Binary Options Trending Kian Populer 5 Jenis Monstera Ini Makin Diburu Kolektor

Kian Populer 5 Jenis Monstera Ini Makin Diburu Kolektor



Belakangan tanaman hias menjadi kembali populer di masyarakat. Adanya pandemi membuat banyak orang harus berada dan melakukan berbagai kegiatan dari rumah. Sebagai salah satu pengisi waktu, merawat tanaman hias dilakukan agar menghindarkan dari rasa bosan. Terutama bagi Anda yang memang menyukai tanaman.

Salah satu tanaman yang belakangan ini sangat diminati pecinta tanaman hias adalah monstera atau dalam bahasa Indonesia disebut janda bolong. Nama yang sungguh unik untuk sebuah tanaman hias. Jenis tanaman hias ini bentuknya indah dan unik, bisa diletakkan di dalam atau luar ruangan.

Dengan perawatan yang mudah, tanaman monstera menjadi idola di kalangan pecinta tanaman hias saat ini. Berkat kepopulerannya, monstera kini memiliki harga jual yang cukup tinggi, mulai dari puluhan hingga ratusan ribu rupiah. Untuk jenis langkah harganya mencapai puluhan juta.

Bukan hanya di Indonesia, rupanya kepopuleran janda bolong ini sudah mencapai ranah manca negara. Banyaknya permintaan dari luar negeri inilah yang membuat harga tanaman hias satu ini semakin melambung. Saat ini, setidaknya sudah ditemukan 50 jenis monstera dan beberapa di antaranya sangat unik.

Apabila Anda tertarik memiliki dan merawat jenis tanaman hias ini, tak ada salahnya untuk mengetahui beberapa jenis monstera unik yang diincar oleh banyak kolektor. Berikut adalah 5 jenis monstera yang paling langka dan diburu kolektor saat ini.

Monstera Deliciosa

Jenis janda bolong satu ini sangat populer di antara pecinta tanaman hias karena bentuknya yang unik dan indah. Jenis ini memiliki daun lebar berwarna hijau tua dan mempunyai banyak robekan memanjang. Setidaknya ada empat hingga lima sobekan di masing-masing sisi daun.

Uniknya lagi monstera deliciosa ini warnanya akan menjadi lebih hijau jika usianya lebih tua. Jadi, Anda bisa mengira usia tanaman hias ini hanya dengan melihat kepekatan warna daunnya saja. Jenis monstera ini bisa diletakkan di pot bawah atau gantung. Bisa menghias ruangan rumah atau taman.

Untuk mendapatkan janda bolong deliciosa ini Anda harus mengeluarkan dana minimal 65 ribu, ukuran tanaman kecil yang memiliki 3 atau 4 helai daun. Untuk ukuran lebih besar dengan sobekan lebih banyak dan warna hijau pekat, harganya bisa mencapai 500 ribu per pot.

Perawatannya tidak terlalu sulit karena tanaman ini bisa bertahan dalam suhu 20-30 derajat celcius. Bahkan Anda bisa menanamnya langsung di tanah. Janda bolong jenis ini dapat menjalar dan ukuran daunnya menjadi lebih besar. Dapat juga dimasukkan ke dalam vas dan diisi air.

Monstera AdanSonii

Jenis monstera satu ini memiliki kemiripan dengan deliciosa dari segi warna yang memperlihatkan usianya. Akan tetapi, adansonii tidak memiliki sobekan hingga ke tepian, melainnya sobekan yang terlihat seperti bolongan. Jenis ini benar-benar sesuai namanya, janda bolong.

Daun-daunnya jauh lebih kecil dibanding deliciosa dan rimbun. Dengan batang bertingkat dari pendek ke panjang, adansonii terlihat sangat cantik. Apalagi dengan adanya bolongan daun membuatnya semakin unik. Menempatkan tanaman ini akan mempercantik ruangan Anda. Namun, tak ada salahnya untuk menempatkannya di taman juga.

Adansonii mudah beradaptasi dengan lingkungan sehingga tidak memerlukan perawatan khusus. Apabila di pot pastikan selalu memberikan asupan air yang cukup setiap harinya juga pupuk tanaman. Kalau memilih merawatnya di taman, pastikan selalu rajin menyianginya sehingga dapat merambat dengan baik.

Untuk mendapatkan tanaman satu ini bisa didapatkan mulai harga 10 ribu hingga jutaan rupiah. Anda bisa membelinya langsung di toko atau pasar tanaman hias, bisa juga melakukan pembelian online. Namun, pastikan membeli di toko terpercaya dengan pengiriman satu hari sampai.

Monstera Variegata

Jenis monstera satu ini memiliki warna unik karena dihiasi corak putih di bagian daunnya. Bahkan ada yang keseluruhan warnanya adalah putih. Biasanya yang paling disukai adalah variegata dengan warna sebagian hijau dan setengah putih. Karena menimbulkan kombinasi warna yang unik.

Untuk kisaran harga, varian ini lebih mahal karena agak sulit ditemukan. Semakin banyak corak putihnya, harganya akan lebih mahal. Anda bisa mendapatkannya dari harga 50 ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan ada yang menembus harga puluhan juta per tanaman. Bisa jadi investasi bisa memilikinya.

Untuk perawatannya tak sulit, Anda bisa meletakkannya di pot dengan pemberian air secara rutin. Boleh juga menempatkannya langsung di tanah, tapi harus rajin merawat dan menyiangi apabila ada rumput liar tumbuh di sekitarnya. Variegata juga bisa hidup di vas dengan air sehingga cocok menghias rumah.

Monstera Borsigiana

Jenis borsigiana memiliki harga yang cukup mahal, Anda bisa memilikinya dengan mengeluarkan dana minimal 100 ribu. Untuk harga termahal bisa mencapai puluhan juta rupiah. Namun, uang yang dikeluarkan akan sepadan dengan hasilnya. Sebab borsigiana terlihat sangat cantik diletakkan di ruangan.

Anda bisa menempatkannya di gelas, botol atau vas kaca transparan yang diisi air. Lalu letakkan tanaman ini di meja yang menempel pada dinding atau digantung. Daunnya yang jatuh terkulai dengan indah akan terlihat menawan di pandang mata.

Jika dilihat sekilas borsigiana terlihat seperti monstera deliciosa. Namun, jumlah sobekannya jauh lebih sedikit dan letaknya lebih jarang. Selain itu, daunnya lebih tipis dan lunak. Dengan batang lebih lentur membuat borsigiana tak terlihat sekokoh deliciosa. Di sinilah letak keunikan yang menjadi pembeda.

Apabila deliciosa terlihat bisa berdiri kokoh, maka borsigiana lebih lentur dan jatuh. Keduanya sama-sama unik dan cantik. Perawatan borsigiana juga semudah monstera lainnya. Bisa di pot atau menggunakan media tanah langsung. Inilah yang membuat jenis tanaman ini sangat digemari pecinta tanaman hias.

Monstera Dubia

Jenis terakhir adalah monstera dubia. Varian ini sangat cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka jenis monstera berlubang. Dengan daun yang memiliki gradasi warna indah, varian satu ini akan memperindah taman maupun rumah Anda. Warna hijau tua maupun muda dengan gradasi putih terlihat sangat memikat.

Berbeda dengan jenis lainnya, dubia merambat di papan dan tak memiliki sobekan, tapi keindahannya tak perlu diragukan lagi. Jenis ini cukup langka dan banyak diburu kolektor tanaman hias unik. Struktur tulang daun yang terlihat jelas di permukaan daun membuat dubia terlihat anggun dan memikat.

Untuk memilikinya Anda harus mengeluarkan dana lebih besar, karena kelangkaannya membuat dubia memiliki harga jual tinggi. Minimal 1 juta rupiah untuk memiliki satu pot dubia. Akan tetapi, tanaman unik ini akan menghiasi taman dan rumah Anda dengan keanggunannya. Jadi, harganya cukup setara.

Selain itu, perawatannya tidaklah sulit. Hanya perlu memastikan dubia memiliki asupan air dan zat hara yang cukup. Letakkan pula papan sebagai media dubia untuk merambat sehingga tak menghambat pertumbuhannya. Jenis satu ini tak bisa diletakkan di dalam vas kaca.

Mengisi waktu kosong di masa pandemi dengan merawat tanaman hias bukan hanya memberi Anda kegiatan, tapi juga mengurangi stress. Monstera alias janda bolong bisa menjadi pilihan tanaman koleksi. Selain memiliki tampilan luar yang cantik dan unik, beberapa jenis mosntera juga bisa jadi investasi Anda.

TopBack to Top