Binary Options Technology Teknologi E-commerce Hadirkan Peluang Bisnis Paling Menjanjikan

Teknologi E-commerce Hadirkan Peluang Bisnis Paling Menjanjikan



Saat ini teknologi e-commerce memegang peran penting dalam bidang bisnis di berbagai belahan dunia. Di Indonesia e-commerce juga tumbuh dengan pesat. Hal ini tak lain karena pola hidup masyarakat Indonesia yang sudah banyak bergantung pada teknologi. Istilah belanja online semakin populer saat ini karena memberikan kemudahan serta keuntungan.

Situs belanja online di Indonesia tampaknya menjadi sebuah peluang bisnis yang sangat menjanjikan. Pasalnya sudah banyak e-commerce yang memiliki pengunjung lebih dari 100 juta orang. Angka tersebut tentu tidak kecil, mengingat baru beberapa tahun belakangan e-commerce dikenal oleh masyarakat luas. Sudah banyak penjual yang menutup toko konvensionalnya dan beralih berjualan di toko online.

Kemudahan dan efektifitas yang ditawarkan oleh situs belanja online tersebut membuat banyak orang tertarik mengunjunginya. Masyarakat Indonesia yang suka dengan sesuatu yang simpel dan mudah menjadi terpikat olehnya. Bukan hanya penjual yang meraih untung dengan hadirnya e-commerce tersebut tetapi para pengunjung juga meraih untung.

E-commerce menjadi salah satu bisnis paling menjanjikan yang penting dipahami saat ini. Buat anda yang ingin bergelut di bidang bisnis, penting memahami lebih dalam tentang situs belanja online, serta peluang yang dihadirkan untuk masa depan. Perubahan yang dihadirkan oleh teknologi tidak bisa dibantah, demikian juga halnya dengan kehadiran e-commerce tersebut.

Pengertian Teknologi E-commerce

E-commerce atau perdagangan elektronik dapat diartikan sebagai aktivitas penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui layanan sistem elektronik dan jaringan internet. E-commerce lebih umum dikenal sebagai situs belanja online, karena pada situs tersebut banyak ditemukan para penjual memasarkan produk jualan mereka secara online.

Elektronic commerce dapat juga diartikan sebagai transaksi bisnis terjadi dengan memanfaatkan jaringan elektronik. Setiap orang mampu mengakses smartphone atau komputer yang terhubung ke internet sudah pasti bisa ambil bagian dalam proses jual beli di e-commerce. Perdagangan elektronik ini dinilai sebagai sistem bisnis masa depan efektif serta memberikan banyak keuntungan.

Hadirnya teknologi e-commerce memungkinkan bisnis bertumbuh semakin cepat dan jangkauannya semakin luas. Anda bisa memasarkan produk anda dengan mudah ke seluruh penjuru dunia lewat e-commerce tersebut. Jangkauan luas dan efektivitas yang lebih baik ini lah yang menjadi salah satu alasan e-commerce bertumbuh dengan pesat.

Pada perdagangan elektronik ini hampir semua produk bisa dipasarkan, dan penggunanya juga sangat beragam. Mulai dari pedagang kecil hingga pedagang besar, semuanya bisa ambil bagian pada sistem jual beli online ini. E-commerce memerlukan teknologi basis data (data bases), e-mail, dan sistem pengiriman barang dalam penerapannya.

Jenis – jenis Penerapan Teknologi E-commerce di Indonesia

Di Indonesia sendiri e-commerce juga mulai populer diterapkan. Bahkan saat ini sudah ada beberapa e-commerce yang meraih predikat sebagai start up. Hal ini menjadi bukti bahwa perkembangannya begitu pesat dan iklim bisnisnya begitu menggairahkan. Berikut ini beberapa jenis penerapan perdagangan elektronik di Indonesia.

  1. Iklan Baris
    Iklan baris merupakan salah satu penerapan e-commerce di Indonesia dengan sistem sederhana. Iklan baris ini diterapkan dengan cara memanfaatkan sosial media sebagai wadah untuk beriklan. Konsepnya sama persis dengan iklan di koran, hanya saja bentuknya hadir secara online. Jadi penjual dan pembeli nantinya bisa berinteraksi langsung untuk melakukan proses jual beli.
  2. Retail

Retail juga menjadi salah satu contoh penerapan teknologi e-commerce di Indonesia. Dalam hal ini proses jual beli dilakukan berdasarkan sistem yang ditetapkan oleh pihak yang bersangkutan. Jadi misalnya ada suatu perusahaan yang ingin memasarkan barang, maka mereka membangun situs web sendiri untuk berjualan. Retail biasanya memiliki produk yang terbatas, karena dikuasai oleh pihak pembuat saja.

  1. Marketplace

Marketplace bisa dibilang sebagai salah satu perdagangan elektronik paling populer di dunia. Situs belanja online ini menyediakan tempat berjualan secara online. Jadi siapa saja yang ingin berjualan online bisa membuka toko pada marketplace. Marketplace jauh lebih menjanjikan karena mudah diakses oleh para pembeli.

Keuntungan yang Dihadirkan Oleh Perdagangan Elektronik

Perdagangan elektronik ini sangat bergantung pada kemudahan akses internet. Asalkan di suatu daerah akses internet mudah dan cepat, maka kemungkinan besar situs belanja online dapat bertumbuh di sana. Perdangan elektronik ini begitu digemari karena sangat menguntungkan. Berikut beberapa keuntungan yang dihadirkan oleh sistem perdagangan online.

  1. Tidak Ada Batasan Geografis

Salah satu keuntungan yang dihadirkan oleh teknologi e-commerce adalah tidak adanya batasan geografis. Walaupun anda berjualan di Jakarta, masyarakat dari Papua tetap bisa membeli produk belanjaan anda dengan mudah dan cepat. Hal ini tentu membuat kesempatan bisnis bertumbuh semakin lebar dengan pangsa pasar semakin luas.

  1. Akses Terbuka Selama 24 Jam

Keuntungan lain yang dihadirkan oleh perdagangan elektronik ini adalah aksesnya buka selama 24 jam. Jadi kapan pun konsumen ingin berbelanja, mereka dapat melakukannya dengan mudah karena layanan perdagangan tersebut aktif selama 24 jam. Beberapa layanan elektronik bahkan telah menerapkan sistem yang bisa melayani konsumen secara otomatis.

  1. Memudahkan Proses Belanja Bagi Konsumen

Keuntungan lain dari teknologi e-commerce tersebut bukan hanya dirasakan oleh para penjual tetapi juga oleh para konsumen. Konsumen tidak perlu lagi repot – repot mencari barang mereka perlukan. Cukup menggunakan fitur pencarian, maka dalam hitungan detik barang keperluan bisa ditemukan dengan mudah.

  1. Pengeluaran Jauh Lebih Hemat

Perdagangan elektronik ini sangat efektif menghemat pengeluaran. Para pedagang tidak perlu lagi membangun toko fisik, karena lapak berjualan sudah bisa dilakukan secara online. Selain itu pajak yang dikenakan juga jauh lebih hemat. Dengan demikian harga produk bisa diturunkan, dan kemungkinan dibeli konsumen jadi lebih besar.

Tantangan yang Dihadapi Teknologi E-commerce

Terlepas dari berbagai keunggulan dihadirkan oleh e-commerce hingga saat ini perdangan elektronik ini masih memiliki banyak rintangan harus dilewati. Seperti kita ketahui bahwa dalam dunia internet tidak ada hal 100 persen terjamin aman. Salah satu tantangan kerap dihadapi perdagangan elektronik ini adalah sering terjadi peniupan.

Dalam marketplace misalnya beberapa kali konsumen tertipu oleh penjual fiktif atau palsu. Untungnya beberapa marketplace menerapkan secara ketat teknologi keamanan sehingga peluang konsumen terkena tipu bisa dihilangkan. Selain itu pencurian identitas juga kerap terjadi di beberapa perdangan digital sehingga membuat keamanan konsumen kurang baik.

Hal ini jelas menjadi kendala yang harus diubah kedepannya agar sistem perdagangan elektronik tersebut semakin bertumbuh dan memberikan dampak positif untuk masa depan. Dengan perkembangan teknologi dan tingkat keamanan semakin baik, bisa dipastikan beberapa tantangan saat ini dihadapi oleh market place pasti bisa dihadapi dengan baik. teknologi e-commerce merupakan peluang bisnis sangat menjanjikan dan dijamin menguntungkan.

TopBack to Top