10 Top Scorer Pemain Basket NBA yang Pasti Disegani Lawan

Basket tidak hanya seru untuk diikuti pertandingannya tapi juga seru untuk ditelusuri berbagai elemen di dalamnya, termasuk pemainnya. Ada banyak top scorer pemain basket dengan skill super keren yang perlu kamu ketahui.

Hampir di setiap klub basket memiliki top scorernya sendiri. Tapi apa jadinya bila pemain dengan sejarah mencetak skor tertinggi bisa sampai puluhan ribu poin atau skor memasukkan bola ke ring lawan.

Mulai dari Lakers, Washington Bullets, Dallas hingga grup top lainnya hingga kini masih bersaing tidak hanya menjadi juara tapi juga menciptakan bibit top score dengan perolehan poin tinggi. Siapa saja top scorer pemain basket NBA yang juga masuk dalam list pemain legendaris dunia?

Kualifikasi Top Scorer Pemain Basket

Seorang pemain basket bisa dikatakan sebagai top scorer bila telah mencapai kualifikasi tertentu. Tidak bisa sembarangan, pada beberapa ketentuan internasional pemain perlu mencapai target tertentu terlebih dulu.

Ditambah lagi bila penghimpunan top scorer dilakukan oleh liga super seperti champions league, maka kualifikasinya akan semakin padat. Jadi tidak semua pemain bisa menjadi top scorer karena diantaranya perlu masuk kualifikasi berupa:

  • Pemain aktif suatu klub basket
  • Tidak melakukan jenis pelanggaran atau foul yang berat
  • Mencetak score tinggi dalam satu musim tertentu

Sedikitnya 3 kualifikasi di atas perlu dikantongi oleh seorang pemain basket. Tidak mudah mencetak score tertinggi apalagi pesaing akan semakin banyak setiap pergantian musimnya. Hal ini juga berlaku bagi pemain lokal di pertandingan nasional.

Top Scorer Pemain Basket

NBA jadi salah satu liga basket yang paling terkenal bahkan hadi barometer liga basket di negara selain Amerika. Dari liga ini juga lahir para top scorer dengan skill tingkat dewa. Siapa saja top scorer yang dimaksud?

1. Kareem Abdul Jabbar

Pemain basket dari klub Lakers ini punya perolehan poin atau score sebanyak 38.387 poin. Jumlah yang banyak ini membuat Kareem jadi pemain NBA dengan poin terbanyak sepanjang masa. Dengan posisi yang masih aktif ia masih berpeluang menjadi nomor 1 dalam jangka waktu panjang.

2. Karl Malone

Masuk juga dalam list pemain legendaris, Karl berhasil menghimpun sebanyak 36.928 poin dalam masa aktif permainannya. Ia cukup aktif mencetak poin saat bermain bersama klub basket Amerika bernama Utah Jazz sekitar tahun 90an.

Bertengger di posisi kedua, hingga saat ini belum ada pemain yang berhasil menyingkirkan Karl dengan perolehan poinnya.

3. LeBron James

Juga sudah banyak dikenal baik oleh para pemain basket lain atau oleh pecinta basket, James juga ternyata punya prestasi yang mengesankan. Sedikitnya ia sudah mencetak sebanyak 34.406 poin yang membuatnya bertengger di urutan 3 top scorer piala basket internasional.

Pemain dengan nomor punggung 23 ini terkenal sebagai pemain dengan skill mumpuni dari klub Lakes Los Angeles.

4. Kobe Bryant

Banyak fans basket yang bersedih atas kepergian legenda basket dari Lakers team ini. Tidak hanya dikenal sebagai pemain dengan gerakan yang lincah dan tembakan akurat, Bryant juga dikenal sebagai pemain dengan torehan poin cukup tinggi.

Setidaknya sebanyak 33.643 poin berhasil dicetaknya semasa aktif bermain dalam liga klub basket NBA.

5. Michel Jordan

Siapa yang tidak mengenal pemain asal klub Chicago Bulls dengan julukan pemain paling bertalenta satu ini. Michel Jordan dalam sejarah permainannya berhasil mencetak total 32.292 poin saat aktif bermain di NBA. Ini juga yang membuatnya menduduki urutan 5 top scorer pemain basket.

Tidak hanya terkenal di lapangan, Michel Jordan juga terkenal di luar lapang. Alhasil ia berhasil menggaet merek alat olahraga ternama untuk bekerja sama membuat sepatu dengan namanya.

6. Dirk Nowitzki

Pemain unggulan klub Dallas ini dikenal sebagai shooter 3 point terbaik. Ini juga yang membuat ia dengan mudah meraup poin dengan total hingga 31.560 poin. Perolehan poin sebanyak ini membuat ia berhasil menduduki urutan 6 top scorer NBA bahkan dunia.

7. Willt Chamberlian

Sebelum muncul pemain dengan jumlah perolehan yang tinggi, Wilt Cham sudah jadi legenda pemain basket yang punya banyak rekor basket. Salah satunya berhasil mencetak 31.419 poin yang sangat sulit dipatahkan oleh pemain lain.

Ia banyak bermain di berbagai klub kenamaan NBA. Mulai dari Lakers, Dallas hingga Phillas ia berhasil menyumbangkan poin yang cukup banyak.

8. Shaquille O’Neal

Pemain dengan badan tubuh kekar besar dan menjulang ini berhasil membuat para lawannya tunduk dengan permainan cepatnya. O’Neal memiliki poin cukup tinggi dengan berhasil mencetak sebanyak 28.596 poin selama aktif bermain NBA.

Ia membela klub Lakers Los Angeles dan berhasil jadi salah satu pemain pengiring Lakers menjuarai turnamen musiman.

9. Moses Malone

Berperan sebagai pemain center, Malone digadang sebagai salah satu pemain center basket terbaik sepanjang masa. Ia pernah membela Houston Rockets saat berkarir di liga besar NBA dan berhasil mencetak 27.409 poin selama aktif menjadi center.

10. Elvin Hayes

Washington Bullets juga memiliki pemain andalannya yang juga masuk dalam top scorer pemain basket. Pemain dengan nomor jersey 11 ini berhasil mencetak hingga 27.313 poin dalam masa aktifnya.

Angka yang cukup besar untuk berhasil masuk ke jajaran pemain dengan perolehan poin yang banyak. Karena prestasinya juga klub Washington Bullets masuk dalam jajaran klub besar NBA.

Masih banyak pemain basket lain dengan perolehan nilai poin yang besar. Namun secara umum nilai poin yang diciptakan 10 pemain legendaris ini tidak terkalahkan hingga saat ini. Ada pemain legendaris idola kamu?