Binary Options Sports Rekomendasi Alat Olahraga untuk Workout Saat di Rumah

Rekomendasi Alat Olahraga untuk Workout Saat di Rumah



Sejak terjadinya pandemi di awal tahun 2020, banyak orang mencari rekomendasi alat olahraga untuk di rumah. Olahraga di kondisi seperti ini bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan. Justru seharusnya lebih giat dilakukan untuk menjaga imunitas tubuh serta sekaligus sebagai upaya agar terhindar dari virus.

Bahkan World Health Organization (WHO) telah sering mengkampanyekan tagar #HealthyAtHome, agar masyarakat dunia bisa tetap beraktivitas fisik dan olahraga pada saat pendemi di rumah. WHO juga mengatakan bahwa olahraga bukan hanya membantu menyehatkan fisik, namun juga kesehatan mental seseorang.

Melakukan olahraga di rumah adalah pilihan sangat tepat pada kondisi seperti ini. Tanpa keluar rumah, Anda bisa melakukan banyak sekali pilihan olahraga yang menyehatkan dan menyenangkan. Contohnya adalah HIIT kardio, zumba, yoga, senam aerobik, dan lain sebagainya yang cocok untuk badan Anda.

Untuk mendukung olahraga Anda di rumah, terdapat beberapa rekomendasi alat olahraga yang sangat bermanfaat. Alat – alat ini juga memiliki harga cenderung terjangkau sehingga dapat dibeli oleh Anda. Selain itu juga mudah untuk didapatkan tanpa harus keluar rumah karena saat ini banyak toko peralatan fitness online.

Alas Matras Yoga

Matras yoga adalah rekomendasi alat olahraga pertama yang sangat bermanfaat untuk di rumah. Matras ini berfungsi sebagai alas atau bantalan tubuh saat berolahraga. Bila menggunakan alas ini, maka workout terasa nyaman, berbeda ketika langsung workout di lantai keras, badan Anda cenderung lebih mudah sakit.

Fungsi utama dari alas ini adalah untuk membuat gerakan traksi saat yoga maksimal. Pada olahraga yoga, tubuh harus diposisikan secara seimbang untuk melakukan gerakan akrobatik. Namun matras ini tidak hanya bisa digunakan pada saat yoga saja, namun juga olahraga lain seperti kardio.

Selain itu, matras ini juga berfungsi untuk menjaga keseimbangan kaki dan tangan. Bila matras terbuat dari bahan anti slip, tentu akan memudahkan penggunanya untuk mengatur posisi kekuatan kaki dan tangan. Contohnya pada pose akrobatik, badan akan jauh terasa lebih seimbang.

Saat ini banyak sekali jenis matras yang ada pada pasaran dengan berbagai bentuk serta ukuran. Hal yang harus Anda perhatikan saat membeli matras adalah ketebalan serta bahannya. Pilih ketebalan yang cukup tebal agar nyaman dipakai, namun tetaplah sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Tali Skipping untuk Lompat Tali

Rekomendasi alat olahraga selanjutnya adalah tali skipping untuk olahraga ‘lompat tali’. Olahraga ini biasanya dimainkan sejak kecil dan sangat menyenangkan. Namun ternyata juga menyimpan banyak manfaat untuk melatih tubuh, salah satunya adalah melatih otot kaki serta refleks tubuh untuk melompat melewati tali.

Tali skipping ini sangat murah bila dibandingkan dengan alat olahraga lain. Alat tersebut mudah sekali dicari serta banyak variannya, mulai dari model kayu, hingga yang modern dengan perhitungan otomatis. Bahkan bila tidak bisa membelinya, Anda bisa membuat sendiri menggunakan karet gelang yang dirangkai.

Bila Anda rutin melakukannya, banyak sekali manfaat yang dapat diperoleh. Beberapa di antaranya adalah membakar kalori, meningkatkan kepadatan tulang, meningkatkan kesehatan jantung dan paru – paru. Selain bermanfaat, skipping sangat menyenangkan sehingga tidak heran menjadi salah satu rekomendasi alat olahraga paling favorit.

Dumbbell dan Barbell

Dumbbell dan barbell adalah rekomendasi alat olahraga bagi Anda yang mau melatih otot di rumah. Banyak orang mengira bahwa dumbbell dan barbell adalah satu alat yang sama, namun ternyata berbeda. Walau memang keduanya memiliki fungsi yang sama yaitu melatih kekuatan otot tangan.

Perbedaan kedua alat ini terletak dari beban di tongkatnya. Dumbbell berbentuk tongkat yang memiliki beban pada kedua ujungnya. Sedangkan pada barbell, beban pada kedua ujung bisa diganti dan dipasang sesuai keinginan. Dumbbell biasanya lebih pendek dan aman digunakan pemula karena tidak begitu berat.

Di toko offline atau online, banyak tersedia dumbbell dengan beban berbeda – beda. Bila Anda adalah seorang pemula, maka berat 1, 2, dan 3 kilo sudah cukup untuk latihan. Namun bila sudah terbiasa maka bisa membeli yang lebih berat lagi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Resistance Band

Rekomendasi alat olahraga selanjutnya adalah resistance band, berbentuk seperti tali elastis namun menyimpan segudang manfaat. Alat yang berbahan dasar karet ini bermanfaat untuk menambah beban pada gerakan olahraga yang Anda lakukan di rumah. Bentuknya juga sangat simpel dan kecil sehingga mudah digunakan kapan saja.

Sayangnya tidak semua orang paham akan kegunaannya melimpah. Bahkan di gym tidak terlalu dilirik, padahal ada segudang manfaat bila digunakan. Banyak sekali variasi latihan yang dapat dilakukan di rumah menggunakan satu alat ini. Bahkan Anda dapat memilih mau menggunakannya untuk otot tubuh atas atau bawah.

Bahkan beberapa penelitian mengatakan bahwa menggunakan alat ini untuk workout jauh memberikan hasil dari pada menggunakan beban seperti dumbbell. Tentunya resistance band juga menjadi salah satu rekomendasi alat olahraga tepat untuk disimpan di rumah karena mudah digunakan, mudah dibersihkan, dan tidak memakan tempat.

Gulungan Foam Roller

Alat lainnya yang sangat bermanfaat untuk membantu olahraga Anda di rumah adalah foam roller. Alat ini memang tidak terlalu terkenal bila dibandingkan dengan tali skipping, matras yoga, dan sebagainya. Namun manfaatnya tidak kalah serta mudah untuk digunakan di rumah tanpa harus ada instruktur.

Foam roller berbentuk gulungan terbuat dari busa empuk, cukup lebar dan tebal. Foam roller berfungsi untuk membuat otot–otot tubuh lemas, dari awalnya kaku serta kencang setelah beraktivitas atau seharian bekerja di depan laptop. Setelah olahraga berat, alat ini bisa digunakan saat pendinginan.

Alat ini dapat digunakan setiap hari ketika otot terasa kaku. Bila digunakan secara rutin maka manfaat yang diperoleh adalah meningkatkan mobilitas kelenturan tubuh, mencegah cedera, menyembuhkan nyeri dengan cepat, dan meningkatkan aliran darah. Ada berbagai macam foam roller yang berbeda kegunaannya sehingga dapat Anda sesuaikan.

Gym Ball atau Bola Fitness

Rekomendasi selanjutnya adalah gym ball atau bola fitness. Alat ini sudah familiar karena memiliki ukuran cukup besar sehingga keberadaannya mencolok dan pasti ada di tempat fitness umum. Bagi ibu hamil pasti alat ini lebih familiar karena banyak sekali senam ibu hamil menggunakannya sebagai media olahraga.

Alat ini berfungsi untuk menjaga kelenturan tubuh, memperlancar sistem aliran darah, dan membantu menguatkan otot, seperti otot perut. Dengan duduk di gym ball dan menggerakan pinggul saja kalori sudah dapat terbakar, terlebih bila menggunakannya saat workout secara rutin di rumah.

Anda juga dapat melakukan banyak sekali gerakan lain dengan alat ini. Contohnya adalah memegang gym ball dengan kedua tangan di depan dada lalu mengangkat hingga ke atas kepala, lalu menurunkannya lagi. Ulangi gerakan tersebut beberapa kali untuk memperkuat otot tangan dan melatih pernapasan.

Berbagai macam alat workout tersebut sangat bermanfaat untuk membantu kegiatan workout Anda di rumah. Harganya juga relatif murah dan bisa diperoleh di toko baik offline atau online. Tanpa harus keluar rumah atau ke gym, Anda dapat workout dengan baik menggunakan rekomendasi alat olahraga tersebut.

TopBack to Top