Binary Options Technology Teknologi Olahraga Membuat Permainan Semakin Adil dan Menarik

Teknologi Olahraga Membuat Permainan Semakin Adil dan Menarik



Penggunaan teknologi olahraga pada awalnya menimbulkan pro dan kontra. Pihak kontra menganggap bahwa kehadiran teknologi tersebut menghilangkan keindahan dalam dunia olahraga. Namun secara perlahan pihak kontra mulai berkurang dan teknologi diterima sebagai bagian penting dalam dunia olahraga.

Salah satu alasan mengapa teknologi modern dihadirkan pada bidang olahraga tujuannya untuk membuat pertandingan semakin adil dan sportif. Pada setiap pertandingan atau perlombaan wasit ditunjuk agar membuat permainan agar berlangsung lancar, aman, dan adil. Namun mengingat manusia dipenuhi oleh ketidaksempurnaan, membuat banyak ketidakadilan terjadi dalam permainan.

Hadirnya perangkat elektronik dalam permainan diharapkan bisa meringankan tugas pengadil lapangan serta mampu menciptakan permainan adil dan sportif. Selain untuk kepentingan pertandingan, perangkat elektronik juga dimanfaatkan untuk membantu pemain dalam meningkatkan potensi yang mereka miliki.

Hampir seluruh bidang olahraga saat ini memanfaatkan bantuan perangkat elektronik dalam permainannya. Beberapa teknologi bahkan memberikan dampak besar karena mempengaruhi hasil pertandingan. Berikut ini kami rangkum untuk Anda beberapa bidang olahraga yang telah memanfaatkan teknologi pada permainannya.

Teknologi Olahraga Pada Sepak Bola

Dunia sepak bola merupakan salah satu cabang olahraga yang banyak memanfaatkan teknologi. Sebelum perangkat elektronik tersebut diterapkan pada permainan sering terdapat keputusan wasit yang merugikan salah satu tim. Hadirnya perangkat elektronik tersebut diharapkan mampu mengatasinya.

Salah satu perangkat elektronik yang dimanfaatkan pada sepak bola adalah Video Assistant Referee (VAR). VAR baru diperkenalkan pada tahun 2016 di dunia sepak bola, tepatnya pada kompetisi MLS (Major League Soccer). Tugas VAR tersebut adalah sebagai asisten wasit. saat wasit ragu mengambil keputusan, maka wasit nantinya bisa melihat tayangan ulang pada VAR tersebut.

Secara umum VAR merekam seluruh kejadian yang terjadi pada pertandingan tersebut. Berbagai sudut kamera dihadirkan sehingga membuat wasit mampu mengambil keputusan paling tepat. Hanya saja tugas VAR tersebut hanya sebagai asisten karena keputusan tetap berada di tangan wasit. Saat ini teknologi olahraga VAR sudah diterapkan di seluruh liga top Eropa, dan Indonesia juga sudah menerapkannya.

Selain VAR perangkat modern lain yang digunakan dalam sepak bola adalah goal line atau garis gawang. Teknologi ini dimanfaatkan untuk mendeteksi terjadinya goal pada pertandingan sepak bola. Dalam sepak bola goal dinyatakan jika bola telah melewati garis gawang. Hanya saja terkadang wasit tidak melihat apakah bola sudah lewat garis atau belum.

Dengan adanya goal line ini, setiap kali bola telah melewati garis gawang maka secara otomatis akan diberitahukan goal. Walaupun bola baru sebagian melewati garis gawang, jika telah terdeteksi goal line tersebut, maka langsung diberitakan lewat jam tangan wasit. Penggunaan perangkat modern ini jelas membuat pertandingan sepak bola semakin adil.

Penggunaan Teknologi Olahraga Pada Balapan F1

Selain sepak bola, olahraga balapan F1 juga telah memanfaatkan perangkat elektronik sebagai pendukung balapan. Jika dalam sepak bola teknologi digunakan untuk menciptakan permainan yang adil, maka dalam balapan F1 pemanfaatan perangkat elektronik tersebut lebih kepada keselamatan para pembalap.

Perangkat yang diterapkan pada balapan F1 adalah perangkat HANS. HANS merupakan singkatan dari Head and Neck Support. Perangkat ini dirancang oleh Dr. Robert Hubbard (professor di Michigan State University) sekitar tahun 1980-an. Peralatan modern ini digunakan untuk melindungi pembalap saat mengalami kecelakaan.

Dulunya saat terjadi kecelakaan, pembalap rentan mengalami keretakan tengkorak. Hal ini terjadi karena saat kecelakaan, tubuh pembalap tertahan oleh sabuk, sedangkan kepala pembalap mengalami pergerakan ekstrim. HANS kemudian diciptakan untuk mengatasi hal tersebut, sehingga saat kecelakaan terjadi kepala pembalap bisa tetap terlindungi.

HANS diterapkan pada helm pembalap yang berbentuk seperti pengait. Teknologi olahraga ini nantinya mencegah gerakan ekstrim pada leher dan kepala pembalap saat terjadi kecelakaan. Pada tahun 1989 perangkat ini sudah mulai diterapkan pada balapan dan efektif melindungi pembalap dari kematian.

Peran HANS tersebut sangat besar, karena mampu mengurangi 80% risiko cedera kepala saat terjadi tabrakan. Hingga saat ini teknologi modern diterapkan pada semua ajang balapan mobil dan menjadi bagian standar keamanan. HANS memang sempat mengalami penolakan dari beberapa pembalap, namun saat ini HANS sudah wajib diterapkan.

Teknologi Olahraga Pada Tenis dan Bulu Tangkis

Bidang olahraga lain yang juga memanfaatkan elektronik modern pada permainannya adalah tenis dan bulu tangkis. Pada olahraga tenis dan bulu tangkis, wasit memerlukan bantuan asisten untuk melihat apakah bola masuk lapangan atau tidak. Namun sering kali asisten tidak mampu memberikan keputusan tepat karena aliran bola terlalu cepat.

Keputusan wasit yang kurang tepat tentu merugikan salah satu tim. Untuk mengatasi hal tersebut, maka olahraga tenis menerapkan teknologi Hawk-Eye dalam permainannya. Hawk-Eye atau mata elang cara kerjanya mirip dengan VAR pada sepak bola. Jadi bola yang jatuh dekat garis nantinya ditayangkan ulang melalui perangkat elektronik sehingga wasit dapat melihat letak jatuhnya bola.

Pada olahraga tenis, Teknologi olahraga ini sudah diperkenalkan oleh International Tennis Federation (ITF) sejak tahun 2005. Sedangkan pada bulu tangkis sendiri perangkat ini baru diterapkan oleh Badminton Word Federation (BWF) sejak tahun 2014. Tentu saja kehadiran elektronik modern ini membuat pertandingan semakin adil.

Hawk-Eye bisa diminta pemain saat merasa bola pukulannya masuk tetapi dikatakan keluar oleh hakim garis. Bila wasit mengizinkan maka review akan diputar ulang. Tetapi jika wasit menolak untuk menggunakannya, maka pemain tidak bisa melakukan protes. Sama seperti VAR dalam sepak bola keputusan wasit tetap mutlak dalam penggunaan perangkat ini.

Fitness Tracker Sebagai Penunjang Kegiatan Olahraga

Saat ini pemanfaatan teknologi olahraga bukan hanya dilakukan pada beberapa bidang saja. olahraga yang kita lakukan sehari – hari juga perlu memanfaatkan barang elektronik agar meningkatkan efektifitas saat berolahraga. Salah satu peralatan yang sangat bermanfaat adalah Fitness tracker. Alat yang satu ini mampu mengukur atau memantau seluruh perkembangan yang Anda capai saat berolahraga.

Fitness tracker ini pertama kali diciptakan oleh Adidas dan disematkan pada sepatu sepak bola. Alat ini akan mengukur pergerakan si pemakai sepatu tersebut selama latihan. Sejak saat itu fitness tracker terus dikembangkan dan pemakaiannya semakin meluas. Saat ini fitness tracker bahkan sudah bisa dipasang pada ponsel android untuk mencatat seluruh pergerakan yang Anda lakukan.

Selain hadir dalam bentuk aplikasi android, fitness tracker ini juga dihadirkan dalam bentuk jam, sehingga semakin mudah dibawa ke mana – mana. Melalui alat ini, Anda nantinya bisa mengetahui jumlah langkah yang telah ditempuh, jumlah kalori yang terbakar, hingga angka detak jantung. Alat yang satu ini banyak dimanfaatkan untuk membantu kegiatan olahraga.

Peran teknologi dalam kehidupan manusia begitu besar, bahkan manusia saat ini sudah sangat bergantung kepadanya. Tentu saja jika dimanfaatkan secara positif, perangkat elektronik tersebut pasti membuat kehidupan semakin mudah dan baik. Dalam dunia oleh raga teknologi olahraga tersebut terbukti mampu membuat pertandingan semakin adil dan sportif.

TopBack to Top