5 Tips Youtuber Pemula Menjaring Subscriber Jutaan

Media sosial Youtube sudah banyak berubah seiring berkembangnya zaman. Sekarang ini, Youtube bukan hanya sebagai ladang hiburan semata tetapi juga bisa menjadi mata pencaharian. Namun tentu bagi mereka yang baru memulai, diperlukan tips Youtuber pemula yang mudah diikuti.

Tidak ada kanal Youtube yang tiba-tiba besar. Memang, bagi para pesohor, menggaet pengikut atau subscribers jauh lebih mudah daripada orang biasa. Tapi, bukan berarti orang biasa tidak bisa mendapatkan jumlah pengikut yang banyak asalkan bisa menemukan cara yang tepat.

Tips Youtuber Pemula Mengembangkan Kanal Youtube

Untuk bisa menghasilkan uang dari Youtube, maka dibutuhkan lebih dari 1.000 subscriber di setiap kanal. Maka untuk membuat kanal menjadi sebesar itu dibutuhkan usaha dan tips yang mudah untuk diikuti seperti di bawah ini:

1. Video yang Menarik

Video dengan judul yang mengandung clickbait memang bisa membuat para penonton acak untuk melihat video Anda. Tapi tanpa isi video yang menarik, dalam dua puluh detik pertama mereka akan segera meninggalkan kanal tersebut tanpa berpikir untuk menjadi pengikut.

Memang judul yang menarik dan membuat orang penasaran itu memang bisa menjadi strategi jitu, menggaet penonton. Tapi untuk bisa menjadikan penonton acak sebagai subscribers maka diperlukan usaha yang lebih keras, yaitu menyajikan konten yang menarik.

Misalnya jika Anda mengunggah konten tutorial, usahakan agar konten Anda tidak monoton. Potong adegan yang terlalu lama. Hal ini disebabkan orang terlalu sibuk hanya untuk melihat video yang berisi adegan yang sama dengan durasi panjang.

Anda tidak harus selalu mengikuti tren yang sedang viral, walaupun tidak ada larangan untuk hal itu. Hal yang paling penting adalah Anda konsisten menghadirkan video dengan kualitas tinggi serta kombinasi visual dan audio yang seimbang.

2. Gambar dan Suara Jernih

Banyak orang berpikir bahwa untuk memulai menjadi seorang Youtuber harus dimulai dari memiliki peralatan canggih dan mahal.

Memang tidak bisa dipungkiri jika peralatan mahal bisa mendukung kualitas video yang baik, tapi dengan menggunakan handphone pun Anda tetap bisa menghasilkan video dengan apik. Semua itu tergantung dari orang yang mengoperasikan di belakang layar.

Anda tidak perlu takut untuk mencoba. Pastikan bahwa pengambilan video yang dilakukan cukup penerangan dan dengan sudut yang menarik.

Jika Anda memiliki anggaran untuk membeli peralatan canggih, maka tidak ada salahnya untuk membelinya. Hal yang terpenting adalah Anda paham cara mengambil gambar yang benar, timing yang pas, serta konsep video yang tidak biasa.

Anda bisa melakukan penyuntingan dengan berbagai aplikasi maupun perangkat lunak yang tersedia gratis. Dengan demikian, video yang akan Anda unggah memiliki kualitas yang lebih baik daripada video mentah yang langsung diunggah tanpa disunting.

3. Kemampuan Penyuntingan

Dalam membuat video yang menarik, dibutuhkan kombinasi dari banyak kemampuan. Salah satunya adalah kemampuan penyuntingan. Anda tentu tidak bisa langsung mengunggah video yang baru saja Anda rekam walaupun tidak ada kesalahan saat Anda melakukan proses rekaman.

Namun, sering terdapat noise yang muncul secara tidak disengaja, baik pada gambar maupun suara. Dengan editing atau penyuntingan, Anda dapat mengurangi bahkan menghilangkan gangguan kecil tersebut dan meningkatkan kualitas video.

Ada banyak tutorial dalam hal editing yang bisa Anda dapatkan di internet. Aplikasi editing yang mudah digunakan pun juga sudah banyak bertebaran, baik untuk ponsel maupun PC.

4. Promosi Kanal

Sebagai youtuber pemula, terkadang ada rasa malu atau sungkan ketika ingin mempromosikan kanal baru. Padahal Anda tidak bisa hanya mengandalkan teman atau keluarga untuk menjadi subscriber. Dibutuhkan jaringan yang lebih luas untuk membuat kanal Anda menjadi besar.

Untuk itulah dibutuhkan promosi kanal. Ada banyak cara untuk mempromosikan kanal Anda. Mulai dari membagikan tautan lewat aplikasi obrolan, membuat unggahan khusus tentang video yang Anda buat dengan menyertakan tautan tersebut, dan lain sebagainya.

Jika ada yang tidak menyukai konten yang Anda buat, anggap saja hal tersebut wajar dan bisa dijadikan pemacu untuk membuat video yang lebih baik lagi.

5. Konsisten Mengunggah

Semua tips Youtuber pemula tidak akan berhasil jika Anda tidak rajin mengunggah video ke dalam kanal Anda. Sebab untuk bisa menjaring pasar yang besar, Anda harus bisa menyajikan berbagai macam pilihan video agar mereka tidak bosan.

Selain itu, jika Anda rajin mengunggah video maka kemungkinan video Anda muncul ke linimasa pengguna Youtube lainnya secara acak akan semakin tinggi. Hal ini berkaitan dengan aturan algoritma Youtube yang memang terkenal rumit dan ketat.

Untuk bisa menghasilkan video secara konsisten memang tidak mudah. Anda membutuhkan rencana tertulis tentang konten yang akan Anda produksi. Jadwal-jadwal dan poin tersebut akan memudahkan Anda merealisasikan pengambilan video dan juga mengunggahnya ke Youtube.

Banyak orang ingin menjadi Youtuber sukses, tapi tidak semua orang siap dengan tanggung jawab di baliknya. Tips Youtuber pemula sebenarnya hanya tentang konsistensi dan keinginan terus berkembang. Dengan semangat, kanal Anda bisa besar dalam waktu yang tidak terlalu lama.