Binary Options Trending Obat Herbal Covid 19 Hadi Pranoto, Kemungkinan HOAX

Obat Herbal Covid 19 Hadi Pranoto, Kemungkinan HOAX


hadi pranoto

Sebuah kabar lagi-lagi menggegerkan jagat dunia maya di indonesia lantaran, sekali lagi diklaim telah ditemukan obat herbal yang digadang-gadang bisa menyembuhkan covid. Pria bernama hadi pranoto yang mengaku doktor lulusan IPB tersebut bahkan diundang dalam sebuah kanal youtube milik anji untuk membahas obat temuannya.

Bagaimana tidak mencengangkan disaat banyak ilmuwan yang bekerja sama di seluruh dunia masih belum berani mengeluarkan klaim dari obat covid 19. Dengan entengnya hadi pranoto mengeluarkan statement bahwa ia dan timnya telah berhasil menemukan obat untuk covid 19 yang telah diuji di laboratorium luar negeri.

Sontak saja kabar ini mencuri perhatian pemerintah dan juga masyarakat kesehatan di indonesia. Jutaan mata melihat video dalam kanal dunia manji milik musisi anji mantan vokalis band drive ini. Pro kontra tentu saja datang mengiringi berita ini ada yang mendukung namun tidak sedikit pula yang merasa skeptis.

Berbagai macam modus seperti ini tidak sekali dua kali muncul di permukaan berita indonesia. Setelah sebelumnya seorang praktisi spiritual ningsih tinampi yang mengklaim telah menemukan obat herbal yang bisa menyembuhkan covid 19 berakhir mengecewakan karena nyatanya obat herbal miliknya adalah berita bohong belaka.

Anji Dikritik Karena Asal Memberikan Informasi

Dalam waktu singkat setelah mengunggah video di kanal miliknya anji langsung mendapat kritik pedas dari pemerintah. Pemerintah menyayangkan bahwa anji tidak menyaring kembali informasi yang akan disebarkannya terutama informasi yang sangat rawan akan kekeliruan terutama terkait dengan covid 19.

Anji dikritik karena tidak melakukan penelusuran terhadap latar belakang dari hadi pranoto yang mengklaim dirinya adalah seorang doktor di IPB yang melakukan riset di luar negeri dan telah menemukan obat untuk covid 19. Bahkan doktor yuri selaku juru bicara sempat memberikan komentar yang tidak sedap terhadap kasus ini.

Beliau mengungkapkan bahwa kabar ini adalah lagi-lagi salah satu pembodohan publik. Kabar seperti ini seharusnya bisa dicegah dengan mudah ketika semua pihak mau melakukan fact check dan juga penelusuran background yang lebih mendalam. Karena kekeliruan informasi ini tidak menolong sedikitpun pada progres penanganan covid.

Doktor Abal-Abal?

Tim investigasi dari kompas bahkan melakukan penelusuran ke kampus IPB yang di klaim merupakan almamater dari hadi pranoto. Memang benar terdapat seorang doktor bernama hadi pranoto dari list lulusan IPB namun sayangnya hadi pranoto tersebut bukanlah hadi pranoto yang mengklaim menemukan obat covid.

Hadi pranoto yang tercantum dalam list lulusan IPB tersebut kini adalah seorang dosen di universitas mulawarman. Tim investigasi dari kompas juga menyampaikan permohonan maaf terkait kasus yang mencatut namanya tersebut. Permintaan maaf tersebut disambut baik oleh hadi pranoto asli dan berharap kasus ini segera selesai.

Sementara itu hadi pranoto yang viral di youtube setelah mengklaim menemukan obat covid mengaku merupakan lulusan IPB saat di wawancarai oleh tim dari kompas. Kabar mana yang benar hingga kini belum ada yang bisa memutuskan karena kasus ini belum sampai ke ranah hukum, dan penyelidikan mendalam masih terus dilakukan.

Anji Dan Hadi Pranoto Resmi DIlaporkan Ke Polisi

Meneruskan tindakan preventif pemerintah terhadap kabar bohong yang beredar, akhirnya anji dan yang mengaku sebagai profesor atau doktor atau ahli mikrobiologi hadi pranoto resmi dilaporkan ke pihak berwajib. Kabar ini ditegaskan oleh ketua badan cyber indonesia muannas alaidid saat dikonfirmasi oleh tim investigasi dari kompas.

Jika sudah begini kemungkinan besar jika anji tidak mampu melakukan pembelaan terkait informasi yang disebarkannya melalui kanal youtube, anji bisa dikenai pasal penyebaran berita bohong atau hoax. Tentunya kabar ini akan mencoreng citra dari musisi ini karena telah lalai dalam menggunakan statusnya sebagai publik figur yang menyebar hoax.

Konten yang disebarkan anji melalui kanal youtube miliknya tersebut telah menyebabkan polemik di masyarakat dan membuat kepanikan dan perbedaan pendapat yang tentu saja merupakan perhatian utama dari pemerintah agar penanganan covid 19 lebih mudah. Jika masyarakat kooperatif dengan pemerintah maka pengendalian akan semakin mudah.

Mengapa Masih Saja Ada Hoax Tentang Covid 19

Apapun yang melatar belakangi sebuah penyebaran informasi tanpa dasar alias berita bohong tentu saja merupakan sebuah tindakan yang tidak terpuji. Ada berbagai macam alasan yang seringkali diungkapkan oleh para pelaku penyebar berita bohong tersebut, mulai dari teori konspirasi hingga panggilan jiwa untuk membantu sesama.

Meskipun seumpama tujuan menyebarkan berita bohong tersebut untuk sebuah kebaikan tentu saja perbuatan tersebut tidak bisa dibenarkan sama sekali. Banyaknya teori konspirasi pada saat seperti sekarang ini sama sekali tidak membantu pemerintah dalam menangani pengendalian penyebaran covid.

Namun masih saja banyak tokoh yang menyebarkan teori konspirasi dan mengaitkan wabah covid ini dengan teori-teori yang asal bunyi saja. Selain anji sebenarnya banyak publik figur di indonesia yang turut berkontribusi menyebarkan teori konspirasi salah satunya adalah jerinx personil dari band superman is dead.

Jerinx merupakan salah satu artis yang paling vokal dalam menyuarakan teori konspirasi terhadap penyebaran covid 19. Pendapatnya juga selalu disokong dengan berbagai macam bukti dan juga teori yang membuat banyak orang mempercayai teori yang dikemukakan oleh jerinx dan tentu saja di amini oleh banyak pengikutnya.

Entah apa sebenarnya yang membuat orang semakin memilih mendengarkan teori konspirasi daripada melakukan anjuran pemerintah. Apakah mungkin karena teori konspirasi lebih seru untuk didengarkan dibandingkan dengan anjuran pemerintah yang cenderung tidak terbuka dan membosankan.

Tentu saja tidak ada yang tahu, dan apabila masyarakat tidak merubah mindset ini pasti akan ada banyak lagi hadi pranoto yang muncul ke permukaan untuk memberikan sebuah pembodohan lain terhadap masyarakat indonesia. Masyarakat indonesia juga seharusnya lebih bijak dalam mencerna setiap informasi yang diterima.

Pada faktanya lebih banyak masyarakat indonesia yang mencerna informasi tanpa tahu sumber dan latar belakang dari informasi tersebut dibuat. Akhirnya masyarakat indonesia menjadi sangat rentan terhadap berita bohong dan menjadi mudah digiring pada opini yang seharusnya tidak menjadi panutan.

Mindset orang indonesia yang cenderung terlalu percaya pada berita seharusnya diperbaiki, karena saat ini setiap berita yang dibuat pasti memiliki tujuan tersendiri mengapa ada berita yang dipublikasi. Baik berita tersebut pro pemerintahan maupun oposisi terhadap pemerintahan indonesia.

Hal ini akan sangat berguna untuk semakin membuka wawasan warga indonesia ketika semua warga indonesia kritis dan mau melakukan pengecekan terhadap berita yang beredar di media. Dengan begini kasus hadi pranoto tidak akan berulang kali muncul ke permukaan dan menimbulkan keresahan di masyarakat.

Dengan munculnya hadi pranoto ini tentunya masyarakat akan beranggapan, mengapa seseorang bisa menemukan obat herbal untuk covid sementatra pemerintah tidak bisa menemukannya, apakah ada yang ditutupi dari kasus covid ini. Tentunya opini seperti tidak akan membantu mempermudah pengendalian covid, malah sebaliknya.

Hingga kini masih belum ada yang tahu dan secara resmi diakui oleh dunia obat dari covid 19. Apabila ada berita tentang ditemukannya obat covid 19 oleh oknum yang bukan dari pihak profesional seperti tim riset covid 19 sebaiknya masyarakat melakukan pengecekan ulang info tersebut agar tidak terulang kasus hadi pranoto yang berikutnya.

TopBack to Top