10 Pencetak Gol Terbanyak di Indonesia Sepanjang Masa

Liga Indonesia berhasil mencetak pemain sepak bola berprestasi sejak pertama kali digelar pada tahun 1994. Sejak pertama kali digelar, tim kebanggan Indonesia sudah banyak menampilkan penyerang berkualitas dan sebagian besar menjadi pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah.

Dari sekian banyak penyerang di Liga Indonesia, terdapat 10 nama penyerang terbaik yang telah berhasilkan menorehkan prestasi di dunia sepak bola dengan gol terbanyak. Tak hanya pemain lokal saja yang menjadi pencetak gol paling banyak, tetapi ada beberapa nama pemain asing juga.

Daftar Pencetak Gol Terbanyak di Indonesia

1. Cristian Gonzales

Profil Cristian Gonzales

Nama: Cristian Gerard Alfaro Gonzales

Tempat Tanggal Lahir: Uruguay, 30 Agustus 1976

Tim Terakhir: RANS Nusantara FC

Aktif Sejak: 1995

Penyerang terbaik sepanjang sejarah Liga Indonesia yang mampu mencetak gol terbanyak adalah pemain senior Cristian Gonzales. Hingga saat ini, pencapaian yang memukau dari Gonzales sama sekali belum bisa tertandingi, baik pemain lokal maupun asing.

Sampai sekarang, Gonzales masih aktif merumput bersama tim Liga 1 Indonesia, yakni RANS Nusantara FC. Menurut sejarah, gol yang pernah dicetak oleh Gonzales hingga saat ini mencapai 252 gol selama berkarir di Liga Indonesia.

2. Bambang Pamungkas

Profil Bambang Pamungkas

Nama: Bambang Pamungkas

Tempat Tanggal Lahir: Semarang, 10 Juni 1980

Tim Terakhir: Persija Jakarta

Aktif Sejak: 1988

Siapa yang tak kenal Bambang Pamungkas? Kiprahnya di dunia sepak bola Indonesia hingga kini masih tidak bisa dilupakan oleh masyarakat. Di sepanjang karirnya di dunia sepak bola Indonesia, Bambang Pamungkas berhasil mencetak gol sebanyak 210.

Pencapaiannya tersebut membuat namanya masuk ke dalam daftar pencetak gol terbanyak dan berada di urutan kedua setelah Gonzales. Meskipun posturnya kecil, namun Bambang Pamungkas berhasil bermain cantik di Liga Indonesia, bahkan ia juga pernah menjadi kapten Timnas Indonesia.

3. Budi Sudarsono

Profil Budi Sudarsono

Nama: Budi Sudarsono

Tempat Tanggal Lahir: Kediri, 19 September 1979

Tim Terakhir: Deltras (2011 – 2018)

Aktif Sejak: 1999

Budi Sudarsono atau sering dijuluki dengan sebutan “Ular Phyton” selama berlaga di kompetisi sepak bola Indonesia telah berhasil mencetak gol sebanyak 185. Tak heran jika ia pernah ditunjuk sebagai striker Timnas Indonesia di pertengahan dekade 2000-an.

Gol-gol cantik yang ia torehkan selama ini membuatnya menempati urutan ketiga sebagai striker dengan gol terbanyak di Liga Indonesia. Ia berhasil mencetak gol sebanyak itu ketika membela tim Persebaya, kemudian Persija, Deltras, Persik, Persib, dan terakhir Sriwijaya FC.

4. Boaz Solossa

Profil Boaz Solossa

Nama: Boaz Theofilus Erwin Solossa

Tempat Tanggal Lahir: Sorong, 16 Maret 1986

Tim Terakhir: PSS Sleman (2022)

Aktif Sejak: 1999

Pemain asal Indonesia Timur, Boaz Solossa juga termasuk striker yang mampu mencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah sepak bola Indonesia. Diketahui pemain asal Papua ini telah berhasil membobol gawang lawan dengan 182 gol yang tidak bisa ditepis oleh kiper.

Mayoritas gol yang berhasil ia torehkan ini diketahui ketika ia membela tim Persipura, bahkan ia menjadi Top Skor Liga Indonesia pada tahun 2009, kemudian 2011, dan terakhir di tahun 2013.

Hal tersebut membuat Boaz menjadi satu-satunya penyerang lokal yang bersaing ketat dengan penyerang asing di akhir dekade 2000-an.

5. Kurniawan Dwi Yulianto

Profil Kurniawan Dwi Yulianto

Nama: Kurniawan Dwi Yulianto

Tempat Tanggal Lahir: Magelang, 13 Juli 1976

Tim Terakhir: Persipon Pontianak (2012 – 2013)

Aktif Sejak: 1993

Total gol yang ditorehkan oleh Kurniawan Dwi Yulianto sejak pertama kali terjun di dunia sepak bola berjumlah hingga 167 gol. Tak sia-sia ia menimba pengalaman bersama Sampdoria di Italia dan FC Luzern di Swiss, sehingga mampu menorehkan prestasi di Liga Indonesia dengan gol sebanyak itu.

Gol-gol yang berhasil Kurniawan tembakan ke gawang lawan adalah ketika ia memperkuat skuad PSPS, kemudian Persebaya, Persija Jakarta, PSS Sleman, Persisam, Persela, Persitara, Pro Duta, dan juga Persipon Pontianak.

6. Alberto Goncalves

Profil Alberto Goncalves

Nama: Alberto Goncalves da Costa

Tempat Tanggal Lahir: Brazil, 31 Desember 1980

Tim Terakhir: Madura United

Aktif Sejak: 1999

Pemain asing ini ternyata menjadi salah satu bomber paling ditakuti pada zamannya, karena setiap penampilannya begitu ganas.

Total semua gol yang ia berhasil dapatkan di Liga Indonesia mencapai 156 gol, sehingga tidak heran jika namanya masuk ke dalam daftar pencetak gol paling banyak di Liga Indonesia.

7. Aliyudin

Profil Aliyudin

Nama: Aliyudin Ali

Tempat Tanggal Lahir: Bogor, 7 Mei 1980

Tim Terakhir: Sriwijaya FC

Aktif Sejak: 1998

Di urutan ke tujuh, nama pemain lokal kembali muncul, yakni Aliyudin Ali yang pernah memperkuat skuad Sriwijaya FC. Meskipun termasuk striker dengan postur tubuh mungil, Aliyudin berhasil melumpuhkan kiper lawan dengan 133 gol ketika berlaga di kompetisi sepak bola Indonesia.

8. Hilton Moreira

Profil Hilton Moreira

Nama: Hilton Thon Mauro Moreira

Tempat Tanggal Lahir: Brazil, 27 Februari 1981

Tim Terakhir: Persipura Jayapura (2013 – 2016)

Aktif Sejak: 1998 sampai dengan 2016

Nama Hilton Moreira menjadi populer di Liga Indonesia ketika bermain bersama Deltras Sidoarjo, karena berhasil menorehkan prestasi dengan 30 gol. Tak hanya itu saja, ketika membela tim Persib Bandung ia juga berhasil membobol gawang lawan dengan 30 gol juga.

Secara keseluruhan, gol yang ia dapatkan ketika berlaga di Liga Indonesia adalah sebanyak 116 gol sejak pertama kali terjun di tahun 2005 silam. Hal tersebut membuat Hilton menjadi salah satu pemain asing dengan prestasi terbaik di Liga Indonesia.

9. Ilham Jayakesuma

Profil Ilham Jayakesuma

Nama: Ilham Jayakesuma

Tempat Tanggal Lahir: Palembang, 19 September 1978

Tim Terakhir: Persita Tangerang (2012)

Aktif Sejak: 1996 sampai 2012

Pecinta sepak bola Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Ilham Jayakesuma, karena merupakan salah satu striker terbaik yang pernah ada di Indonesia, khususnya di awal dekade 2000-an.

Selama berkarir di Liga Indonesia, Ilham sudah berhasil memboyong ratusan gol cantik yang mengoyak gawang lawan. Sebanyak 111 gol yang mayoritas ia dapatkan ketika bermain di Persita membuat namanya masuk daftar pencetak gol terbanyak di Liga Indonesia.

10. Julio Lopez

Profil Julio Lopez

Nama: Julio Gabriel Lopez Venegas

Tempat Tanggal Lahir: Cili, 4 November 1978

Tim Terakhir: Persikabo (2013)

Aktif Sejak: 2001 sampai 2013

Nama terakhir yang ada di daftar ini adalah Julio Lopes, pemain asing kelahiran Cili dengan skill mumpuni. Diketahui J-Lo berhasil mencetak gol hingga 110 gol dari seluruh penampilannya yang berjumlah 192 di Liga Indonesia.

Dari daftar pencetak gol terbanyak, pastinya pecinta sepak bola bisa menyimpulkan siapa saja yang menorehkan sejarah terbaik di Liga Indonesia. Kira-kira, selain 10 nama di atas, siapa lagi yang akan berhasil menyusul jumlah gol yang mereka dapatkan? Apakah pemain favoritmu ada dalam daftar?