Binary Options Technology Mengenal Pengertian Teknologi E-Money Beserta Manfaatnya

Mengenal Pengertian Teknologi E-Money Beserta Manfaatnya



Teknologi e-Money saat ini banyak diterapkan di negara – negara berkembang sebagai salah satu alternatif pembayaran. Di negara maju seperti Jepang, Amerika dan yang lainnya, penggunaan e-Money sudah sangat jamak dilakukan. Salah satu alasannya karena uang elektronik tersebut dinilai jauh lebih efektif dan tingkat keamannya juga jauh lebih baik.

Indonesia sendiri juga telah mulai menerapkan hal tersebut di beberapa tempat. Hanya saja pemanfaatannya belum seefektif negara – negara maju. Salah satu kendalanya karena masih banyak masyarakat yang belum paham menggunakannya. Di Jakarta secara khusus sudah banyak tempat perbelanjaan yang melayani pembayaran uang elektronik.

Di perkirakan pada masa depan e-Money menjadi alat pembayaran utama, mengingat begitu banyak kelebihan yang dihadirkan oleh uang ini. Dari segi keamanan misalnya electronic cash ini sangat terjamin keamanannya. Kecil kemungkinan uang tersebut diretas atau dibajak oleh orang lain, karena dilindungi dengan teknologi keamanan tertinggi.

Buat anda yang saat ini masih menggunakan uang konvensional sebagai alat tukar, sudah saatnya beralih mencoba menggunakan uang elektronik tersebut. Untuk menambang pemahaman anda tentang e-Money, kami akan merangkum pengertian, sejarah, serta manfaat apa saja yang dihadirkan oleh electronic cash tersebut pada kehidupan.

Pengertian Teknologi E-Money

E-Money merupakan alat pembayaran yang kini sudah diakui secara resmi di Indonesia. E-Money sendiri sering juga disebut sebagai digital money, electronic currency, digital cash, electronic cash, atau juga uang elektronik. E-Money merujuk pada alat pembayaran yang menggunakan medium elektronik (seperti komputer dan internet) dalam proses transaksinya.

Dilansir dari Wikipedia, uang digital diartikan sebagai uang atau alat pembayaran dalam transaksi internet yang memanfaatkan cara kerja elektronik. Uang elektronik ini tersimpan pada media berupa server atau chip. Saat uang tersebut melakukan pembayaran maka nilai uang yang tersimpan pada server atau chip akan berkurang.

Di Indonesia sendiri penggunaan teknologi e-Money sebagai alat pembayaran yang sah te;ah diatur dalam (1) Peraturan Bank Indonesia Nomor 11/12.PBI/2009 tanggal 13 April 2009, tentang Uang Elektronik, dan (2) Surat Edaran Bank Indonesia No. 11/11/DASP tanggal 13 April 2009 perihal Uang Elektronik.

Uang digital ini diterbitkan oleh suatu penerbit, dan pengguna harus melakukan top up (pengisian saldo) agar bisa memiliki uang elektronik. Nantinya ini bisa digunakan sebagai alat tukar pada penjual yang menyediakan sarana pembayaran dengan penerbit yang sama. Jadi jika uang tersebut dari penerbit yang berbeda tidak bisa digunakan sebagai alat tukar.

Sejarah Terciptanya Teknologi E-Money di Dunia

Di Indonesia sendiri uang digital mulai populer digunakan sejak e commerce mulai bermunculan. Bisa dibilang bahwa baru beberapa tahun belakangan masyarakat Indonesia akrab dengan alat pembayaran digital ini. Padahal di dunia sendiri, E-Money sudah sejak lama diakui sebagai alat pembayaran yang sah.

Sejarah penemuan e-Money sendiri dimulai sejak tahun 1960. IBM dan American Airlines (perusahaan penerbangan di Amerika) bekerja sama membuat sistem SABRE. SABRE atau Semi-Automatic Busines Research Environment merupakan sistem yang menghubungkan jaringan telfon dengan American Airlines.

Melalui sistem tersebut, American Airlines nantinya bisa mengecek jadwal keberangkatan, ketersediaan kursi, dengan mudah serta bisa melakukan pemesanan tiket secara digital. Nantinya tiket yang dipesan tersebut bisa dibayarkan melalui sistem kredit. Sejak tahun 1960 tersebut berbagai perkembangan terus dilakukan dan hasilnya semakin baik.

Barulah pada tahun 1983, David Chaum (seorang ilmuan computer dan kriptografer) memperkenalkan ide teknologi e-Money. David Chaum menciptakan sistem kriptografi serta berhasil membangun Digicash (perusahaan uang digital) di Amsterdam. Hanya saja DIgicash tersebut bangkrut pada tahun 1998 dan David Chaum meninggal setahun setelahnya.

Tahun 1997 perusahaan Cocacola menawarkan mobile payments sebagai alat pembayaran pada vending machine. Setelah itu muncul juga lah PayPal (perusahaan e-Money) yang membuat money digital semakin populer di dunia. Hingga saat ini berbagai jenis uang digital sudah diakui sebagai alat tukar yang sah. Di Indonesia sendiri berbagai jenis e-Money juga sudah hadir dan diakui sebagai alat pembayaran sah.

Manfaat yang Dihadirkan E-Money

Salah satu alasan mengapa lebih banyak orang menggunakan e-Money sebagai alat pembayaran tentu saja karena banyak manfaat yang dihadirkannya. Dari segi kemudahan dan kepraktisan jelas menjadi salah satu alasan. Beberapa manfaat lain yang dihadirkan oleh E-Money adalah sebagai berikut.

  1. Proses Transaksi Semakin Mudah dan Efektif

Melalui teknologi e-Money maka setiap proses transaksi nantinya semakin mudah dan efektif dilakukan. Cukup dengan melakukan transaksi melalui smartphone atau kartu, maka seberapa besar pun tagihan pembayaran bisa dilakukan dalam hitungan detik saja. Hal ini tentu membuat pengguna jadi lebih nyaman.

  1. Tidak Memerlukan Uang Kembalian

Dengan adanya digital cash tersebut maka uang kembalian nantinya dihilangkan. Pada uang konvensional terkadang penjual repot dengan uang kembalian tersebut. Melalui digital cash ini maka uang kembalian nantinya ditiadakan karena sudah bisa menerapkan pembayaran dengan nominal pas. Hal ini tentu memberikan keuntungan tersendiri.

  1. Sifatnya Aplikatif

Manfaat lain yang dihadirkan oleh digital cash ini adalah sifatnya aplikatif. Aplikatif maksudnya digital cash ini nantinya bisa diterapkan di segala tempat yang telah menerapkan teknologi e-Money. Di Indonesia sendiri digital cash sudah bisa digunakan untuk membayar tol, parker, tiket transportasi, e commerce, dan yang lainnya.

Di kota – kota besar Indonesia sudah banyak masyarakat memilih menggunakan digital cash dibanding pembayaran dengan uang konvensional. Bahkan beberapa pedagang kecil sekalipun sudah banyak menerapkan sistem ini. Tentunya jika seluruh masyarakat sudah menggunakan digital cash, pasti setiap transaksi semakin nyaman dilakukan.

Kelebihan Uang Digital

Semakin hari semakin banyak orang atau pedangan yang menerapkan teknologi e-Money sebagai sistem pembayaran mereka. jika dilihat secara cermat, sebenarnya banyak kelebihan yang dihadirkan oleh electronic cash tersebut. Salah satu kelebihannya adalah mudah dibawa ke mana – mana.

Jika anda memiliki kartu e-Money, maka anda nantinya tidak perlu lagi membawa tunai dalam jumlah banyak. Kartu tersebut memiliki jumlah limit tak terbatas. Jadi ke mana pun anda pergi, asalkan sistem pembayaran digital cash tersedia, seberapa banyak pun belanjaan anda bisa dibayar dengan mudah melalui e-Money tersebut.

Selain itu digital cash ini juga memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih baik. Dibanding dengan uang tunai, jauh lebih aman menggunakan digital cash. Anda tidak perlu takut terkena copet atau dompet terjatuh. Jika kartu e-Money hilang misalnya, maka kartu tersebut tidak akan bisa digunakan oleh orang lain. Anda tinggal memblokir kartu tersebut, dan membuat kartu baru, maka saldo anda tetap aman nantinya.

Berbagai kelebihan yang dihadirkan oleh uang elektronik tersebut tentu akan membuat kehidupan jadi lebih nyaman. Oleh karena itu sudah saatnya menggunakan teknologi e-Money pada kehidupan sehari – hari anda.

TopBack to Top