Binary Options Movie Cara Menemukan Ide Film Pendek dengan Mudah

Cara Menemukan Ide Film Pendek dengan Mudah



Ide film pendek, elemen penting ketika Anda ingin memproduksi film. Ide ibarat pondasi yang nantinya akan dibangun menjadi sebuah bangunan cerita yang dapat dinikmati secara audio visual. Dengan produksi dan ruang lingkup naratif terbatas, mengetahui cara menulis film pendek dimulai dengan menyusun ide dengan cermat.

Namun sebagian orang merasa kesulitan untuk menemukan ide cerita. Di antara sebabnya mereka menganggap membayangkan ide, sebuah cerita utuh. Padahal ide adalah bagian dari sebuah cerita yang harus dikembangkan. Karena itu, jangan terlalu jauh berpikir jika ingin menemukan ide.

Film biasanya dikembangkan dari 3 aspek dasar latar, karakter, dan konflik. Ketika menemukan hal menarik dari salah satu 3 aspek tersebut, bisa digunakan untuk memulainya. Dari salah satu aspek tersebut, bisa dikembangkan dengan memenuhi aspek lainnya. Agar lebih mudah, kami akan memaparkan cara menemukan ide film pendek dengan mudah.

Menemukan Ide Film Pendek dari Dekat

  1. Menulis tentang suatu hari dalam hidup

Lihatlah ke dalam diri atau apa yang telah Anda lakukan di waktu sebelumnya. Misalnya, apakah kemarin bertemu seseorang? Bagaimana kesan terhadap orang tersebut ? Bagaimana sifat dari orang tersebut? Apa kelebihan dan kekurangan pada orang tersebut? ketika bisa menjawab pertanyaan – pertanyaan akan menemukan ide dasar untuk dikembangkan.

Contoh lainnya apakah terjadi sesuatu di tempat kerja? Bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Apakah kejadian tersebut membuat Anda merasa bahagia, senang, sedih, dan sebagainya ? Mengapa hal tersebut memicu perasaan tertentu? Jika mampu menjawab dengan dasar – dasar 5 w + 1 H akan menjadi cerita menarik.

  1. Temukan kisah keluarga lama

Seringkali ada banyak materi untuk ide film pendek dalam cerita masa lalu orang tua, saudara atau kakek – nenek Anda. Pikirkan tentang apa yang membuat Anda duduk dan memperhatikan. Atau Sebaliknya, mengganggu atau mendorong untuk mengajukan pertanyaan sulit.

Dari cerita mereka, akan menemukan gambaran peristiwa. Di mana peristiwa tersebut, sudah mengandung latar, konflik, dan karakter. Ketika anda mampu menulis ulang cerita tersebut, sudah menjadi gambaran matang tentang ide cerita.

Dapatkan Inspirasi dari Media Lain

  1. Menemukan Ide Dari Lukisan dan Puisi

Buku, lagu, fotografi, pertunjukan seni dibangun di atas materi yang telah ada. Begitu juga dengan menulis film pendek. Untuk menemukan ide film pendek, cobalah mengunjungi galeri atau museum. Amati dengan saksama lukisan yang dipamerkan. Dari proses ini Anda bisa menemukan bahwa gambar paling abstrak, bisa memancing inspirasi tentang apa yang ingin ditulis dalam skenario.

Tidak hanya lukisan, puisi adalah tempat bagus untuk menemukan bahan untuk menemukan ide film pendek. Karakter puisi singkat menyisakan banyak ruang untuk interpretasi kreatif. Ada banyak media yang bisa memicu inspirasi menulis cerita. Asah pengamatan dan kepekaan terhadap apa yang Anda lihat.

  1. Menemukan inspirasi Dari Berita

Peristiwa terkini mungkin tidak menyenangkan, tetapi cenderung sarat dengan drama dan ketegangan. Ada banyak cara untuk menggambarkan perang, ketidakadilan, dan perselisihan politik tanpa terlalu tepat sasaran.

Sekali lagi, persempit fokus pada satu orang tertentu atau satu kejadian. Temukan tema universal dalam pilihan yang dibuat atau tidak dibuat seseorang. Kemudian buat gambaran garis besar berdasarkan situasi sederhana itu.

Bertukar pikiran tentang inspirasi film dengan menjelajahi situs berita dan selami lebih dalam beberapa cerita terliar di zaman kita. Semakin banyak menemukan, semakin sedikit Anda harus khawatir tentang hak atau masalah hak cipta.

Jika berita hari ini terlalu banyak, lakukan pencarian Google cepat untuk berita utama tadi. Batasi pencarian pada subjek atau wilayah tertentu. Semakin mudah untuk memuat ide film pendek dalam batas ruang dan waktu, semakin mudah prosesnya.

Menemukan Inspirasi di Tempat dan Waktu Tertentu

  1. Dengarkan Obrolan Di Sekitar Anda

Kapan terakhir kali Anda berada di kafe dan mendengar kalimat bagus untuk menjadi kenyataan? Tetap terpaku pada buku catatan dan tuliskan potongan-potongan dialog mereka. Kemudian buat beberapa deskripsi karakter dan lihat apakah itu mengarahkan pada inspirasi cerita.

Bertukar pikiran tentang ide film seputar peristiwa kehidupan. Pernikahan, pemakaman, peringatan, ulang tahun – semua ini pada dasarnya adalah peristiwa dramatis dengan manfaat tambahan karena ruang lingkupnya terbatas. Pilih tokoh utama yang mengalami salah satu peristiwa ini dan Anda mungkin akan segera mendapatkan ide film pendek sempurna.

  1. Riset Lokasi Tertentu

Di mana tempat – tempat menyeramkan menurut anda? Ada hutan, kuburan, rumah sakit, gudang, dan kebun binatang yang ditinggalkan. Kemudian pikirkan kejadian menyeramkan apakah yang mungkin terjadi di lokasi tersebut? Proses ini akan menuntun menemukan banyak ide menarik.

Begitu juga ketika Anda bertanya mengenai tempat – tempat romantis ? Apakah Anda melihat sisi – sisi romantis pada tempat tersebut ? Apa yang menyebabkan memiliki gambaran romantis tersebut ? Pastinya, sudah memiliki gambaran mengenai kejadian, sosok, dan alur dari gambaran tersebut.

Bisa juga anda menemukan ide menarik dari lokasi tempat berkumpulnya banyak orang, misalnya pasar. Di sana akan menemukan beragam peristiwa, ekspresi, interaksi, dan sebagainya. Misalnya Anda melihat ekspresi bingung dan terburu – buru dalam berjalan. Kemudian prediksi, apa penyebab ia terlihat bingung dan terburu – buru.

Menemukan Inspirasi Cerita Cara Terakhir

  1. Menemukan Inspirasi Dari Film Panjang

Quentin Tarantino adalah ahli dalam menemukan harta karun sinematik yang hilang dan menggunakannya sebagai bahan untuk menulis cerita film pendek. Tonton beberapa film klasik dan sederhanakan ke intinya. Misalnya, adakah prinsip inti dari film noir itu atau musikal Hollywood yang bisa Anda adaptasi dengan cerita sepuluh menit?

Atau mungkin ada satu momen dalam drama sejarah ada yang menarik Anda, tetapi tidak dieksplorasi potensinya. Karena itu, penting untuk memperbanyak referensi film yang harus dinikmati. Jangan batasi menonton film dengan genre tertentu. Semakin luas referensi, akan semakin sering menemukan ide brilian.

  1. Free writing untuk menemukan ide film pendek

Terkadang jika Anda bingung, menulis saja akan membantu. Menulis dengan tulisan tangan, dengan alam bawah sadar, bisa menghasilkan inspirasi tidak terduga. Ini adalah cara untuk menangkap inspirasi yang Anda tidak tahu sebelumnya. Penulis Julia Cameron merekomendasikan untuk menulis tiga halaman setiap pagi.

Idenya di sini adalah konsistensi. Semakin banyak Anda melakukannya, semakin banyak inspirasi datang dan semakin baik jadinya. Mudahnya, ketika sadar, pasti otak berpikir. Tulisan apa yang Anda pikirkan tersebut. Apapun itu, bisa menemukan hal menarik yang bisa dikembangkan.

Setiap menemukan inspirasi menarik, jangan lupa untuk mencatatnya. Karena inspirasi menarik sering kali gagal dieksekusi karena lupa. Ketika mengembangkan inspirasi tersebut, akan lebih mudah jika menentukan akhirnya. Kemudian apa yang menyebabkan peristiwa akhir tersebut sulit terjadi. Dari sini Anda sudah menemukan inti dari cerita, penyelesaian dan klimaks. Tinggal membangun peristiwa awal yang mengantarkan pada konflik tersebut.

Jika kesulitan berpikir secara sistematis, bisa menulisnya dalam setiap aspek atau peristiwa. Kemudian ketika sudah memenuhi unsur latar, karakter, dan konflik bisa menyusunnya menjadi bagian utuh. Namun pastikan hasil akhir tulisan dibangun dengan ide film pendek yang kokoh dan jalan cerita runtut.

TopBack to Top