Binary Options Technology Teknologi Game Jadi Salah Satu Jurusan Menjanjikan Saat Kuliah

Teknologi Game Jadi Salah Satu Jurusan Menjanjikan Saat Kuliah



Teknologi game saat ini mulai digeluti karena memiliki prospek yang sangat menjanjikan. Jika dulu game hanya dijadikan sebagai salah satu hiburan maka kini kalangan muda menjadikan gaming sebagai pekerjaan. Bahkan beberapa gamers ternama di Indonesia meraih penghasilan hingga puluhan juta rupiah setiap bulannya.

Perusahaan gaming pun mulai serius menggarap permainan yang dirilis. Bisa dibilang bahwa industri ini sangat menjanjikan karena tidak se kompleks industri lainnya. Berkarier dalam dunia gaming juga menawarkan banyak posisi jabatan menarik. Jadi kaum muda yang kreatif dan memiliki minat besar terhadap permainan elektronik kini bisa memilih berkarier dalam industri ini.

Salah satu hal menarik saat ini adalah telah tersedia jurusan gaming di beberapa kampus Indonesia. Jadi buat kamu yang gemar bermain dan ingin menekuni bidang ini secara keilmuan, maka kamu bisa berkuliah pada bidang tersebut. Bisa dipastikan bahwa program kuliah gaming sangat seru dan berbeda dengan mata kuliah pada umumnya.

Sebagai mahasiswa bidang studi permainan, tentu tugas kamu sewaktu kuliah bukan bermain game. Tetapi mempelajari secara mendalam tentang proses pembuatan game, merancang cerita, mempelajari programming, dan hal lain terkait game. Jadi walapun mata kuliahnya permainan, pasti bidang keilmuan yang ditonjolkan pada mata kuliah ini.

Tentang Jurusan Teknologi Game

Program studi gaming merupakan jurusan tergolong baru di Indonesia. Walaupun demikian peminat bidang ini cukup banyak, terutama dari kalangan anak muda. Jenis permainan dihadirkan saat ini berbeda dengan permainan kanak – kanak. Oleh karena itu tak heran bila banyak orang dewasa yang turut berkecimpung dalam dunia permainan.

Belum lagi saat ini e-sport telah diakui sebagai salah satu cabang olahraga serta diperlombakan pada ajang Olimpiade dan ajang olahraga resmi lainnya. Hal ini tentu membuat industri permainan semakin tumbuh, dan lowongan karier juga terbuka. Hal ini juga membuat program studi permainan dibuka di beberapa kampus ternama.

Secara umum bidang studi teknologi game mempelajari secara mendalam hal – hal terkait permainan, mulai dari proses permainan tersebut dibuat hingga bisa dimainkan oleh para penggemar. Bukan hanya proses pembuatan permainan dipelajari, tetapi juga pemasaran permainan tersebut juga dipelajari sehingga bisa diterima masyarakat luas.

Secara umum mata kuliah dipelajari pada jurusan gaming, seperti membuat animasi, logika, algoritma pemrograman, perancangan karakter, komputer grafis, dan banyak lagi. Di Indonesia sendiri jurusan ini sudah tersedia untuk program diploma, sarjana, hingga magister. Jadi untuk anda yang ingin menggeluti bidang ini, sudah banyak tempat untuk mengekspresikannya.

Kampus yang Membuka Jurusan Teknologi Game

Mengingat peminat permainan begitu banyak di Indonesia membuat beberapa perguruan tinggi mulai membuka jurusan gaming. Buat anda lulusan SMA yang masih bingung memilih bidang studi, teknologi permainan ini bisa dijadikan pilihan. Berikut beberapa kampus ternama di Indonesia menyediakan jurusan permainan.

  1. Institut Teknologi Bandung (ITB)

ITB merupakan salah satu kampus yang telah menyediakan program studi permainan. Hanya saja jurusan tersebut hanya tersedia untuk jenjang S2 saja. Nama jurusan tersebut adalah Teknologi Media Digital dan Game. Mata kuliah yang tersedia di ITB adalah Intelligent Game Theory, 3D Modeling & Animasi, dan lainnya.

  1. Institut Teknologi Sepuluh November (ITS)

Selain ITB, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) juga telah membuka program studi teknologi game. Sama seperti ITB jurusan ini juga hanya tersedia untuk jenjang S2. Jurusan tersebut merupakan hasil kerjasama kampus dengan Depdiknas Biro Perencanaan Luar Negeri. Untuk mahasiswa jurusan Teknik Komputer mendapat mata kuliah game pada jenjang S1.

  1. Universitas Bina Nusantara

Binus University juga menjadi salah satu kampus di Indonesia yang membuka program studi gaming. Game Aplication and Technology ini dibuka untuk jenjang sarjana sejak tahun 2011. Di kampus ini mata kuliah utama yang diajarkan meliputi game design, game programming, game art, dan lainnya. Hingga saat ini sudah banyak lulusan binus yang bekerja di perusahaan gaming.

  1. Universitas Negeri Malang

Universitas Negeri Malang juga menghadirkan program studi game untuk program D3. Fokus utama pelajaran di kampus ini adalah pembuatan game 2D dan 3D. untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana, di kampus ini mahasiswa bisa meneruskannya ke jurusan Desain Komunikasi Visual bidang permainan.

Profesi Menjanjikan Lulusan Teknologi Game

Jika kuliah di program studi teknologi permainan, tentu saja yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah menjadi apa lulusan studi ini kelak. Mengingat program studi ini baru eksis beberapa tahun belakangan, jadi wajar jika banyak orang yang meragukannya. Berikut ini kami rangkum profesi atau karier lulusan teknologi permainan yang menjanjikan.

  1. Game Developer

Salah satu profesi yang sangat menjanjikan lulusan teknologi gaming adalah menjadi seorang developer. Jadi setelah lulus maka anda nantinya bisa menjadi pembuat game. Pembuat game yang dimaksud meliputi merancang game, membuat story board, mengembangkan karakter dan yang lainnya. Profesi ini sangat dibutuhkan oleh perusahan permainan.

  1. Esport Gamer

Pekerjaan lain cocok untuk lulusan teknologi game adalah menjadi atlet e-sport. Saat ini berbagai turnamen e-sport dunia rutin diselenggarakan dengan hadiah mencapai miliaran. Oleh karena itu menjadi atlet e-sport merupakan profesi yang menjanjikan. Lulusan teknologi permainan tentu berpotensi menjadi atlet e-sport asalkan piawai bermain.

  1. Pengembang Aplikasi Android

Profesi lain yang tepa digeluti lulusan jurusan permainan adalah menjadi pengembang aplikasi android. Saat ini banyak orang yang membutuhkan jasa pengembang aplikasi. Saat berkuliah di jurusan permainan, anda akan diajari pemrograman dan pengembangan aplikasi. Oleh karena itu lulusan gaming selalu punya kesempatan karier cemerlang.

  1. Akademisi Bidang Multimedia dan Permainan

Profesi lain yang bisa dimasuki oleh lulusan gaming adalah menjadi seorang akademisi. Saat ini belum banyak tenaga pengajar yang menguasai bidang permainan. Oleh karena itu jika berkuliah di program studi permainan tentu membuka peluang besar untuk anda menjadi seorang akademisi. Diperkirakan kedepannya jurusan ini semakin diminati seiring perkembangan game yang begitu pesat.

Kemampuan yang Perlu Dimiliki Untuk Kuliah di Jurusan Gaming

Tentu agar bisa berkuliah di program studi teknologi game, kemampuan yang harus dimiliki bukan hanya kemampuan bermain gaming saja. Anda juga harus menguasi bidang lain agar bisa mengikuti pelajaran. Setidaknya terdapat 3 kemampuan utama perlu dimiliki untuk berkuliah di jurusan tersebut, yaitu kemampuan desain, kemampuan menciptakan karakter, dan kemampuan programming.

Jika ketiga kemampuan tersebut sudah anda miliki, maka lulus dari jurusan tersebut memungkinkan anda mampu membuat permainan. Pada umumnya materi pelajaran pada jurusan permainan tidak jauh berbeda dengan materi pelajaran pada jurusan teknik informasi.

Jadi untuk anda yang merasa berminat pada jurusan gaming, pastikan untuk memiliki ketiga kemampun dasar tersebut. jurusan teknologi game merupakan jurusan paling menjanjikan dan memberikan pengalaman baru.

TopBack to Top