Pentingnya Vaksinasi dan Tata Cara Mendapatkan Vaksinasi Covid 19

Saat ini vaksin Covid telah dikembangkan guna mencegah penyakit Covid 19 dan untuk membentuk herd immunity pada tubuh manusia. Vaksinasi Covid 19 sangat diperlukan agar dapat mencegah penularan virus Covid-19 yang kian hari makin meningkat drastis.

Banyak orang yang belum mengetahui pentingnya vaksinasi itu sendiri mulai dari manfaatnya, cara kerja vaksin, serta efek samping yang akan dirasakan. Hal tersebut dikarenakan minimnya penyuluhan tenaga kesehatan di sekitar lingkungan. Berikut ini adalah penjelasan pentingnya vaksinasi dan tata caranya.

Pentingnya Vaksinasi

Pentingnya Vaksinasi

Pengertian vaksinasi sendiri adalah pemberian antigen dimana antigen tersebut dapat memicu adanya pembentukan imunitas (antibodi) pada sistem imun di dalam tubuh. Dengan begitu, vaksinasi sendiri merupakan salah satu upaya pencegahan primer yang dapat mencegah berbagai penyakit. 

Akan lebih baik, vaksinasi ini dilakukan sesuai prosedur agar dapat bekerja secara optimal di dalam tubuh. Dalam tubuh manusia, sistem imunitas tubuh pada suatu penyakit dapat terbentuk secara alami ketika seseorang terinfeksi. 

Virus Corona ini memiliki daya tular dan risiko kematian yang tinggi. Untuk menekan jumlah orang yang tertular dan juga orang yang meninggal maka diperlukan pembentukan sistem imunitas tubuh. Cara yang dapat dilakukan adalah vaksinasi. 

Berikut adalah manfaat, cara kerja vaksin, efek samping vaksinasi Covid 19 :

Manfaat

Manfaat yang akan diperoleh setelah mendapat vaksinasi Covid 19 adalah sebagai perlindungan agar tubuh tidak mudah tertular atau sakit yang berhubungan dengan Covid-19 dan tubuh akan memicu dan membentuk kekebalan spesifik agar mencegah tertularnya Virus Covid 19.

Cara Kerja

Cara kerja vaksin ini dapat dijelaskan melalui penjabaran singkat yaitu pada saat vaksin sudah masuk ke dalam tubuh, tubuh akan memberikan respon sebagai ancaman infeksi. Lalu tubuh tersebut akan membentuk sistem kekebalan atau antibodi untuk melawan penyakit tersebut.

Kemudian tubuh akan mengingat dan waspada terhadap ancaman infeksi yang telah masuk. Terakhir, jika di keesokan harinya terdapat virus, bakteri, atau kuman yang dapat menyebabkan penyakit makan tubuh akan melawan virus yang masuk sehingga penyakit dapat dicegah lebih dini.

Efek Samping

Setelah melakukan vaksinasi Covid 19, maka akan menimbulkan efek samping. Mulai dari efek samping ringan hingga efek samping yang cukup berat. Efek samping yang dirasakan dapat disebut juga dengan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Menurut dokter yang sekaligus menjadi vaksinolog menjelaskan bahwa efek samping yang dirasakan secara umum setelah melakukan vaksinasi yaitu demam, sakit kepala, kelelahan, dan pembengkakan di area yang disuntik vaksin. Hal ini wajar dan akan dirasakan orang yang telah melakukan vaksinasi.

Tata Cara Mendapatkan Vaksinasi Covid 19

Saat ini mudah sekali untuk mendapatkan vaksinasi di tempat terdekat, salah satunya adalah Puskesmas. Sebelum mendapatkan vaksinasi, terdapat tata cara agar vaksinasi berjalan dengan aman dan lancar. Berikut merupakan tata cara vaksinasi Covid 19.

Pendaftaran dan pendataan penerima vaksin Covid 19

Pendaftaran dan pendataan penerima vaksin Covid-19

Orang yang sudah terdaftar untuk menerima vaksin, maka akan tertera tanggal, lokasi dan alamat vaksinasi yang pertama. Jika belum terdaftar, dapat mengunjungi Puskesmas dengan membawa KTP sebagai data yang akan dimasukkan ke dalam sistem. 

Setelah data sudah dirasa lengkap maka petugas akan mencetak kartu vaksin dan diberikan kepada penerima vaksinasi. Kartu vaksinasi ini berisi data yang meliputi nama lengkap, nomor registrasi, nomor NIK, alamat, tanggal lahir, nomor handphone, serta tanggal dan lokasi menerima vaksin.

Skrining sebelum vaksinasi Covid 19

Skrining sebelum vaksinasi Covid-19

Setelah mendapatkan kartu vaksinasi, hal yang dilakukan selanjutnya adalah menuju meja skrining untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan. Pemeriksaan ini terdiri dari pengecekan suhu tubuh, tekanan darah, dan riwayat penyakit yang pernah diderita. 

Selain itu petugas juga akan menanyakan sakit yang dialami selama seminggu terakhir dengan tujuan menjaga keamanan selama pemberian vaksin. Jika lolos skrining, maka akan dilakukan vaksinasi.

Pemberian vaksinasi

Pemberian vaksinasi

Pada tahapan ini dilakukan vaksinasi Covid 19, penerima akan disuntik vaksin dengan dosis yang telah ditentukan dan disuntik pada lengan sebelah kiri. Proses penyuntikan ini tidak memerlukan waktu yang lama. Kemudian, petugas akan memberikan kapas basah dan akan memandu penerima keluar ruangan.

Observasi

Observasi

Setelah penerima menerima suntikan vaksin, penerima akan menuju meja observasi dengan membawa kartu vaksinasi yang telah didapat pada meja pendataan dan akan diobservasi selama beberapa waktu oleh petugas terkait efek samping yang dirasakan setelah vaksin.

Penerima vaksin hendaknya untuk melapor jika terjadi efek samping yang tidak wajar, dan nantinya akan mendapatkan bantuan medis sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sertifikat vaksin

Sertifikat vaksin

Setelah tahap observasi mengenai efek samping yang dirasakan dan tidak terjadi efek samping yang hebat. Penerima vaksin akan mendapat pesan singkat yang menyatakan bahwasanya sudah berhasil divaksinasi. Sertifikat akan didapat secara daring melalui tautan yang diberikan pada pesan singkat itu.

Petugas mengimbau bahwasanya agar menyimpan kartu vaksinasi hingga dosis kedua. Hal tersebut dikarenakan pada saat pemberian dosis kedua akan membutuhkan kartu tersebut.

Berikut tadi adalah penjelasan mengenai pentingnya vaksinasi Covid 19 bagi tubuh manusia. Saat ini vaksin sudah mudah untuk didapatkan dan dijangkau di beberapa tempat. Oleh karena itu, bergegaslah untuk mendapatkan vaksin pada saat kondisi tubuh sedang fit. 

Dengan mendapatkan vaksinasi Covid 19, sudah ikut serta membentuk herd immunity dan menjaga manusia satu dengan manusia lainnya agak tidak terjadi kekhawatiran yang disebabkan oleh tertularnya virus Covid-19. Pastikan untuk mendapatkan dosis yang sesuai serta melakukan tata cara yang benar ya!