Binary Options Sports Jersey Ketiga Timnas Indonesia yang Launching Setelah 22 Tahun

Jersey Ketiga Timnas Indonesia yang Launching Setelah 22 Tahun



Jersey Ketiga Timnas Indonesia akhirnya diluncurkan setelah 22 tahun lamanya tidak ada. Seragam olahraga sepak bola tim Merah Putih ini terakhir kali terlihat pada tahun 1998. Jersey ini diperkenalkan kepada publik di Garuda Store, Kawasan Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Selasa (17/11/2020).

Pada peluncuran tersebut dihadiri pihak PSSI, seperti Ketua Umum PSSI, Plt Sekretaris Jenderal PSSI, CEO PT Mitra Kreasi Garmen atau Mills Sport, serta para awak media yang meliput jalannya acara. Beberapa jersey terlihat terpajang rapi serta jersey ketiga tersebut dipasangkan pada patung peraga.

Jersey ini adalah seragam alternatif yang akan dipakai pemain, bila jersey home atau away sedang dalam keadaan tidak mungkin digunakan. Selain itu juga merupakan salah satu bentuk kreasi dari ide kreatif klub atau tim nasional untuk menyampaikan suatu pesan, seperti misi dan harapan.

Jersey Ketiga Timnas Indonesia berwarna dasar hitam ini diberikan nama ‘Black Garuda’. Banyak sekali makna filosofis mendalam dari Black Garuda yang harus Anda tau sebagai penggemar sepak bola Indonesia. Makna – makna tersebut tertuang dengan baik pada desain simpel namun sangat elegan pada seragam ketiga tersebut.

Kegunaan Third Jersey

Jersey ketiga Timnas Indonesia ini dibuat bukan tanpa alasan, melainkan ada beberapa ketentuan serta alasan yang mendasarinya. Umumnya pada tim atau klub sepak bola akan memiliki dua hingga tiga buah model baju seragam yang dipakai di lapangan. Terkadang ‘jersey’ sering pula disebut sebagai ‘kits’.

Kits terbagi menjadi tiga, yaitu Home Kits, Away Kits, serta Third Kits. Ketiga jenis seragam tersebut memiliki ketentuan serta kegunaannya masing – masing sehingga tidak bisa digunakan sembarangan. Penyedia Kits ini juga tidak boleh main – main dan harus terpercaya karena memiliki makna dalam.

Home Kits digunakan saat tim tersebut tengah bermain di kandangnya sendiri. Away Kits digunakan para pemain ketika bermain di kendang lawan atau bermain tandang. Sedangkan Third Kits akan digunakan bila tim bermain di kendang atau pada kendang lawan, namun pada kondisi tertentu.

Kondisi ketika warna baju dari kedua tim adalah sama atau mendekati sama. Misalnya kedua tim sama – sama mengenakan warna baju merah sehingga sulit dibedakan. Pada keadaan tersebut kedua tim harus mengganti baju. Tentu hal tersebut harus disetujui oleh kedua tim yang akan bertanding sebelumnya.

Selama 22 tahun terakhir, Tim Nasional Indonesia hanya memiliki dua jersey. Tepatnya terakhir kali terdapat yang ketiga adalah tahun 1998. Sehingga peluncuran third jersey di tahun 2020 ini menjadi pencapaian baru lagi untuk Indonesia setelah sekian lama hanya membutuhkan dua baju.

Jersey Ketiga Timnas Indonesia

Black Garuda yang diluncurkan ke publik di pertengahan November 2020 ini, memiliki tampilan cukup berbeda dibandingkan seragam sebelumnya. Warna hitam pada seragam ketiga baru tersebut terlihat cukup mencolok bila dibandingkan pada warna yang umum digunakan, yaitu merah dan putih.

Warna hitam yang mendominasi jersey ketiga Timnas Indonesia dihiasi corak Garuda berukuran lumayan besar di bagian depan. Terdapat kerah yang terlihat elegan disertai warna emas, mengikuti warna burung Garuda serta lambang dari penyedia apparelnya. Selain itu, warna emas tersebut juga terlihat menghiasi bagian bawah lengan.

Pada tengah bajunya juga terdapat corak yang tidak terlalu kentara karena berwarna abu – abu tua. Corak tersebut berupa beberapa garis berbentuk perisai segi lima. Corak perisai segi lima itu berada di bagian tengah, yaitu dada serta atas perut sehingga menambahkan tingkat elegannya.

Celananya berwarna hitam namun tidak terlihat bercorak perisai segi lima seperti pada bajunya. Di bagian pinggir terdapat garis emas yang menyesuaikan dengan model bajunya. Begitu pula pada kaos kaki yang juga berwarna hitam dengan garis emas, tidak lupa dilengkapi oleh logo Mills Sport.

Filosofi Jersey Ketiga Timnas Indonesia

Jersey ketiga ini tentu memiliki makna filosofis seperti pada luncuran – luncuran sebelumnya. Pada bagian dada terdapat lambing negara, yaitu Garuda Indonesia yang mengandung lima sila sebagai dasar negara Indonesia. Keberadaan Garuda Indonesia memang selalu ada pada setiap seragam serta harus dipertahankan.

Dengan Garuda Indonesia di jersey ketiga Timnas Indonesia tersebut, diharapkan pemain selalu dan semakin bersemangat saat mengenakan seragamnya. Hal tersebut disebabkan karena lambang itu menjadi bukti identitas Indonesia. Hanya satu – satunya timnas di dunia yang mengenakan ini, yaitu Indonesia, sehingga harus bangga akan hal itu.

Pemilihan warna hitam pada seragam ketiga ini adalah karena up to date dan fleksibel pada warna apa saja. Selain itu juga mengikuti tren warna saat ini. Tren jersey olahraga yang sedang ramai dipakai beberapa waktu belakangan ini adalah warna hitam, serta memperlihatkan kesan elegan.

Sedangkan garis emas yang menghiasinya memiliki filosofi harapan. Harapan akan adanya tinta emas atau prestasi gemilang yang akan ditorehkan oleh Tim Nasional generasi emas kebanggaan Merah Putih ini. Terlebih tahun depan akan diselenggarakan Piala Dunia U-20 yang sangat menegangkan.

Corak perisai berbentuk segi lima di bagian belakang lambang Garuda Indonesia juga memiliki makna tersendiri, yaitu lima sila dari Pancasila. Dengan adanya corak tersebut maka tersimpan harapan agar pemain lebih percaya diri serta memiliki identitas untuk membela Garuda terbang menjulang tinggi di pertandingan.

Dirilis oleh Mills Sport

Black Garuda ini diluncurkan oleh penyedia apparel Timnas Indonesia, Mills Sport, yang telah resmi dipilih PSSI mulai tahun 2020. PSSI selaku federasi tertinggi sepak bola Indonesia, telah menyatakan memilih Mills pada bulan Februari 2020 di laman resminya, untuk memenuhi kebutuhan timnas dari berbagai usia.

Pemilihan Mills Sport sebagai apparel Timnas Indonesia ini melalui banyak pertimbangan matang, salah satunya adalah komitmen Mills untuk memberi dukungan pada Tim Nasional Indonesia. Namun tidak hanya itu, hal ini juga dilakukan sebagai salah satu upaya PSSI dalam mendukung produk lokal karya anak bangsa.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa dirinya merasa bangga kepada Mills Sport karena beberapa alasan. Alasan pertama adalah baju jersey ketiga Timnas Indonesia ini adalah buatan Indonesia. Selain itu, alasan selanjutnya adalah segala yang diminta oleh pihak PSSI, dapat terpenuhi oleh Mills dengan baik.

Sehingga pria yang biasa disapa dengan ‘Iwan Bule’ tersebut, menambahkan bahwa para pemain Tim Nasional Indonesia memang sudah patut bangga atas Black Garuda yang digunakan di lapangan. Hal ini menjadi salah satu hal yang bisa dibanggakan dari seragam tim nasional di tahun ini.

Keberadaan Mills ini memang awalnya sudah menjadi kandidat yang kuat untuk menjadi penyedia apparel di sepak bola Indonesia. Serta kehadirannya adalah untuk menggantikan Warrix yang berasal dari Thailand, dimana sebelumnya pernah menjadi penyedia seragam digunakan tim nasional U16 dan U19.

Tentunya dengan keberadaan Mills Sport, diharapkan produk karya anak bangsa bisa terus berkembang. Terlebih kualitasnya sudah sangat baik dan bahkan pas digunakan untuk tim kebanggaan Indonesia. Harapannya membuat timnas lebih percaya diri dan memperoleh keemasan saat menggunakan Jersey Ketiga Timnas Indonesia.

TopBack to Top