Binary Options News Tingkat Perceraian Meningkat di Kala Pandemi, Ini Cara Menghindarinya

Tingkat Perceraian Meningkat di Kala Pandemi, Ini Cara Menghindarinya



Perceraian adalah momok yang sangat mengerikan di dalam rumah tangga. Namun anda tak perlu khawatir karena ada beberapa tips menghindari perceraian yang bisa dilakukan dengan mudah. Tips ini khususnya diberikan kepada mereka pasangan muda di kala pandemi.

Saat menghadapi pandemi, kondisi perekonomian seringkali tidak pasti. Hal inilah yang kemudian menjadi pemicu terjadinya percekcokan yang menjurus pada perceraian. Anda semua pasti ingin terhindar dari hal-hal yang bukan?

Perceraian ini seringkali diawali dengan pertengkaran tiada henti. Padahal sebenarnya pertengkaran ini tidak diperlukan jika masing-masing pihak menyadari tugas dan peranannya masing-masing dalam rumah tangga itu sendiri.

Hal ini seringkali dianggap sepele, padahal sebenarnya sangat penting untuk menjaga keutuhan rumah tangga. Pada saat menghadapi pandemi seperti sekarang, dibutuhkan kesabaran tingkat tinggi dalam membina rumah tangga. Banyak pasangan yang terpaksa berpisah hanya karena kurangnya rasa sabar.

Bagaimana tidak, saat ini ada banyak masyarakat yang terkena PHK. Tidak sedikit pula yang mengalami kemunduran dalam usahanya. Secara umum, ini memang masalah yang harus diselesaikan oleh pemerintah. Namun di sisi lain kita juga harus tahu bagaimana cara mengantisipasinya.

Tanpa perlu berlama-lama, ini dia beberapa tips menghindari perceraian yang sangat mudah untuk anda lakukan mulai saat ini.

Jalin Komunikasi dengan Baik Bersama Pasangan

Tips pertama yang bisa dilakukan untuk menghindari perceraian adalah menjalin komunikasi dengan baik bersama pasangan. Tidak ada toleransi dalam hal ini, komunikasi mutlak wajib dilakukan. Soalnya komunikasi adalah aspek utama yang bisa menjaga keharmonisan keluarga anda.

Dengan menjalin komunikasi yang baik, segala permasalahan yang muncul di dalam rumah tangga akan bisa diselesaikan dengan mudah. Lain halnya kalau anda kurang komunikasi, masalah kecil juga akan menjadi besar.

Seringkali pada saat komunikasi tidak terlaksana dengan baik, akan muncul rasa curiga yang jauh lebih besar. Dari rasa curiga inilah kemudian muncul rasa tidak percaya. Hal inilah yang kemudian memicu terjadinya banyak percekcokan di dalam rumah tangga.

Kalau dibiarkan dalam jangka waktu yang lama, sudah tentu kualitas rumah tangga akan sangat menurun. Terlebih dalam kondisi menghadapi pandemi Corona yang sangat menyedihkan ini. Saran kami, lakukan komunikasi secara konsisten dengan pasangan anda untuk menghindari permasalahan seperti ini.

Jangan Saling Menyalahkan Jika Ada Masalah

Tips menghindari perceraian saat masa wabah lainnya adalah tidak saling menyalahkan ketika ada masalah. Pasangan muda seringkali saling menyalahkan ketika sebuah permasalahan muncul di dalam rumah tangga mereka. Hal ini sebenarnya berdampak buruk terhadap kualitas rumah tangga itu sendiri.

Saat keluarga anda memiliki masalah, sebaiknya anda berembuk dengan suami atau istri. Jangan saling menyalahkan, apalagi menganggap kalau kesalahan tersebut disebabkan oleh teman hidup anda. Dengan rembukan bersama pasangan anda ini, permasalahan ini pasti bisa diselesaikan dengan cara yang baik.

Terlebih jika permasalahan Anda adalah masalah perekonomian akibat pandemi. Anda harus bersabar dan memaksimalkan fasilitas yang disediakan oleh pemerintah. Ada banyak sekali fasilitas pemerintah untuk rakyat di saat pandemi ini.

Salah satu contohnya adalah pembagian BLT kepada sebagian besar masyarakat, pemberian keringanan untuk mereka yang memiliki restoran Ke instansi finansial, atau bahkan pemberian fasilitas dana kartu prakerja untuk masyarakat yang kehilangan pekerjaan atau di PHK akibat wabah korona ini.

Tak Malu untuk Meminta Maaf

Tips lain yang bisa dilakukan untuk menghindari perceraian di kala pandemi adalah jangan malu untuk meminta maaf. Di dalam rumah tangga, pertengkaran adalah hal yang lumrah. Bahkan sebagian orang menganggapnya sebagai bumbu pernikahan.

Kalau anda mengalami pertengkaran bersama suami atau istri, pastikan untuk tidak malu meminta maaf. Selain membuat permasalahan selesai dalam waktu singkat, hal ini juga akan menjaga kualitas pernikahan anda bersama pasangan.

Tak usah malu saat meminta maaf karena pasangan anda adalah orang yang akan menemani hidup anda hingga tua nanti. Membiasakan bersikap seperti ini akan menjaga keutuhan rumah tangga anda lebih baik dari apapun.

Untuk Anda yang mengalami banyak permasalahan saat menghadapi pandemi ini, berikan pengertian dengan bahasa yang baik kepada pasangan. Mintalah pasangan untuk memaafkan Anda yang tidak bisa menstabilkan perekonomian di kala pandemi.

Jangan lupa juga untuk memberikan pasangan Anda motivasi. Yakinkan dia kalau semua permasalahan yang muncul akibat pandemi ini akan bisa berakhir dengan baik. Berikan dia pemahaman bahwa perceraian bukan solusi terbaik untuk menyelesaikan permasalahan yang ada saat ini.

Jangan Terlalu Banyak Menuntut

Saat pasangan anda memiliki kekurangan, pastikan untuk tidak terlalu banyak menuntut. Seringkali pasangan muda terlalu banyak menuntut ketika mereka melihat kekurangan dari pasangannya. Kekurangan ini tentunya muncul dari berbagai aspek baik itu karakter, sikap, atau bahkan perekonomian.

Jauh lebih baik kalau anda senantiasa mengedepankan toleransi kepada pasangan. Terima kekurangan mereka dan tutupi kekurangan tersebut dengan apa yang anda miliki. Bersikap seperti ini akan menjauhkan keluarga anda dari perceraian.

Di sisi lain ini memang tugas masing-masing pasangan untuk menjaga kredibilitas pasangannya. Dengan saling memahami seperti ini, semua permasalahan yang muncul akan bisa diselesaikan dengan mudah.

Terlebih kalau kualitas rumah tangga Anda memang mengalami penurunan setelah datangnya pandemi Corona ini. Anda harus bisa menyesuaikan diri dengan keadaan. Jangan terlalu memaksakan diri, atau bahkan menuntut pasangan untuk bisa memenuhi keinginan anda.

Soalnya kebiasaan tersebut sangat rentan memicu percekcokan dalam rumah. Kondisinya akan semakin parah dengan buruknya rumah tangga Anda saat menghadapi pandemi ini. Lakukan segala sesuatu dengan sabar, karena pasangan Anda juga akan mengetik jika waktunya sudah tepat.

Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga dengan Bersikap Baik Kepada Pasangan

Tips menghindari perceraian terakhir yang bisa kami sampaikan adalah menjaga sikap kepada pasangan anda. Sekalipun anda marah, tetap ada batasan yang tidak boleh dilewati. Ini merupakan bentuk penghormatan kepada pasangan yang sudah anda nikahi. Jangan terlalu berlebihan jika pasangan anda melakukan kesalahan.

Posisikan diri anda sebagai sahabat, orang tua, dan pengayom bagi pasangan. Buat mereka merasa nyaman dan jangan pernah merasa terpaksa saat melakukannya. Ini merupakan tanggung jawab anda sebagai tiang dari rumah tangga itu sendiri.

Kalaupun pasangan anda melakukan kesalahan, perlakukan dia dengan baik. Jangan buat dia malu dengan kesalahan yang sudah dilakukan. Berikan pengertian yang mendalam agar dia tahu kalau anda ada tidak menyerah dalam menghadapi pandemi dan permasalahan keluarga yang sedang dialami.

Jika anda melakukannya secara konsisten, kami jamin rumah tangga anda akan baik-baik saja meskipun diterpa berbagai permasalahan saat menghadapi pandemi.

Selain beberapa tips diatas, kami sangat merekomendasikan anda untuk menyisihkan waktu berdua bersama pasangan.

Pergilah ke tempat yang anda sukai dan nikmati waktu anda bersama pasangan di dalamnya. Kalau anda melakukan tips menghindari perceraian di atas secara menyeluruh, kami jamin rumah tangga anda akan baik-baik saja.

TopBack to Top