhatsApp sudah diperbarui ke versi yang terbaru (Versi 2.22.21.83).
  • Bagi kamu yang belum memiliki aplikasi ini, maka bisa langsung mengunduhnya di Google Play Store sesuai petunjuk.

Fitur WhatsApp Terbaru

Dengan menggunakan WhatsApp versi terupdate, pengguna dapat menikmati berbagai fitur mutakhir. Apa saja? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Berbagi Link WhatsApp Call

Fitur WhatsApp terbaru yang pertama adalah berbagi link WhatsApp Call. Melalui fitur ini, kamu bisa membuat atau membagikan link untuk panggilan WhatsApp layaknya fitur Zoom Meeting. Caranya yaitu dengan mengikuti petunjuk di bawah ini.

  • Tap opsi “Call” di aplikasi WhatsApp
  • Pilih menu “Create call link” untuk membuat tautan WhatsApp Call.
  • Pilih salah satu tipe WhatsApp Call, antara panggilan suara atau video.
  • Share tautan WhatsApp Call ke teman.
  • Ada tiga pilihan berbagi yang dapat dipilih, yakni “Send link via WhatsApp”, “Share link”, atau “Copy link”. Pilihlah salah satu.

2. Emoji Reaksi Status WA

Fitur WA terbaru yang kedua adalah “Status Reactions” yang bisa digunakan untuk mengirimkan reaksi untuk status WhatsApp orang lain dengan memakai emoji. Fitur yang satu ini hampir sama seperti memberikan reaksi emoji pada Instagram Stories.

Keunggulan dari fitur Status Reaction adalah memiliki opsi emoji yang lebih bervariasi dibanding dengan reaksi emoji di Instagram Stories. Pasalnya, WhatsApp memiliki 8 reaksi emoji, sedangkan Instagram hanya menyediakan 6 emoji.

Pastinya, pengguna WhatsApp di Indonesia sudah bisa merasakan serunya fitur Status Reactions dengan cara menyapu ke atas Status WhatsApp milik orang lain, lalu pilihlah salah satu emoji yang ingin digunakan sebagai reaksi.

3. Batal Hapus Pesan

Fitur WhatsApp terbaru 2022 yang berikutnya yaitu “undo delete for me” yang bisa digunakan untuk membatalkan perintah saat menghapus pesan di chat WhatsApp.

Setelah pengguna sudah menghapus pesan melalui “delete for me”, maks akan muncul opsi “undo”/urungkan di layar. Melalui fitur ini, pesan yang sudah dihapus dari layar pengguna akan batal dihapus dan muncul kembali di riwayat obrolan.

Fitur batal hapus pesan hanya dapat berlaku untuk pilihan “hapus untuk saya”, dan tidak bisa digunakan untuk “hapus untuk semua orang”.

4. Keluar Grup Hanya Diketahui Admin

Bagi pengguna yang ingin keluar grup secara diam-diam, maka tidak perlu khawatir jika ketahuan karena hanya admin yang dapat melihat pemberitahuan tersebut. Fitur terbaru ini sudah rilis sejak Agustus lalu, hanya saja belum banyak orang yang menyadarinya.

Dengan memakai fitur terbaru ini, maka penghuni grup lainnya tidak akan ada yang mengetahui bila kamu keluar grup secara diam-diam.

Walaupun dapat keluar secara diam-diam, namun kamu tidak benar-benar bisa meninggalkan grup tanpa jejak. Hal ini disebabkan karena anggota lain di dalam grup tetap bisa mengetahui bila ada anggota yang keluar melalui fitur “View past participants”.

Menu tersebut tersedia di bawah nama semua anggota grup. Saat dibuka, maka menu view past participants akan menyajikan informasi tentang adanya anggota yang meninggalkan grup atau bahkan dikeluarkan dari grup dalam waktu 60 hari.

5. Admin Grup Dapat Menghapus Pesan Anggota Lain

Fitur WhatsApp terbaru yang berikutnya bernama “Admin Delete” yang memungkinkan admin untuk menghilangkan atau menghapus pesan dari anggota yang ada di dalam grup.

Kemunculan fitur terbaru ini diklaim mampu membantu admin untuk mengelola maupun memonitor obrolan di dalam grup WhatsApp. Berbagai media telah mewartakan bahwa fitur Admin Delete telah ada sejak September 2022 lalu dan sudah bisa dioperasikan.

Cara menghapus pesan yang dikirim anggota grup yaitu dengan memencet dan menahan chat yang hendak dihapus. Lalu, tap opsi “tempat sampah” yang berada di sudut kanan atas WhatsApp.

Kemudian, akan keluar tiga pilihan yang sama dengan pilihan ketika ingin menghapus pesan yang kamu kirimkan kepada orang lain. Agar bisa menghapus pesan dari anggota grup, maka pilihlah opsi “Delete of Everyone”.

Chat yang sudah dihapus tersebut akan ditandai dengan kalimat “This message was deleted by admin (nama admin)”.

Fitur WhatsApp terbaru yang disebutkan di atas tentunya semakin memudahkan mobilitas pengguna dalam berkomunikasi jarak jauh maupun mengontrol kondisi grup agar tetap kondusif. Segera perbarui WhatsApp kamu untuk merasakan berbagai fitur menarik tersebut.